Cara membersihkan setrika dengan baking soda bukanlah sesuatu yang baru lagi karena memang baking soda terbukti sebagai salah satu bahan dapur yang memiliki banyak sekali kegunaan untuk membersihkan kerak termasuk kerak yang sering menempel pada setrikaan. Para ibu rumah tangga pasti sudah tahu betul khasiat baking soda dalam membersihkan dapur mereka agar selalu bersih sempurna dan bebas kerak.

ads

Artikel Terkait:

Lapisan Anti Lengket Rusak Penyebab Utama Setrika Berkerak

Penggunaan setrika yang salah dapat menyebabkan kerak menempel pada setrikaan karena jika Anda perhatian setiap jenis setrika listrik pasti dilengkapi dengan lapisan teflon atau lapisan anti lengket. Hal ini berfungsi memudahkan proses menyetrika. Namun lapisan ini jika sudah rusak dapat menyebabkan setrika menjadi lengket dan jika tidak sering-sering dibersihkan maka kerak akan muncul adapun penyebab utamanya adalah sebagai berikut:

  • Seperti halnya pada alat-alat masak ketika lapisan anti lengket ini bergesekan dengan benda-benda tajam dapat merusak lapisan teflonnya. Begitu juga dengan lapisan teflon pada setrika, oleh karena itu hati-hatilah ketika menyetrika bagian kancing, bagian zipper atau aksesoris-aksesoris pakaian yang biasanya menggunakan manik-manik yang tajam karena gesekannya dapat menyebabkan lapisan setrika mengelupas.
  • Setrika hangus juga dapat merusak lapisan teflon anti lengket pada setrika. Setrika hangus disebabkan ketika biasanya pengguna lalai dan setrika dibiarkan terlalu lama menempel pada bahan pakaian sehingga menyebabkan kain pakaian terbakar karena menerima panas terlalu tinggi dari setrikaan. Kondisi ini tak hanya dapat merusak pakaian tapi juga menyebabkan setrika hangus dan ketika dibersihkan biasanya lapisan teflon pada setrika juga ikut terangkat dengan bagian yang hangus tersebut.
  • Hal ketiga erat kaitannya dengan cara Anda menyimpan setrikaan. Sebaiknya ketika membeli setrika kotak setrikanya tidak dibuang tapi digunakan kembali ketika Anda sudah selesai menyetrika untuk menyimpan setrikaan. Karena jika tidak hati-hati, cara Anda menyimpan juga dapat mengesek lapisan teflon setrikaan sehingga terkelupas.

Artikel Terkait:

Sponsors Link

Cara Membersihkan Setrika dengan Baking Soda

Untuk membersihkan setrika dengan baking soda hanya terdiri dari lima langkah mudah yang bisa Anda ikuti.

Bahan yang harus dipersiapkan:

  • 1 sendok makan baking soda
  • 2 sendok makan air
  • 3 sendok makan cuka masak
  • 1 buah cotton bud (bisa lebih sesuai kebutuhan)
  • 1 sikat gigi bekas tapi masih cukup bagus
  • 1 lembar handuk bersih
  • 2 lembar kain bersih
  • Air untuk membersihkan setrika

Cara Membersihkan:

  • Langkah pertama adalah membuat pasta dari 1 sendok baking soda dan 2 sendok makan air. Lalu oleskan pasta tersebut ke permukaan setrika, bisa menggunakan cotton bud untuk menjangkau area yang sulit karena biasanya ada setrika yang memiliki rongga seperti pada jenis setrika uap. (baca juga: Macam-macam Setrika Boiler)
  • Setelah itu tuang cuka pada mangkuk kecil dan celupkan sikat gigi. Gosok-gosok bagian yang tadi sudah diberi baking soda dengan sikat gigi secara perlahan.
  • Gunakan 1 lembar kain bersih yang dicelupkan ke air untuk membersihkan setrikaan dari baking soda dan cuka.
  • Panaskan setrika listrik otomatis Anda dengan suhu yang agak tinggi, kemudian setrikalah bagian permukaan handuk bolak-balik agar kerak pada setrika bersih maksimal.
  • Setelah itu dinginkan setrikaa. Menggunakan kain kedua yang juga dicelupkan ke dalam air untuk membersihkan setrika secara menyeluruh.
Sponsors Link

Artikel Terkait:

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa baking soda tak hanya berfungsi sebagai pengembang kue dan pelembut makanan tapi juga berfungsi sebagai salah satu bahan yang dapat membantu para ibu rumah tangga menjaga kebersihan dapur mereka dari kerak yang biasanya menempel pada kompor atau pada kitchen sink yang disebabkan oleh lapisan minyak yang tidak dibersihkan dengan baik. Oleh karena itu, jika setrika Anda berkerak, baking soda juga sama ampuhnya.

Sponsors Link

Posted by · Tags: baking soda, membersihkan setrika, setrika rusak