Cara memperbaiki setrika nyetrum tidaklah sulit hanya saja kebanyakan orang sudah panik terlebih dahulu ketika setrika mulai menyetrum. Well, setrika yang nyetrum tidak hanya berbahaya tapi juga dapat menghambat pekerjaan menyetrika Anda. Sayangnya banyak orang tidak tahu bahwa walaupun jenis setrika listrik tidak termasuk barang mewah tapi manfaat setrika listrik dan keberadaannya sangatlah penting dalam rumah tangga dan mengetahui beberapa jenis kerusakan setrika listrik juga penting. Tanpa setrika listrik otomatis Anda harus bergantung terus menerus dengan jasa laundry karena kalau tidak begitu Anda harus datang ke kantor dengan pakaian kusut. Lagi pula suhu panas pada setrika tak hanya berfungsi untuk meluruskan serat-serat kain yang kusut tapi juga berfungsi untuk membunuh kuman sehingga Anda dapat memberikan perlindungan ekstra pada keluarga Anda.

ads

Cara Memperbaiki Setrika Nyetrum

Berdasarkan beberapa kasus yang dialami oleh para pengguna setrika yang suka nyetrum adalah terjadi masalah pada kabel listriknya, ini merupakan salah satu penyebab setrika rusak yang sering terjadi selain pengatur suhu setrika rusak dan kerusakan pada mesin setrika otomatis. Kabel listrik setrikaan terbuat dari serat yang tentunya tidak menghantarkan listrik namun yang jadi masalah adalah ketika serat pembungkusnya robek akibat terlilit atau terbelit maka ada kemungkinan serat karet pembungkusnya juga akan ikut robek sehingga penggunaannya lebih mudah tersetrum. Solusinya adalah hanya dengan mengganti kabel setrika yang sudah robek dengan yang baru dan berikut adalah cara mengganti kabel setrika.

  • Tentunya Anda sudah tahu cara kerja setrika listrik dan walaupun kabel setrika memang mudah didapat namun Anda harus tahu dulu jenis kabel setrikaan Anda karena ada setrika yang menggunakan tiga kabel dan dua kabel caranya dengan cara membuka body setrikaan.
  • Langkah selanjutnya adalah melepas kabel setrikaan yang sudah rusak dari badan setrikaan. Caranya sangat mudah hanya dengan melepas sekrup-sekrup yang menempel pada setrikaan.
  • Jika semua kabel sudah terlepas sempurna kemudian mulailah untuk proses pemasangan kabel setrikaan yang baru.
  • Pada setrikaan dengan tiga kabel pasti ada satu kabel yang memiliki dua warna yang disebut kabel arde. Pasang kabel ini di tengah-tengah dan sisanya dipasang di kiri kanannya. Jika setrikaan Anda menggunakan dua kabel saja maka kabel ardenya cukup ditutup dengan isolasi saja tidak perlu dipasang.

Setelah kabel setrika diganti untuk tindakan selanjutnya sebaiknya Anda mulai mencari tahu cara merawat setrika agar awet terutama cara merawat tali setrikaan Anda agar hal serupa tidak terjadi lagi di masa yang akan datang. Kebanyakan orang tahu bagaimana cara menggunakan setrika bahkan paham betul cara kerja setrika listrik denga pengatur suhu dan cara kerja setrika uap namun tidak semua dari mereka tahu betul cara merawat setrika mereka dengan benar apalagi cara merawat kabel setrika agar tidak mudah terlilit, terpelintir yang akhirnya justru bisa robek. Selain itu cara menyetrika yang benar juga dapat mengurangi risiko kabel terlilit.

Perlu Anda ketahui juga cara merawat kabel setrika agar tetap awet dan aman digunakan untuk waktu yang lama. Berberapa tips berikut mungkin akan sangat membantu Anda:

  • Selalu gunakan meja setrikaan ketika menyetrika karena posisi menyetrika yang tepat dan cara menyetrika yang benar dapat menurunkan risiko kabel sering terlilit.
  • Jangan langsung menyimpan setrika yang masih panas tapi didinginkan terlebih dahulu tapi jangan lupa untuk segera mencabutnya dari listrik ketika selesai menyetrika.
  • Jangan biasakan menggulung kabel setrika ketika menyimpannya. Sebaiknya gunakan plastik khusus pengikat kabel jika Anda ingin terlihat rapi.
  • Selalu masukkan kembali setrika yang tidak digunakan ke dalam kotaknya karena selain dapat menjaga kabel tidak tersangkut atau terlilit juga dapat mencegah setrika tidak mudah terkena debu.

Cara memperbaiki setrika sebaiknya dimulai dengan mencari tahu cara merawat setrika listrik agar awet karena memang walaupun sepele tapi fungsinya perawatannya sangatlah penting dan krusial karena setrika sendiri merupakan salah satu alat elektronik yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari.

Sponsors Link

Posted by · Tags: cara memperbaiki, kabel setrika, setrika listrik, setrika nyetrum, setrika rusak