Cara membersihkan setrika dengan odol adalah salah satu cara paling mudah untuk membersihkan permukaan lempeng setrikaan yang lengket dan berkerak. Kebanyakan orang tidak percaya bahwa odol atau pasta gigi ternyata cukup efektif untuk membersihkan setrika yang lengket dan berkerak, karena biasanya ketika setrika sudah lengket dan berkerak orang lebih suka atau lebih gampang menyerah dan membeli setrika yang baru dari pada berusaha membesihkan kerak-kerak yang lengket itu, karena memang dari segi harga, satu unit setrikaan ditawarkan dengan harga yang relatif terjangkau.

ads

Penyebab Setrika Lengket dan Berkerak

Mencegah memang lebih baik daripada memperbaiki. Ketika setrika lengket dan berkerak maka hal ini erat kaitannya dengan bagaimana cara si pengguna menggunakan setrikaan. Penting bagi setiap orang untuk memahami bagaimana cara merawat setrika agar awet tapi lebih penting lagi mempelajari bagaimana cara menyetrika yang baik dan benar karena bukan hanya hasil setrikaan yang sempurna tapi setrikaan juga terjaga kondisinya. Adapun kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan berikut ini dapat membuat setrika lengket dan berkerak:

  1. Menyetrika dengan suhu telalu panas adalah penyebab utama setrika lengket. Oleh karena itu penting untuk memperhatikan label setiap jenis pakaian untuk mengetahui suhu yang tepat. Saat ini sudah ada setrika listrik otomatis yaitu jenis setrika listrik yang dilengkapi dengan pengatur suhu. Sayangnya, tidak banyak orang paham bagaimana cara memanfaatkan teknologi ini. (baca juga: Cara Kerja Setrika dengan Pengatur Suhu, Pengatur Suhu Setrika Rusak)
  2. Lalai ketika meletakkan setrikaan bersuhu tinggi yang sedang tidak digunakan bisa menyebabkan setrika lengket. Biasanya, ada tempat khusus yang digunakan untuk meletakkan setrikaan disela-sela proses menyetrika. Kebanyakan orang lupa dan lalai dan meletakkan begitu saja di atas pakaian yang sedang disetrika, setrika yang sedang bersuhu panas akan membakar kain pakaian.
  3. Setiap unit setrikaan saat ini dilengkapi dengan lapisan anti lengket namun jika digunakan diatas kancing atau besi-besi yang biasa terdapat di celana jeans juga dapat membuat permukaan anti lengket tersebut tergores, akhirnya setrika menjadi lengket dan lama kelamaan setrikaanpun berkerak.

Memang terdapat beberapa cara untuk membersihan setrikaan yang lengket dan berkerak namun jika kamu bisa menghindari ketiga hal di atas maka kamu tidak perlu repot-repot memikirkan bagaimana cara membersihkannya.

Artikel Terkait:

Cara Membersihkan Setrika dengan Odol

Namun jika setrikaan sudah terlanjur lengket dan berkerak maka odol adalah salah satu cara ampuh untuk membersihkannya. Tidak perlu bingung odol jenis apa, apapun merek pasta gigi yang Anda punya di kamar mandi bisa digunakan untuk membersihkan setrika. Caranyapun relatif cukup mudah:

  1. Pertama pastikan terlebih dahulu bahwa setrika tidak tersambung dengan arus listrik dan dalam keadaan dingin.
  2. Kemudian oleskan odol atau pasta gigi ke bagian yang lengket atau berkerak lalu biarkan selama beberapa menit agar zat-zat pada odol berkerja sehingga nantinya lebih mudah untuk dibersihkan.
  3. Setelah itu gosok-gosok secara perlahan dengan sikat gigi bekas. Ingat harus perlahan-lahan atau goresan baru akan muncul.
  4. Gunakan lap basah untuk membersihkan sisa-sisa odol setelah disikat tadi.
  5. Ulangi lagi sampai permukaan setrikaan benar-benar besih karena jika masih ada yang lengket pada permukaan setrikaan maka kerak akan kembali muncul.

Artikel Terkait:

Lima langkah mudah untuk membersihkan setrika dengan odol di atas bisa dilakukan oleh siapa saja. Selain itu odol sangat lumrah dan mudah ditemukan jadi kapapun Anda menemukan masalah seperti setrika lengket atau setrika berkerak, Anda dapat dengan mudah mengatasinya.

Sponsors Link

Posted by · Tags: lempeng setrika, setrika berkerak, setrika lengket, setrika rusak