Cara memperbaiki setrika Maspion bukanlah perkara yang terlalu sulit asalkan Anda tahu apa yang menjadi penyebab kerusakannya. Ada banyak sekali faktor yang dapat menyebabkan jenis setrika listrik Maspion Anda tidak dapat berfungsi dengan baik atau tidak maksimal dan jika dibiarkan begitu saja lama kelamaan hal tersebut menjadi penyebab kerusakan setrika. Oleh karena itu jika setrika Maspion Anda mulai menunjukkan tanda-tanda penurunan performa ada baiknya Anda segera mencari tahu penyebab utamanya agar bisa segera dicarikan solusinya.

ads

Penyebab Kerusakan Setrika Maspion

Merk setrika Maspion merupakan salah satu jenis setrika listrik yang banyak menjadi pilihan masyarakat Indonesia. Alasannya adalah karena Maspion merupakan salah satu brand atau merk dalam negeri yang kualitasnya sudah tidak diragukan lagi selain itu dibandingkan dengan merk atau brand lain harganya juga relative terjangkau. Namun jika Anda tidak tahu bagaimana cara menyetrika yang benar maka bisa saja kerusakan tak hanya terjadi pada pakaian Anda tapi juga pada unit setrika Anda. Berikut adalah beberapa penyebab kerusakan pada setrika Maspion yang sering terjadi:

  1. Suhu Setrika Tidak Stabil, Setrika Tidak Panas atau Setrika Terlalu Panas

Sebenarnya hal ini tak hanya terjadi pada setrika Maspion saja tapi juga pada kebanyakan merk setrika. Penyebab utamanya adalah biasanya terletak pada teknologi bimetal setrika atau pengatur suhunya. Jika Anda tahu cara kerja setrika dengan pengatur suhu maka Anda akan tahu bahwa pada jenis setrika listrik otomatis untuk mencegah setrika menjadi over heat diberlakukan sistem otomatis lewat cara kerja setrika termodinamika dimana ketika suhu mencapai suhu maksimal maka secara otomatis akan diturunkan begitu juga sebaliknya. Ketidaktahuan Anda dalam cara mengatur suhu setrika Maspion juga bisa menjadi penyebab pengatur suhu setrika rusak.

Solusinya: jika yang rusak adalah pada pengatur suhunya maka yang harus diganti adalah bagian lempeng bimetalnya itu merupakan cara memperbaiki setrika yang terlalu panas atau sebaliknya.

  1. Setrika Tidak Mau Panas

Jika ketika dihubungkan ke arus listrik tapi lampu indikator tidak mau menyala dan setrika tidak mau panas maka kemungkinan besar yang terjadi adalah terjadi kerusakan pada komponen penghubung arus listrik pada setrika yaitu pada bagian kabelnya. Namun sebelum itu cobalah Anda cek terlebih dahulu stop contact milik Anda karena bisa saja yang menjadi masalah bukan unit setrikaannya tapi stop contactnya.

Solusinya: jika yang menjadi masalah adalah stop contactnya maka harus segera diganti dan kalau yang menjadi masalah adalah kabelnya, jangan khawatir cara mengganti kabel setrika listrik sangat mudah dilakukan.

  1. Lampu Indikator Tidak Menyala

Kebanyakan orang tidak terlalu mengambil pusing ketika lampu indikator setrika mati tapi setrika masih bisa digunakan. Sayangnya hal tersebut merupakan salah satu indikator jenis kerusakan setrika listrik yang penting untuk diketahui. Karena hal tersebut dapat merembet ke masalah-masalah lain.

Solusinya: jika lampu indikator tidak menyala atau rusak maka sudah seharusnya segera diganti dengan yang baru.

  1. Setrika Berkerak

Well jika setrika berkerak maka yang menjadi masalah adalah bagaimana cara Anda menggunakannya. Walaupun banyak cara membersihkan setrika lengket dan berkerak tapi tetap saja jika Anda tahu cara merawat setrika agar awet dengan benar hal seperti ini tidak perlu terjadi.

Solusinya: ada beberapa cara untuk membersihkan setrika berkerak seperti cara membersihkan setrika dengan pasta gigi atau cara membersihkan setrika dengan garam dan masih banyak lagi.

Jika Anda saat ini menggunakan setrika Maspion dan saat ini performanya sedang tidak maksimal jangan ragu untuk mencari tahu penyebab kerusakannya karena dengan begitu Anda dapat mencegah kerusakan setrika yang lebih parah. Walaupun setrika Maspion harganya relatif terjangkau tapi tetap saja jika rusak tiba-tiba akan sulit untuk menemukan gantinya dengan cepat.

Sponsors Link

Posted by · Tags: cara memperbaiki, Maspion, setrika listrik, setrika rusak