Menyetrika adalah salah satu pekerjaan rumah tangga yang dilakukan secara rutin. Sehingga dipaksakan atau tidak, keberadaan atau keinginan para ibu rumah tangga melakukan upgrade setrika selalu ada. Apalagi sekarang ini tekhnologi seputar setrika terus berkembang menyelesaikan masalah-masalah setrika klasik. (Baca Juga: Cara Menyetrika Baju Yang Susah Licin ,  setrika uap oxone)

ads

Perkembangan setrika sejak awal ditemukan sampai hari ini terus diinovasi oleh pabrik elektronik yang sudah mengambil fokus pada dunia perapian baju. Jika dulu orang harus menggunakan daun pisang untuk menahan panas serta lengket yang mungkin ditimbulkan oleh setrika arang, saat ini orang sudah tidak perlu membabat pohon pisang habis-habisan. Bayangkan saja jika jasa laundry semakin banyak sementara untuk mengatasi lengket permukaan setrika yang panas dengan kain baju harus menggunakan daun pisang semua. Pastinya usaha laundry akan bersaing dengan penyedia bisnis kuliner tradisional.

Artikel Terkait :

Memang, masalah lengket dan kerak pada permukaan setrika sangat mengganggu kenyamanan saat menyetrika. Noda-noda gosong dapat tertinggal di kain pakaian. Bukannya malah tampak kinclong, malah akibatnya akan buruk setelah proses menyetrika selesai. Belum lagi ditambah permasalahan kabel setrika yang kurang cepat mengalirkan panas, kabel gampang tertekuk atau masalah tekhnis lain yang berhubungan dengan fisik setrika. (baca juga :mesin setrika otomatis , Jual Setrika Uap Gas)

Untuk pembahasan kali ini, kita akan mempelajari Cara membersihkan setrika lengket dan berkerak. Ada berbagai cara yang dapat diterapkan. Mulai dari cara tradisional sampai ke pemakaian bahan kimia cair. Sebelum membersihkan permukaan setrika, apapun cara yang dipakai, jangan lupa mencabut kabel dari steker. Lebih lanjutnya silahkan simak pemaparan berikut :

  1. Cuka

Cara pertama ini memang sedikit meniru cara membersihkan kerak di kamar mandi. Tapi tenang saja, kita tidak akan keracunan karena membersihkan kerak lengket setrika dengan cuka dicampur air. Campuran ini kemudian didiamkan seperempat jam untuk melarutkan cairan ke dalam pori-pori spon. Spon inilah yang nanti digunakan untuk menyapu kotoran di wajah setrika. Setelah sudah selesai mengusapkan campuran air cuka ini, bersihkan sisa nodanya dengan lap basah. (Baca Juga: Cara Kerja Setrika Listrik , Jenis Setrika Uap Oxone)

  1. Obat Kimia

Obat kimia yang dimaksud bukanlah obat kimia berupa cairan pembersih setrika, melainkan paracetamol. Mungkin ibu-ibu belum banyak tahu mengenai fungsi rahasia paracetamol selain penurun demam. Penggunaan obat ini sebagai pembersih kerak yang lengket di setrika dimulai dengan penyiraman air pada bagian gosong setrika. (Baca Juga: Cara Menyetrika Seprai , Cara Menyetrika Cepat)

Proses penyiraman harus dilakukan ketika setrika masih dalam kondisi hangat. Setelah itu barulah paracetamol digosok-gosokkan ke permukaan setrika. Terserah anda ingin menggosok dalam bentuk utuhan atau menggerus sebelumnya. Kalau sudah biarkan nodanya rontok semua. Barulah anda bisa memakai lap basah untuk menyapu bersih kotoran yang rontok.

Sponsors Link

  1. Koran

Biasanya cara ini digunakan untuk setrika uap. Bila anda merasa setrika uap anda sudah mulai lengket, segera carilah koran yang telah kadaluwarsa. Ambil sesobek lalu gosok-gosokkan permukaan setrika ke koran tersebut sampai lengketnya hilang.

Baca juga :

Namun jika lengket pada setrika uap belum juga hilang, mungkin saja anda lupa belum mematikan fitur uap pada setrika. Matikan saja fitur ini. Kemudian ratakan garam ke koran. Lalu coba gosok-gosokkan lagi setrika uap yang fitur uapnya telah dimatikan ini ke koran bergaram. Lakukan langkah terakhir ini sampai lengketnya hilang.

  1. Odol

Odol atau pasta gigi biasanya memang dipakai membantu pengeringan luka bakar. Walaupun fungsi utamanya membersihkan gigi, ternyata benda ini dapat juga membersihkan permukaan setrika. Bagian plat setrika yang berkerak dan lengket kadang memang bisa disamakan dengan gigi. Mungkin zat-zat penyebab lengket inilah yang menyebabkan odol dapat membantu pembersihan setrika. (baca juga : mesin setrika uapcara kerja setrika arang, uap, dan listrik)

Kali ini setrika harus dalam kondisi dingin ketika pasta gigi digosokkan ke seluruh bagian plat permukaannya. Kemudian jika sudah rata dan meresap ke noda-nodanya sampai keraknya rontok, barulah kita diperbolehkan memanasi setrika. Jika setrika anda memiliki fitur uap, nyalakan saja fitur tersebut untuk melakukan pemanasan uap ke kain sembarang selama lima menit pertama. (baca juga : cara menggunakan setrika arangjenis setrika listrik)

Sponsors Link

  1. Amplas

Kedengarannya terlalu ekstem jika memanfaatkan barang bangunan untuk keperluan vital rumah tangga. Tenang saja, amplas yang akan kita gunakan adalah amplas paling halus. Daripada menggunakan daun pisang yang susah ditemui di perkotaan, lebih baik kita menggantikannya dengan amplas halus.

Artikel Terkait :

Cara ini lebih cocok dipakai untuk kerak membandel pada permukaan setrika. Jika anda merasa telah menerapkan empat cara sebelumnya namun selalu gagal, anda bisa memakai cara terakhir ini. Sama seperti cara mengamplas meubel, kita hanya perlu menggosok-gosok permukaan setrika secara lembut sampai noda-nodanya bersih. Lengket serta kerak dipastikan telah pudar semua. Perkara lapisan anti lengketnya ? Jangan terlalu banyak berharap. Jika setrika anda sudah lengket, artinya lapisan anti lengketnya sudah mengelupas, baik sedikit atau banyak.

Sponsors Link

Posted by · Tags: amplas, kakurangan setrika, odol, setrika, setrika lengket, tips menyetrika