Cara membersihkan setrika yang hangus memang tidak mudah tapi bukan berarti tidak mungkin dilakukan. Selain itu membersihkan setrika yang hangus juga bisa dilakukan oleh siapa saja karena memang Anda tidak memerlukan keterampilan khusus hanya pengetahuan mendasar tentang bahan-bahan apa yang tepat untuk membersihkan setrika yang hangus. Namun sebelum membahas tentang bagaimana cara membersihkannya, perlu diketahui terlebih dahulu apa penyebab setrika sampai bisa hangus. Hal ini penting untuk mencegah hal-hal yang sama terjadi kembali di masa yang akan datang. Karena, jika satu kali setrika hangus, kedua kalinya keadaan setrika mungkin bisa lebih parah dan mungkin justru harus diganti. Jadi, lebih baik mencegah dari pada memperbaiki.

ads

Artikel Terkait:

Penyebab Setrika Bisa Hangus

Apalah gunanya setrika jika tidak panas, tapi jika tidak hati-hati panas justru dapat menyebabkan berbagai macam kerusakan.

  1. Setrika Terlalu Panas

Setrika model terbaru sudah dilengkapi dengan fitur pengatur suhu, cara kerja setrika dengan pengatur suhu berfungsi agar suhu setrika tidak terus naik tapi dengan teknologi bimetal, ketika suhu setrika mencapai suhu maksimal maka otomatis setrika akan menurunkan suhunya. Teknologi ini sudah umum ditemukan di setiap jenis setrika listrik terutama setrika listrik otomatis. Namun jika pengatur suhu setrika rusak maka hal-hal seperti  suhu setrika panas juga dapat membuat setrika menjadi hangus.

  1. Pengaturan Suhu Tidak Tepat

Walaupun setrika listrik otomatis dapat menurunkan suhu secara otomatis tapi jika kain yang disetrika tidak tahan panas dan mudah terbakar maka sama saja, setrika bisa menjadi hangus. Oleh karena itu penting untuk membaca label pakaian atau setidaknya memahami beberapa jenis kain apa yang harus menggunakan setrika suhu tinggi dan kain jenis apa yang memerlukan setrika suhu rendah. Sebagai contoh, cara menyetrika bahan linen tentunya sangat berbeda dengan cara menyetrika bahan satin.

  1. Meletakkan Setrika Panas Sembarangan

Jika Anda menggunakan papan setrika tentunya papan biasanya dilengkapi dengan keranjang besi kecil disudut. Itu gunanya untuk meletakkan setrika ketika sedang tidak digunakan. Jangan sekali-sekali meletakkan setrika panas di atas kain karena hasilnya adalah pakaian atau kain rusak dan setrika pun hangus. (baca juga: Cara Membuat Meja Setrika, Cara Membuat Setrika Lebih Panas)

Sponsors Link

Cara Membersihkan Setrika Hangus

Kain yang menempel pada permukaan anti lengket setrika jika tidak segera dibersihkan tentunya dapat membuat setrika tidak dapat digunakan kembali, karena kain yang lengket itu akan meninggalkan noda di kain-kain yang akan disetrika berikutnya. Sebenarnya banyak cara untuk membersihkan setrika yang lengket tapi yang paling mudah adalah dengan cara menggunakan odol atau pasta gigi. Cara membersihkan setrika dengan odol pun sangat mudah yaitu pertama oleskan pasta gigi pada bagian yang hangus atau lengket, biarkan beberapa saat sebelum digosok dengan pasta gigi. Pastikan setrika dalam keadaan tidak terhubung dengan listrik. Menggosoknya pun jangan terlalu kuat karena hanya akan membuat lapisan anti lengket pada setrika menjadi lebih parah kerusakannya, cukup pada bagian yang hangus saja. Setelah itu sambil dilap dengan kain basah. Lakukan hal tersebut berulang-ulang sampai setrika bersih. Ketika setrika bersih maka setrika dapat digunakan lagi seperti biasanya.

Hanya saja satu hal yang perlu diingat, ketika setrika hangus, maka ada kemungkinan lapisan anti lengketnya juga ikut hangus terbakar atau setidaknya mengelupas sedikit. Jika sudah begitu maka setrika akan sering lengket dan lama-lama berkerak, banyak cara untuk memperbaiki setrika yang lengket dan berkerak. Lakukan secara rutin agar setrika bisa awet dan bisa digunakan pada waktu yang lama.

Sponsors Link

Posted by · Tags: setrika hangus, setrika lengket, setrika rusak, tips