Menyetrika merupakan kebiasaan yang harus dilakukan karena jika tidak, maka pakaian yang kita kenakan tidak akan rapi. Berbicara mengenai setrika, perkembangan setrika sudah berkembang cukup jauh.

ads

Hal ini terbukti dengan lahirnya berbagai merk dan jenis setrika. Salah satunya adalah setrika uap yang menjadi salah satu jenis setrika yang banyak diminati. Setrika uap merupakan jenis setrika yang menggunakan uap sebagai pemanasnya.

Banyak orang yang sudah menggunakan setrika uap karena memang memiliki beberapa kelebihan dibandingkan setrika listrik. Meskipun begitu, jika Anda tidak mempelajari cara menyertika yang benar ketika menggunakan setrika uap, maka hasil setrikanya pun tidak akan maksimal.

Selain itu, katanya setrika uap yang kita gunakan bisa berdampak buruk untuk kesehatan. Lalu apa saja bahaya setrika uap tersebut bagi kesehatan kita? Simak berikut ini penjelasan yang akan kami jelaskan kepada Anda.

1. Rawan meledak

Meskipun untuk kasus meledaknya setrika uap masih jarang terjadi, namun bukan berarti tidak ada korbannya. Perlu diperhatikan bahwa sebelum Anda membeli setrika uap, Anda harus paham terlebih dahulu bagaimana cara menggunakannya dengan baik.

Sudah ada banyak penjelasan di internet, khususnya di buku manual tentang apa saja yang harus Anda lakukan dan diperhatikan ketika hendak menggunakan maupun selesai menggunakannya.

Jika penggunaan setrika uap tidak dilakukan berdasarkan aturan yang ada, bisa menyebabkan setrika tersebut malah meledak yang tentunya akan merugikan bukan hanya diri Anda sendiri maupun juga orang lain.

2. Menyebabkan nafas terganggu

Bahaya yang kedua dari penggunaan setrika uap adalah bisa mengakibatkan pernapasan kita terganggu. Perlu Anda tahu bahwa karena setrika ini berjenis uap, maka tentu akan mengeluarkan asap ketika digunakna. Asap inilah yang nanti dikhwatirkan malah terhirup dan kemudian masuk ke dalam saluran pernapasan.

Jika kondisi seperti ini dibiarkan maka dikhawtirkan nanti pernapasan Anda akan mengalami masalah. Beberapa masalah tersebut seperti batuk maupun mungkin sesak nafas. Memang kondisi ini masih jarang terjadi dan memang jika Anda lebih berhati-hati maka Anda bisa terhindar dari masalah ini.

Meskipun begitu, tetap saja Anda harus tetap waspada dan ketika menyetrika menggunakan setrika ini, usahakan asap dari uap setrika tersebut tidak sampai terhirup. Anda bisa menggunakan masker sebagai cara perlindungan diri agar tidak sampai membahayakan kesehatan Anda.

3. Terkena air panas

Bahaya setrika uap bagi kesehatan yang ketiga adalah setrika ini dikhawatirkan air panasnya nanti malah terkena kulit Anda. Seperti yang sudah kami jelaskan bahwa setrika uap memang merupakan salah satu jenis setrika yang banyak digunakan.

Namun sebelum Anda menggunakannya, pelajari terlebih dahulu tentang bagaimana cara menggunakannya yang baik yang sesuai ketentuan. Pada saat Anda mengisi airnya pun juga harus dilakukan dengan hati-hati agar supaya tidak sampai terkena kulit Anda.

Jika terkena kulit, tidak menutup kemungkinan bisa meninggalkan bekas di kulit Anda seperti kemerahan atau bahkan sampai menyebabkan timbulnya luka bakar ringan. Oleh sebab itu, berhati-hatilah pada saat Anda akan, ketika, dan selesai menyetrika menggunakan setrika uap.

Sponsors Link

Posted by · Tags: bahasa setrika uap, bahaya kesehatan, setrika uap bahaya