Cara membuat setrika uap sendiri sebenarnya mungkin saja namun tentunya sebelum itu Anda harus memahami terlebih dahulu cara kerja setrika pada umumnya dan jenis-jenis mesin setrika yang ada karena walaupun secara  umum fungsi setrika sama saja yaitu untuk meluruskan serat-serat pakaian yang kusut tapi ternyata setiap jenis setrika listrik dan setrika uap baik setrika uap untuk laundry, setrika uap gantung dan setrika uap berdiri memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

ads

Jenis-Jenis Setrika Uap

Setrika uap sendiri memiliki beberapa jenis dan berikut adalah beberapa jenis setrika uap yang perlu untuk Anda ketahui:

  • Setrika Uap Listrik

Jika bicara setrika uap listrik maka banyak sekali pilihannya mulai dari setrika uap Philips sampai jenis setrika uap oxone. Desainnya pun bermacam-macam ada yang berbentuk mirip setrika listrik otomatis biasanya dengan fungsi ganda dan ada juga yang berbentuk gantung atau berdiri. Bahkan sudah terdapat beberapa merek setrika yang mengeluarkan jenis setrika mini seperti setrika mini Philips dalam bentuk setrika uap.

  • Setrika Uap Gas

Selain menggunakan listrik ada juga jenis setrika uap gas yang biasanya digunakan untuk bisnis laundry. Biasanya macam-macam setrika boiler atau nama lain dari setrika laundry uap gas memang dibuat secara home industry oleh perusahaan lokal tapi bukan berarti siapa saja bisa membuatnya, walaupun tidak ada salahnya untuk mempelajari cara membuat meja setrika uap untuk menekan modal awal bagi Anda yang ingin memulai bisnis laundry sendiri, karena setrika uap gas atau boiler merupakan jenis setrika untuk laundry yang paling direkomendasikan karena untuk jangka panjang biaya produksi bisa sangat ditekan dibandingkan dengan menggunakan setrika listrik.

Cara Membuat Setrika Uap

Sebelum mengetahui cara membuat setrika uap sendiri berikut adalah beberapa komponen setrika uap gas yang merupakan bagian dari satu set setrika uap yang harus Anda ketahui adalah sebagai berikut:

  1. Tangki Boiler

Bahan tangki boiler ini biasanya terbuat dari bahan stainless steel. Semakin berkualitas bahan stailess steel-nya maka biasanya harganya akan semakin mahal karena akan berpengaruh pada uap yang akan dihasilkan nantinya.

  1. Selang In dan Out

Selang ini harus sudah menjadi satu kesatuan dengan tangki boiler karena kalau tidak ditakutkan besarnya tidak sesuai dan uap yang dihasilkanpun tidak maksimal karena ada kebocoran pada selang yang tidak pas.

  1. Kompor Gas

Pastikan kompor gas yang menjadi bagian dari setrika uap set memiliki logo SNI untuk menjamin kualitas dan keamanan penggunaannya juga.

  1. Gas LPG

Karena setrika uap boiler merupakan setrika uap gas maka sebagai sumber panasnya tidak berasal dari listrik tapi dari gas. Untuk ukuran gas LPGnya sendiri tinggal disesuaikan dengan kebutuhan biasanya satu tabung LPG 3 kg cukup untuk menyetrika sampai kurang lebih 150 lembar pakaian.

  1. Meja Setrika

Untuk setrika uap boiler memiliki jenis meja setrika khusus yang dilengkapi dengan pipa dan lubang untuk mengalirkan uap.

  1. Setrika Uap

Komponen yang paling utama tentunya adalah setrika uap yang didesain khusus agar cocok dengan selang yang nantinya terhubung pada tangki boiler.

Sudah banyak setrika uap gas atau setrika uap boiler yang dijual saat ini dengan harga yang walaupun relatif lebih mahal dari setrika listrik biasa karena memang cara kerja setrika uap atau cara menggunakan setrika uap gas sedikit lebih kompleks namun untuk pemakaian jangka panjang setrika uap gas ini memang lebih hemat.

Sponsors Link

Posted by · Tags: setrika boiler, setrika gas, setrika uap, setrika uap gas, setrika uap listrik