Cara membersihkan tabung setrika uap tidaklah rumit namun banyak orang mengabaikan pentingnya membersihkan tabung setrika uap secara teratur. Tak hanya itu beberapa orang juga sengaja mengabaikan peraturan mendasar tentang cara menggunakan setrika uap dengan benar dan lebih memilih melakukan hal-hal yang menurut mereka lebih praktis dilakukan. Seperti misalnya ketika memasukkan air ke dalam tabung setrika uap, banyak orang juga menambahkan pewangi, parfum setrika bahkan pelembut pakaian ke dalam tabung setrika uap, alasannya lebih praktis dan pakaian menjadi lebih wangi ketika diuap. Well, jika Anda membaca petunjuk cara menggunakan setrika uap, hal tersebut sangat dilarang karena selain bisa menimbulkan noda pada pakaian juga dapat memperpendek usia setrika uap Anda karena sudah jelas dianjurkan untuk menggunakan air bersih untuk dimasukkan ke dalam setrika uap.

ads

Artikel Terkait:

Pentingnya dan Cara Tepat Membersihkan Tabung Setrika Uap

Cara merawat setrika agar awet mudah dilakukan tapi kadang penggunaan yang salah juga dapat mempengaruhi umur dan kondisi setrika. Mengapa penting sekali untuk tahu cara menggunakan setrika uap sesuai jenisnya dan selalu membersihkan tabung setrika secara teratur? Berikut adalah beberapa alasannya:

  • Walaupun yang Anda gunakan adalah air bersih tapi tetap saja air juga mengandung partikel-partikel yang tak kasat mata namun tak bisa ikut menguap bersama uap air ketika proses penguapan berlangsung. Akibatnya partikel-partikel tersebut lama-lama akan menumpuk di dalam tabung setrika uap atau juga nyangkut di lubang-lubang yang terdapat di permukaan setrika uap.
  • Memang sudah jelas sekali bagaimana cara menyetrika yang benar dan tentunya Anda tahu betul cara menggunakan setrika uap yang tepat namun akan selalu saja ada kesalahan oleh karena itu memastikan kondisi tabung setrika uap selalu dalam keadaan bersih sangatlah penting.
  • Jika tabung setrika kotor maka ditakutkan uap yang keluar nantinya juga menjadi kotor walaupun sudah diisi dengan air bersih tapi ketika diuapkan ke pakaian bisa saja meninggalkan noda.

Ketiga alasan di atas setidaknya sudah cukup untuk memberikan Anda alasan untuk selalu menjaga kebersihkan tabung setrika uap dan jika Anda tidak tahu bagaimana cara membersihkannya berikut adalah beberapa langkah mudah cara membersihkan tabung setrika uap yang bisa Anda lakukan.

  1. Pertama buka penutup tabung setrika uap lalu isi dengan air bersih lalu tutup kembali.
  2. Kocok setrika uap Anda perlahan kemudian buka kembali tutup tabung dan buang airnya.
  3. Masukkan kembali air bersih yang sudah diberi sedikit sabun formula lembut. Boleh menggunakan sabun cair dan boleh juga menggunakan sabun bayi jika tidak ada.
  4. Siapkan kain bersih berukuran kecil dan tusuk sate kemudian cobalah bersihkan bagian dalam tabung menggunakan kain bersih tadi dengan bantuan tusuk sate.
  5. Jika ketika dikeluarkan kain terlihat kotor maka ulangi rangkain tahapan di atas.
  6. Ketika kain tak lagi kotor maka gunakan kain bersih yang kering untuk membersihkan bagian dalam tabung setrika uap secara menyeluruh.
  7. Pastikan tidak ada sabun yang masih bersisa di dalam tabung setrika uap.
  8. Terakhir masukkan air bersih ke dalam tabung setrika uap dan nyalakan setrika uap.
  9. Menyetrikalah seperti biasa pada selembar kain berwarna putih. Fungsinya untuk melihat apakah uap yang dikeluarkan sudah benar-benar bersih karena jika tidak akan muncul bintik-bintik kotoran pada kain yang disetrika.

Artikel terkait:

Ternyata cara membersihkan setrika uap tidak membutuhkan waktu lama dan sama sekali tidak sulit membersihkan tabung setrika apalagi saat ini ada beberapa jenis setrika listrik uap yang sudah dilengkapi teknologi self-cleaner dimana lampu indikator akan menyala jika tabung setrika mulai kotor.

Sponsors Link

Posted by · Tags: cara membersihkan, setrika uap, tabung