Ketika kita membeli setrika baru, tentu berharap bahwa setrika tersebut akan sempurna membantu melicinkan pakaian-pakaian yang telah selesai dicuci. Namun adakalanya setrika yang didapat tidak sesuai dengan ekspektasi kita karena berbagai sebab seperti misalnya:

ads
  • Kerusakan pada proses produksi sehingga membuat produk tidak berfungsi dengan baik. Hal ini bisa saja disebabkan karena ada bagian-bagian yang tidak menempel sempurna, sehingga ketika diperiksa bagian quality control di pabrik tidak ditemukan kerusakan, tapi ketika sampai ke tangan konsumen setrikanya malah rusak. (Baca juga: Penyebab Kerusakan Setrika)
  • Adakalanya produk rusak ketika dalam pengiriman. Banyak kasus karena orang-orang distribusi tidak hati-hati sehingga membuat suatu produk rusak. (Baca juga: Cara Memperbaiki Setrika Philips Tidak Panas)
  • Konsumen tidak teliti dan hati-hati ketika menggunakan setrika baru, sehingga membuat setrika tersebut rusak. (Baca juga: Cara Menyetrika Celana Plisket)

Ketiga hal tersebut diatas mungkin saja terjadi pada anda, oleh karena itu anda harus berhati-hati ketika membeli barang baru. Usahakan selalu cek didepan penjual apakah barang tersebut berfungsi sebagaimana mestinya atau tidak. Pastikan pula barang yang anda beli adalah merk dagang resmi yang bergaransi sehingga produk anda terjamin.

Baca juga:

Berbicara tentang setrika baru, ini juga merupakan salah satu produk yang harus anda periksa sebelum menggunakannya untuk menghindari kerusakan. Wajib anda ketahui bahwa ada beberapa setrika yang lengket ketika digunakan walaupun masih baru, itu mungkin saja disebabkan karena lapisan anti lengket yang tidak sempurna. Oleh karena itu ketika setrika anda akan dipakai pertama kalinya, ada beberapa cara agar setrika baru tidak lengket, berikut uraiannya:

  1. Pastikan semua kemasan plastik yang menempel pada setrika baru sudah terlepas. Bisa saja ada kemasan plastik yang menempel pada setrika karena terjepit ketika proses produksi. Kemasan plastik ini bisa menyebabkan lengket karena memuai dan menempel lekat ketika setrika dipanaskan.
  2. Siapkan lap handuk yang telah dicelup kedalam air hangat, peras sampai terasa lembab dan bersihkan setrika baru anda dengan hati-hati. Yang harus diperhatikan adalah bagian alas setrikanya, karena bagian ini yang akan bertemu langsung dengan pakaian anda.
  3. Setelah dirasa cukup bersih, saatnya panaskan setrika mulai dari panas yang paling minimum.
  4. Sediakan bebapa helai daun pisang untuk proses pembersihan selanjutnya.
    Sponsors Link

  5. Setrikalah bebapa daun pisang, sambil suhu setrika terus dinaikkan. Bebapa zat yang terkandung didalam daun pisan akan membuat setrika anda menjadi licin karena akan membersihkan sisa-sisa kotoran yang menempel pada alas setrika ketika proses produksi, pengiriman dan pemajangan ditoko.
  6. Nah sekarang setrika baru anda siap digunakan dan tidak akan angkat lengket.

Untuk pemeliharaan kualitas setrika anda, dari langkah-langkah diatas maka langkah no 2 dan no 5 harus anda ulangi secara rutin agar fungsi setrika bisa maksimal. Mengapa alas setrika wajib dibersihkan?  karena selama anda melakukan proses penyetrikaan akan ada beberapa kotoran yang menempel pada alas setrika tersebut, misalnya dari sablon-sablon kaos yang memuai ketika disetrika atau debu-debu yang menempel ketika disimpan diruangan. Jika anda merasa malas melakukannya sebulan sekali, setidaknya anda harus melakukannya 3 bulan sekali untuk menghindari kotoran lebih lengket dan susah dibersihkannya. Happy Ironing!

Baca juga:

Sponsors Link

Posted by · Tags: setrika, setrika lengket, tidak lengket