Cara membersihkan setrika dengan garam tidaklah sulit dilakukan hanya saja kebanyakan orang tidak tahu bagaimana caranya dan bahkan mereka juga tidak tahu bahwa garam ternyata sangat efektif untuk memebersihkan setrikaan dari kerak yang menganggu. Setrika merupakan salah satu alat elektronik yang cukup penting dalam sebuah rumah tangga namun mayoritas pengguna tidak tahu bagaimana cara merawat setrika agar awet atau bagaimana cara membersihkan lengket dan berkerak.

ads

Ketika setrika mereka sudah mulai berkerak yang mereka lakukan adalah mulai mencari pengganti yang baru di pasaran karena memang saat ini harga setrikaan relatif terjangkau. Tapi itu bukanlan solusi yang terbaik karena ternyata terdapat cara membersihkan setrika yang lengket dengan bahan sederhana dan salah satunya adalah dengan menggunakan garam dapur. Hanya dengan menggunakan garam dapur sederhana Anda sudah bisa mengembalikan fungsi setrika seperti sedia kala.

Artikel Terkait:

Akibat Setrika yang Jarang Dibersihkan

Akibat utama ketika setrika tidak pernah atau jarang dibersihkan adalah lapisan anti lengket yang terletak di permukaan setrika akan lengket dan berkerak dan tentunya akan mengganggu proses menyetrika Anda seperti hal-hal berikut ini:

  • Setrika yang lengket membuat Anda membutuhkan waktu yang relatif lebih lama ketika menyetrika.
  • Setrika yang berkerak dapat merusak pakaian yang Anda setrika karena kerak-kerak itu dapat meninggalkan noda pada pakaian Anda.
  • Jika tidak segera dibersihkan, setrika Anda akan rusak dan Anda harus menyiapkan budget baru untuk membeli setrika yang baru.

Artikel Terkait:

Sponsors Link

Penyebab Setrika Lengket dan Berkerak dan Harus Sering Dibersihkan

Tentunya Anda bertanya-tanya jika setrika memiliki lapisan anti lengket tapi mengapa tetap saja bisa lengket. Well, jika Anda tahu cara menyetrika yang benar tentunya hal ini tidak akan terjadi tapi beberapa hal berikut bisa menyebabkan lapisan anti lengket pada setrika mengelupas dan lama-lama kelamaan akan menimbulkan kerak.

  • Ketika Anda menyetrika celana jeans yang banyak kancing berbentuk pakunya, jika tidak hati-hati besi-besi itu dapat menggesek permukaan setrika dan merusak lapisan anti lengketnya.
  • Jika Anda tidak menggunakan suhu yang tepat pada bahan pakaian, hal ini dapat menyebabkan serat-serat pakaian menempel pada permukaan setrikaan yang suhunya terlalu tinggi.
  • Cara Anda menyimpan setrika yang kurang hati-hati juga menyebabkan permukaan setrika bergesekan dengan barang-barang keras sehingga dapat merusak lapisan anti lengketnya.

Cara Membersihkan Setrika dengan Menggunakan Garam

Jika hal-hal seperti di atas terjadi jangan buang-buang waktu Anda tapi segeralah ambil garam dapur di rumah dan mulai lakukan langkah-langkah ini.

  1. Langkah pertama adalah siapkan setrika yang akan dibersihkan, selembar koran dan selembar kain yang sudah tak dipakai lagi.
  2. Berikutnya adalah hubungkan unit setrika dan panaskan seperti ketika Anda hendak mulai menyetrika.
  3. Sambil menunggu setrika panas, siapkan selembar kertas koran dan taburi atasnya dengan garam.
  4. Setelah setrika cukup panas, gosokkan permukaan setrikaan ke permukaan koran yang sudah dibubuhi garam. Gosok seperti ketika Anda menyetrika. 
    Sponsors Link

  5. Jika sudah dirasa merata, hentikan dan matikan setrikaan. Tunggu sampai dingin.
  6. Ambil selembar kain yang sudah Anda siapkan tadi dan basahi dengan air sehingga kondisinya agak lembab.
  7. Setelah setrika dingin, bersihkan permukaan setrika dengan selembar kain lembab tadi, biasanya kotoran akan menempel pada garam dan setrika Anda kembali bersih terbebas dari kerak dan tidak lengket.

Artikel Terkait:

Perlu juga Anda catat bahwa ketika setrika mulai lengket itu artinya lapisan teflon atau lapisan anti lengket pada setrika tidak lagi sempurna sehingga proses membersihkan setrika harus dilakukan secara rutin mulai dari sekarang.

Sponsors Link

Posted by · Tags: garam, membersihkan setrika, setrika rusak