Cara kerja setrika listrik dengan pengatur suhu perlu untuk diketahui walaupun kebanyakan orang yang menggunakan setrika listrik setiap hari tidak terlalu perduli sampai pada akhirnya pengatur suhu tidak berfungsi baru kemudian mereka bertanya-tanya mengapa hal tersebut bisa terjadi. Sebenarnya prinsip kerja setrika listrik dengan pengatur suhu atau yang juga dikenal dengan sebutan setrika listrik otomatis sangatlah sederhana dengan menggunakan teknologi bimetal yang juga sering digunakan sehari-hari pada sakeral listrik dan alat pemberitahu kebakaran.

ads

baca juga:

Apa itu teknologi bimetal dan bagaimana prinsip kerja dasar setrika listrik?

Bimetal adalah lapisan dua metal tidak sejenis yang mempunyai koefisien muai termalnya berbeda, dan kedua lapisan ini direkatkan menjadi satu (dikutip dari KBBI Online). (baca juga: jenis setrika listrik maspion, setrika nasional)

Adapun komponen dasar setrika listrik terdiri dari:

  • Elemen pemanas
  • Sole palate
  • Besi pemberat
  • Tutup
  • Gagang
  • Terminal
  • Kabel penghubung
  • Termostat (yang terdapat hanya di setrika listrik otomatis)

(Baca Juga: setrika niko, jenis setrika miyako, setrika cosmos)

ads

Saat kabel penghubung dihubungkan ke sumber listrik maka arus listrik akan mengalir dan memanaskan elemen pemanas. Kemudian panas dari elemen pemanas akan disalurkan ke dasar setrika. Dengan panas yang ada serta besi pemberat maka setrika mampu untuk melicinkan pakaian dengan menyalurkan energi panas dari elemen pemanas ke pakaian yang akan disetrika sehingga pakaian menjadi rapi dan licin karena serat-serat pakaian diluruskan dengan penggunakan panas dari setrikaan.

Artikel Terakit:

Itu adalah prinsi kerja setrika listrik secara umum dan untuk mengetahui lebih jauh tentang cara kerja pengatur suhu otomatis pada setrika dengan menggunakan teknologi bimetal adalah sebagai berikut:

  • Perhatikan setrika otomatis Anda maka akan terdapat alat pengatur suhu otomatis yang biasanya terletak tepat di bawah gagang setrikaan sehingga mudah untuk melakukan pengaturan suhu dan fungsinya sama seperti sakelar listrik yaitu memutuskan arus secara otomatis tanpa perlu mencabut unit setrika dari sumber listrik utama. (Baca Juga: Jenis Setrika Uap Panasonic , Macam-macam Setrika Boiler)
  • Sakelar tersebut dapat diatur suhunya sesuai dengan kebutuhan Anda. Pengaturan itu menggunakan teknologi bimetal dimana terdapat lempeng bimetal di dalam komponen setrikaan yang akan melengkung menjauhi kontak jika terlalu panas dan kembali lurus ketika suhu mendingin sehingga otomatis menyentuh kontak dan panas akan naik. (Baca Juga: Mesin Setrika Otomatis)
  • Jika Anda memerlukan setrika memiliki suhu yang tinggi aturlah dengan menggunakan saklar tersebut pada posisi ON yang biasanya ditandai dengan lampu setrika menyala, kemudian suhu akan otomatis naik.
  • Namun ketika suhu sudah terlalu tinggi maka secara otomatis bimetal akan melengkung dan menjauhi kontak sehingga arus listrik terputus, yang biasanya ditandai dengan lampu setrika mati maka berangsur-angsur suhu setrika kembali turun.
  • Begitu juga sebaliknya jika suhu setrika sudah terlalu rendah dan posisi bimetal kembali pada posisi lurus, secara otomatis lempeng bimetal akan kembali menyentuh kontak dan suhu setrikapun kembali naik. (Baca Juga: Cara Kerja Setrika Arang)

Jika dibandingkan dengan setrika jaman dulu yang diproduksi tanpa pengatur suhu, dimana suhu setrika cenderung panas dan akan terus panas karena tidak adanya pengontrol sampai akhirnya setrika mudah rusak karena elemen panasnya tidak mampu untuk menahan suhu panas yang tidak terkontrol. Sementara setrika produksi terbaru dengan pengatur suhu mampu mengatur suhu setrika ketika sudah cukup panas sehingga pemakaian setrika pun bisa jauh lebih awet. Saat ini semua jenis setrika sudah dilengkapi dengan pengatur otomatis dan bahkan teknologi terbaru setrika sudah dilengkapi dengan teknologi setrika uap sehingga menghasilkan hasil setrikaan yang lebih licin dan proses penyetrikaanpun bisa lebih cepat. (baca juga: setrika untuk laundry, Cara merawat setrika, cara kerja setrika)

Sponsors Link

Posted by · Tags: besi pemberat, bimetal, elemen panas, pengatur suhu setrika, setrika, setrika listrik, setrika otomatis