Cara membersihkan setrika dengan lilin merupakan salah satu alternatif solusi jika setrika milik Anda lengket dan berkerak. Setrika yang lengket tentunya akan membuat proses menyetrika menjadi terganggu, selain memerlukan waktu yang lebih lama dengan hasil yang belum tentu maksimal, setrika yang lengket juga dapat merusak pakaian yang disetrika. Setrika yang lengket jika terus dibiarkan lama-lama akan berkerak, ketika sudah berkerak hanya tinggal tunggu waktu saja setrika akan mulai berkarat dan tak bisa digunakan lagi. (baca juga: Cara Menyetrika Agar Cepat Selesai, Cara Menyetrika Agar Licin)

ads

Artikel Terkait:

Pentingnya Fungsi Setrika dalam Rumah Tangga

Kebanyakan orang tidak menyadari bahwa fungsi setrika ternyata sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini dikarenakan walaupun fungsinya penting tapi setrika bukan termasuk barang mewah dan sangat mudah ditemukan serta harganya yang relatif terjangkau. Jadi kebanyakan orang tidak tahu bagaimana atau bahkan tidak perduli tentang bagaimana cara merawat setrika agar awet sampai akhirnya suatu hari setrika rusak barulah mereka sadar bahwa hal-hal seperti dibawah ini tidak akan mereka miliki tanpa setrika:

  1. Pergi ke kantor dengan pakaian rapi dan terlihat sangat professional. (baca juga: Cara Menyetrika Celana Kerja, Cara Menyetrika Kemeja)
  2. Pakaian yang disetrika ternyata sangat mempengaruhi penampilan karena pakaian kusut akan membuat si pemakainya hanya akan terlihat lusuh.
  3. Menyetrika pakaian juga membantu membunuh kuman-kuman atau bakteri-bakteri yang suka menempel di kain sehingga membantu menjaga kesehatan keluarga.
  4. Rumah terlihat rapi karena taplak meja tidak kusut, seprai juga terlihat rapi di tempat tidur, gorden juga terlihat seperti baru karena rapi disetrika. (baca juga: Cara Menyetrika Seprai, Cara Menyetrika Seprai Rumbai, Cara Menyetrika Gorden)

Dengan kata lain, tanpa setrikaan, pakaian ke kantor akan terlihat lusuh karena kusut, penampilanpun menjadi tidak maksimal. Setelan kantor semahal apapun tak akan terlihat professional jika kusut dan lusuh. Kesehatan keluarga tidak terjaga karena kuman dan bakteri akan dengan mudah menempel di baju dan mempengaruhi kesehatan keluarga terutama pada anak-anak yang sistem imun mereka masih belum sempurna. Rumahpun tak terlihat rapi karena dari taplak meja sampai gorden terlihat kusut dan lusuh.

Sponsors Link

Cara Membersihkan Setrika dengan Lilin dan Perawatannya

Jadi sangat penting untuk merawat setrikaan dengan baik dan hindari hal-hal yang dapat menyebabkan kerusakan pada setrika dan pahami jenis-jenis kerusakan yang sering terjadi pada setrika, dan jika setrika mulai lengket segera bersihkan setrika, ini adalah salah satu cara membersihkan setrika lengket dan berkerak. Lilin sangat mudah ditemukan dan harganyapun relatif murah, ternyata lilin terbukti ampuh untuk menghilangkan noda lengket dan kerak pada setrikaan, berikut adalah caranya:

  1. Siapkan sebatang lilin, tidak perlu banyak secukupnya saja. Lilin bekas yang sudah setengah terpakai juga tidak masalah.
  2. Kemudian siapkan selembar kain yang sudah tidak terpakai lagi.
  3. Setelah itu colokkan setrikaan pada listrik dan panaskan setrika sampai mencapai suhu yang cukup tinggi. Lebih panas lebih baik.
  4. Ketika setrika masih pada suhu yang panas, oleskan atau gosok-gosok lilin pada permukaan yang lengket dan berkerak.
  5. Lalu gosokkan setrikaan tersebut pada selembar kain yang tadi sudah disiapkan. Lakukan berulang-ulang sampai noda lengket pada lapisan anti lengket setrikaan hilang dan bersih.

Artikel Terkait:

Penting untuk diingat, ketika setrika lengket atau berkerak jangan digosok menggunakan benda-benda yang dapat membuat lapisan anti lengket setrika rusak karena walaupun kemudian noda-noda lengket dan kerak dapat hilang seketika, masalah baru akan muncul yaitu setrika tidak lagi terlindungi oleh lapisan anti lengket sehingga noda-noda akan lebih sering menempel dan akibatnya setrika akan menjadi lebih sering lengket dan lama kelamaan setrikaan justru menjadi cepat rusak. (baca juga: Kabel Setrika Terbakar)

Sponsors Link

Posted by · Tags: lilin, membersihkan setrika, setrika berkerak, setrika lengket, setrika rusak