Cara membuat setrika arang mungkin memang sudah tidak relevan lagi di jaman sekarang ini dimana sudah banyak sekali pilihan setrikaan dengan teknologi terbaru yang bisa kamu dapatkan dengan mudah di pasaran walaupun tidak dapat dipungkiri banyak keunggulan setrika arang dibandingkan dengan setrika jenis lainnya. Beberapa jenis setrikaan yang sudah sering kamu temui saat ini adalah sebagai berikut:

ads

Jenis Setrika Listrik

Saat ini pilihan setrika listrik sangatlah beragam baik dari segi fitur, model sampai harga. Semua tersedia sesuai dengan kebutuhan masing-masing pengguna.

  • Setrika Listrik Biasa

Pada awal kemunculannya, setrika listrik ditawarkan tanpa adanya pengatur suhu sehingga pengguna harus pintar-pintar menebak apakah suhu setrikaan cukup panas untuk mulai menyetrika ataukah suhu setrikaan sudah terlalu panas sehingga kabel penghubung arus listrik harus segera dicabut untuk menurunkan suhu agar tidak merusak pakaian jika terlalu panas dan setrikaan pun tidak cepat rusak.

Seiring perkembangannya, setrika listrik berkembang menjadi setrika listrik otomatis yang dilengkapi dengan pengatur suhu. Cara kerja setrika dengan pengatur suhu sendiri sangat mudah dan tentunya sangat memudahkan. Dengan teknologi bimetal, setrika akan secara otomatis menaikkan suhu setrika jika dirasa suhu setrikaan sudah terlalu rendah begitu juga sebaliknya, ketika suhu setrikaan sudah mencapai suhu maksimal maka secara otomatis akan menurunkan suhunya kembali netral. Untuk pilihan model pun beragam, ada yang besar, kecil dan portabel sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Jenis Setrika Uap

Dibandingkan dengan setrika listrik, setrika uap memiliki lebih banyak jenis. Diantaranya adalah:

  • Setrika Uap Menggunakan Listrik

Setrika uap menggunakan listrik tersedia dalam berbagai macam jenis pilihan. Untuk setrika uap portabel, bentuknya kurang lebih sama dengan setrika listrik hanya memiliki fitur tambahan berupa tabung uap. Sementara setrika uap berdiri dan setrika uap gantung memiliki bentuk setrikaan yang jauh berbeda karena biasanya setrika jenis ini tidak memerlukan papan setrikaan untuk menyetrika pakaian.

Sponsors Link

  • Setrika Uap Menggunakan Gas

Setrika uap jenis ini memang jauh lebih hemat karena tidak menggunakan listrik sama sekali tapi menggunakan gas. Hanya saja, dari segi bentuk, setrika uap gas atau yang lebih dikenal dengan setrika uap boiler ini tidak praktis dan tidak bisa dibawa-bawa serta memerlukan ruang khusus yang relatif besar untuk menyetrika. Oleh karena itu, setrika jenis ini jarang digunakan di rumah namun menjadi pilihan favorit para penyedia jasa laundry karena setrika jenis ini selain lebih ekonomis menghasilkan setrikaan yang jauh lebih sempurna dan menyetrikapun menjadi lebih cepat. (baca juga: Setrika Uap Untuk Laundry, Setrika Untuk Laundry)

Artikel Terkait:

Cara Membuat Setrika Arang

Perlu kamu ketahui di zaman yang sudah serba modern dengan pertumbuhan teknologi yang super pesat ini ternyata masih ada juga tempat dimana listrik belum masuk. Lalu apa solusi mereka agar tetap tampil rapi? Tentu saja setrika arang walaupun ada pula teknik-teknik mencuci yang dapat membantu pakaian tidak mudah kusut ketika kering. Namun, dengan adanya setrika arang memang sangat membantu. Untuk membuat setrika arang sebenarnya tidak sulit, bawa saja model setrika arang yang bisa kamu dapatkan dengan mudah di internet dan minta tukang besi membuatkannya untuk kamu.

Ataupun kamu bisa datang ke pasar-pasar loak atau barang antik maka tidak akan sulit untuk menemukan setrika arang. Yang perlu kamu pelajari mungkin bagaimana caranya menggunakan setrika arang karena dibandingkan dengan setrika-setrika modern lainnya yang sudah dilengkapi fitur-fitur modern, menggunakan setrika arang memerlukan keahlian dan tentunya keterampilan khusus. (baca juga: Cara Merawat Setrika Agar Awet, Cara Membersihkan Setrika Yang Lengket)

Sponsors Link

Posted by · Tags: cara membuat setrika arang, cara menggunakan setrika arang, setrika arang, teknologi setrika arang