Tapak setrika adalah bagian dari setrika yang terhubung langsung dengan pakaian yang disetrika sehingga tidak heran jika bagian ini sering kotor karena terpapar kotoran dari pakaian tersebut. Apalagi jika anda sering menggunakan pewangi, maka kotoran yang menempel akan lengket dan ditambah lagi panas dari setrika  akan membuat kotoran semakin menebal dari waktu ke waktu dan akhirnya membentuk kerak.

ads

Namun anda jangan khawatir, ada banyak cara untuk membersihkan tapak setrika yang kotor bahkan sudah lengket dan mengerak. Mulai dari menggunakan bahan sederhana, alami, bumbu dapur hingga menggunakan bahan kimia. Cara membersihkannya pun sangat mudah, yang diperlukan adalah ketelatenan. Bagi yang sudah penasaran bagaimana cara membersihkan tapak setrika, berikut uraiannya:

  1. Cara yang paling mudah adalah dengan menggunakan lap yang dibasahi dengan air. Bersihkan tapak setrika dengan lap lembab hingga bersih. Lakukan berulang kali hingga kotoran menghilang. Namun cara ini hanya akan berhasil jika kotoran yang melekat pada tapak setrika belum terlalu parah, jika sudah parah anda bisa melakukan cara pembersihan pada item no 2 berikut ini.
  2. Jika setrika anda terbuat dari teflon, anda bisa menggunakan sabun cuci piring. Caranya campur sabun cuci piring dengan air hangat, celupkan lap bersih kedalam cairan sabun cuci piring dan gosok tapak setrika dengan lembut. Jika sudah bersih, anda tinggal mengelapnya lap basah dan mengeringkannya.
  3. Cara membersihkan tapak setrika dengan odol adalah cara yang ampuh untuk kotoran di tapak setrika yang sudah berkerak. Caranyapun sangat mudah, untuk detilnya anda bisa klik link diatas.
  4. Jika belum berhasil anda bisa membersihkan tapak setrika dengan cuka, ya cuka masak yang ada didapur anda bisa digunakan untuk membersihkan tapak setrika anda yang kotor. Silakan klik link diatas untuk cara-cara yang lebih detilnya.
  5. Masih belum berhasil? Jangan khawatir kami masih punya cara membersihkan tapak setrika dengan baking soda sehingga kotoran bandelpun akan hilang seketika. Caranya yang praktis, mudah dan bahan pembersih yang berada dirumah tentu akan membuat anda lebih bersemangat untuk mulai membersihkan setrika anda.
  6. Di rumah anda tidak ada stok cuka dan baking soda? Tidak usah cemas masih ada cara lain. Anda bisa membersihkan tapak setrika dengan menggunakan garam. Yup ternyata garam bisa juga menjadi bahan yang efektif untuk membersihkan tapak setrika yang kotor dan tentu saja keberadaan garam bisa dipastikan ada disetiap rumah karena ini adalah bahan wajib untuk memasak diseluruh dunia.
  7. Bagi anda yang mempunyai setrika uap, jangan khawatir ada cara membersihkan setrika uap dengan bahan sederhana sehingga anda tidak kesulitan untuk mencari bahan-bahan pembersihnya.
  8. Lain halnya jika tapak setrika anda gosong, ada cara membersihkan setrika yang gosong . Tapak setrika yang gosong tentu tidak akan bagus hasilnya jika digunakan, oleh karena itu anda bisa menggunakan cara-cara diatas untuk membersihkannya.

Itulah cara membersihkan tapak setrika dan setrika yang bisa anda gunakan ketika setrika anda kotor, menghitam atau berkerak ditapaknya. Nah jika setrika anda sudah kembali bersih, maka ada baiknya anda mulai menjaga kebersihan setrika anda tersebut. Bersihkanlah secara rutin agar kotoran tidak menempel sehingga sudah dibersihkannya.

Sponsors Link

Posted by · Tags: setrika gosong, tapak setrika