Cara kerja setrika termodinamika merupakan jenis setrikaan yang memanfaatkan teknologi bimetal dimana setrikaan menggunakan alat yang disebut termostat yang berfungsi untuk mengatur suhu setrikaan dimana jika setrika terlalu panas maka secara otomatis suhu setrika akan diturunkan begitu juga jika suhu setrika sudah terlalu dingin maka suhu akan dinaikkan secara otomatis. Prinsip ini lumrah ditemukan pada jenis setrika listrik otomatis yang banyak Anda temukan saat ini.

ads

Artikel Terkait:

Memahami Prinsip Termodinamika

Tentu Anda juga bertanya-tanya apa itu termodinamika dan bagaimana aplikasi teknologi bimetal dalam sistem ini atau cara kerja setrika ketika menggunakan teknologi ini? Termodinamika berasal dari dua suku kata yang berasal dari bahasa Yunani yaitu thermos  dan dynamic. Thermos memiliki arti literal ‘panas’ sementara dynamic memiliki arti literal ‘perubahan’. Dengan kata lain termodinamika adalah sebuah proses dimana terjadi perubahan wujud atau adanya pertukaran energi dan setrika listrik otomatis adalah salah satu jenis alat elektronik yang menerapkan prinsip ini. Dengan memanfaatkan teknologi bimetal yang akan menditeksi secara otomatis perubahan suhu tertentu yang dalam hal ini adalah ketika suhu terlalu tinggi atau suhu terlalu rendah. Jika Anda sudah paham tentang cara kerja setrika listrik dengan pengatur suhu maka tidak sulit memahami cara kerja setrika termodinamika hanya istilahnya saja yang berbeda.

Keuntungan Prinsip Termodinamika pada Setrika

Sebuah teknologi tidak akan dikembangkan jika tidak memiliki keuntungan yang signifikan pada penggunannya dan prinsip termodinamika juga memiliki keuntungan tersendiri pada setrika seperti dibawah ini:

  • Dengan penggunaannya prinsip termodinamika maka Anda tidak perlu khawatir setrika Anda akan terlalu panas. Setrika yang tidak memiliki fitur termostat suhunya akan terus naik dan kalau tidak segera ditanggulangi dengan memutuskan arus listrik secara langsung maka suhunya akan terus naik dan dapat merusak unit setrikaan. Untungnya saat ini semua jenis setrika listrik yang Anda temui dipasaran sudah dilengkapi dengan pengatur suhu otomatis ini sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi.
  • Setrikaan yang terlalu panas juga dapat membuat komponen-komponen setrikaan yang mudah terbakar meleleh seperti kabel dan body setrikaan yang biasanya terbuat dari campuran bahan plastik. Oleh karena itu prinsip termodinamika ini akan mencegah hal tersebut terjadi sehingga Anda dapat menyetrika dengan lebih aman. (baca juga: Cara Mengganti Kabel Setrika)
  • Dengan adanya pengaturan suhu otomatis Anda dapat menyetrika dengan mudah karena dapat menyesuaikan panas setrikaan dengan bahan pakaian yang akan Anda setrika mengingat tak semua bahan pakaian boleh disetrika dengan suhu tinggi, beberapa diantaranya hanya memerlukan suhu rendah agar licin. (baca juga: Cara Menyetrika yang Benar)
  • Tahukan Anda bahwa semakin tinggi suhu setrikaan maka semakin besar juga watt listrik yang diperlukan oleh karena itu sistem termodinamika juga dapat membantu Anda menghemat listrik ketika menyetrika karena tak selamanya setrika memerlukan suhu tinggi. (baca juga: Setrika Uap Murah Watt Kecil)
  • Dengan teknologi termodinamika Anda dapat menyetrika dengan nyaman dan mudah karena tidak perlu khawatir baju Anda rusak karena setrika terlalu panas atau baju Anda susah licin ketika suhu setrikaan terlalu dingin. (baca juga: Cara Menyetrika Baju yang Susah Licin)
Sponsors Link

Artikel Terkait:

Tidak ada salahnya mempelajari prinsip-prinsip dasar seperti termodinamika. Kebanyakan orang berfikir tak ada gunanya mempelajari hal-hal seperti ini tapi saat pengatur suhu setrika rusak setidaknya Anda tahu apa yang harus dilakukan apakah terjadi masalah dengan lempeng bimetalnya yang biasanya disebabkan oleh debu yang menempel atau karena yang lainnya. Dengan mengetahui prinsip dasarnya Anda dapat menghemat banyak biaya karena tidak perlu pergi ke tempat reparasi setrika karena Anda dapat mengatasi masalahnya sendiri.

Sponsors Link

Posted by · Tags: pengatur suhu, setrika berpengatur suhu, setrika listrik, setrika otomatis, termodinamika, termostat