Cara memperbaiki setrika terlalu panas sebenarnya tidak sulit asalkan Anda paham tentang beberapa komponen dasar setrika listrik otomatis. Pada dasarnya manfaat setrika listrik sehari-hari adalah untuk melicinkan serat-serat kain yang kusut dengan cara mengirimkan panas lewat lapisan lempeng yang ada di dasar setrikaan dan jika setrika otomatis Anda menjadi terlalu panas atau tidak panas berarti ada yang salah dengan sistem thermostat pengatur suhu setrika Anda dimana sistem bimetal yang memiliki fungsi utama untuk mengatur suhu setrika secara otomatis agar turun ketika terlalu panas dan naik jika terlalu tinggi tidak dapat berfungsi dengan baik. Penting bagi Anda untuk mengetahui jenis kerusakan setrika listrik sebelum memutuskan untuk memperbaikinya.

ads

Penyebab Setrika Otomatis Menjadi Terlalu Panas

Saat ini semua jenis setrika yang bisa Anda temui di pasaran sudah dilengkapi dengan pengatur suhu otomatis. Cara kerja setrika listrik dengan pengatur suhu atau cara kerja setrika termodinamika sangatlah mudah dipahami jika Anda pernah menggunakan jenis setrika listrik yaitu sistem bimetal di dalam badan setrikaan akan memastikan bahwa setrikaan Anda tidak akan menjadi terlalu panas karena jika sudah mencapai suhu tertentu secara otomatis setrika akan menurunkan suhunya dan ketika menjadi terlalu dingin, setrika akan perlahan-lahan menaikkan suhunya kembali. Dengan demikian jika setrika otomatis Anda tidak dapat turun suhunya dan menjadi terlalu panas maka dapat dipastikan ada yang salah dengan sistem bimetal yang biasanya terletak tepat di bagian bawah gagang setrika atau pada tombol pengatur otomatis setrika Anda.

Cara Memperbaiki Setrika yang Menjadi Terlalu Panas

Terdapat beberapa cara memperbaiki setrika yang tidak panas dan cara membuat setrika lebih panas namun dalam hal ini adalah bagaimana mengatasi setrika yang terlalu panas. Jika tiba-tiba setrika Anda menjadi terlalu panas dan suhunya tidak dapat diturunkan, jangan panik dulu ketika pengatur suhu setrika rusak karena ini merupakan salah satu penyebab kerusakan setrika dan hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memutuskan setrika dari arus listrik dengan begitu suhu setrikaan akan turun dengan sendirinya, setelah itu barulah Anda bisa mulai memperbaiki setrika Anda.

  • Pada intinya Anda harus tahu dulu cara kerja setrika dan beberapa komponen dasar setrika listrik yang terdiri dari bodi setrikaan, kabel setrikaan, sistem pengatur suhu, konduktor, besi pemberat dan lempeng permukaan setrika yang biasanya dilapisi oleh lapisan teflon sehingga tidak mudah lengket.
  • Setelah itu buka bodi setrikaan dimulai dari melepas skrup kecil satu persatu.
  • Jika sudah terbuka sempurna coba cek bagian bimetal yang letaknya tepat di bawah gagang setrikaan yang biasanya berbentuk lengkungan besi.
  • Mulailah dengan membersihkan debu yang biasanya menempel karena ternyata debu yang menempel juga bisa menyebabkan sistem bimetal tidak dapat berfungsi sempurna dan ini merupakan salah satu cara merawat setrika agar awet.
  • Setelah itu cek kondisinya apakah ada sekrup atau kabel-kabel yang terlepas, jika tidak maka penyebab utamanya hanyalah debu.
  • Pasang kembali semua komponen yang tadi sempat Anda lepas dengan sempurna jangan sampai tertinggal satu sekrup-pun.
  • Test kembali setrikaan Anda dengan menghubungkannya ke arus listrik.
  • Jika kondisi setrika kembali normal maka Anda tidak perlu khawatir lagi tapi jika tidak mungkin komponen sistem bimetal di setrikaan Anda harus diganti dengan yang baru. Melakukannya kurang lebih sama dengan cara yang di atas atau Anda bisa membawanya ke tukang reparasi setrika, yang penting Anda sudah tahu apa permasalahan utamanya.
  • Yang terpenting juga cara menyetrika yang benar dalam mengurangi risiko setrika Anda sering rusak.

Suhu setrika yang terlalu panas tak hanya membuat pekerjaan menyetrika menjadi terganggu tapi juga dapat berbahaya untuk Anda karena jika setrika terus menurus dihubungkan ke arus listrik tanpa suhunya diturunkan sesekali maka kemungkinan akan merusak bagian konduktor atau sistem penghantar panas setrikaan yang mencegah panas setrika menyebar ke bagian lainnya. Jika sudah rusak, hal yang paling mungkin terjadi adalah melelehnya kabel setrika. Cara menyetrika agar cepat selesai tidak harus dengan setrika yang sangat panas karena setrika yang terlalu panas juga dapat merusak baju Anda terutama jenis pakaian yang tidak tahan akan suhu tinggi jadi perlajari juga cara merawat setrika listrik yang benar.

Sponsors Link

Posted by · Tags: cara memperbaiki, setrika listrik, setrika rusak, setrika terlalu panas, terlalu panas