Cara membuat meja setrika uap sebenarnya cukup sederhana bahkan bahan-bahan yang dibutuhkan tidak sulit untuk ditemukan. Fungsi meja setrika sangatlah penting terutama bagi kamu yang menjalankan bisnis laundry dan jenis setrika uap memberikan keuntungan sendiri yaitu menghasilkan pakaian yang lebih rapi dan lebih cepat licin. Saat ini dalam bisnis laundry, penggunaan setrika listrik otomatis sudah mulai ditinggal karena ternyata solusi setrika uap lebih ekonomis lagi. Ditambah lagi saat ini sudah ada teknologi setrika uap gas menggunakan gas atau dikenal dengan setrika uap boiler yang tidak menggunakan listrik sama sekali sehingga tentunya jauh lebih hemat dan tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk listrik.

ads

Artikel Terkait:

Berikut Adalah Cara Membuat Meja Setrika Uap Sederhana untuk Laundry

  • Meja setrikaan. Untuk meja bisa menggunakan meja yang sudah ada atau membuat baru. Membuat meja tidak sulit tapi sebaiknya pilihlah jenis serta ukuran kayu yang cukup kuat dan ukuranpun sesuai kebutuhan. Bisa membuat meja dengan ukuran sedang dan cukup untuk digunakan satu orang untuk menyetrika namun bisa juga dibuat memanjang sehingga untuk menghemat ruang bisa digunakan untuk dua orang atau bisnis laundry berskala lebih besar.
  • Tahap berikutnya yang harus dilakukan adalah membuat alas untuk meja setrikaan. Untuk alas tentunya harus memerlukan sesuatu yang lembut, bisa menggunakan busa pelapis dengan tebal 1 cm. Kalau mau lebih juga tidak apa-apa tapi tidak boleh terlalu tebal. Setelah itu buatlah kain pelapisnya, pilih kain yang cukup tebal dan kemudian dijahit seperti membuat sarung bantal kemudian masukkan busa pelapis. Sebaiknya untuk hasil yang lebih baik, gunakan dua lapis kain untuk membuat sarung busanya. Untuk ukuran lebarnya dikurangi sedikit dengan ukuran meja karena akan diperlukan tempat untuk meletakkan setrika ketika sedang tidak digunakan.
  • Setelah itu letakkan busa pelapis diatas meja setrikaan. Agar tidak bergesar setiap sudut busa pelapis dipaku ke meja menggunakan paku kecil. Memakunya harus rapi agar tidak kelihatan kentara dan harus dipaku dipaling ujung agar tidak merusak lapisan anti lengket pada setrikaan. (baca juga: Cara Merawat Setrika Agar Awet, Cara Membersihkan Setrika Lengket)
  • Setelah meja setrikaan siap berikutnya adalah membuat beberapa detail penting untuk menempatkan setrika uap, tabung setrika uap boiler serta bagaimana menempatkan selang uap setrikaan.
  • Siapkan satu batang kayu (untuk meja setrika tunggal) atau dua dan diletakkan disisi yang berlawanan (untuk meja setrika dobel). Guna tiang kayu ini adalah untuk memudahkan proses menyetrika karena walaupun setrika uap menghasilkan hasil setrikaan yang lebih baik tapi selang uapnya kadang sangat mengganggu. Jadi, tiang kayu tersebut digunakan untuk menggantung selang setrikaan.
Sponsors Link

Artikel terkait:

Bagaimana? Membuat meja setrika uap sederhana tidaklah sulit. Sebenarnya bentuknya bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisnis laundry kamu. Namun sebaiknya buatlah dengan ukuran yang sedikit lebih besar dari meja setrika pada umumnya, karena meja setrika yang besar akan memudahkan kamu untuk menyetrika seprai atau menyetrika gorden. Walaupun tentu saja kamu juga harus mempelajari cara menyetrika seprai dan juga cara menyetrika gorden untuk hasil yang lebih maksimal. Memulai bisnis laundry tidak pernah mudah belum lagi saat ini sudah banyak sekali bisnis laundry baik skala kecil, skala besar bahkan franchise yang bertebaran dan menjadi pesaing kamu bahkan sebelum bisnis kamu dimulai. Setrika uap dapat membantu kamu mengejar jumlah target setrikaan lebih banyak namun tetap menjaga kualitas hasil setrikaan sehingga pelanggan kamupun akan merasa puas.

Sponsors Link

Posted by · Tags: meja setrika, meja setrika uap, membuat meja setrika, setrika uap