Cara memperbaiki setrika yang lengket sebenarnya tidak terlalu sulit namun yang sering jadi masalah adalah ketika setrika sudah lengket orang lebih cenderung panik dan bukannya memperbaiki setrika yang lengket tapi menggantinya dengan yang baru karena dianggap ketika setrika sudah lengket sudah tidak bisa digunakan lagi. Benarkah seperti itu?

ads

Artikel Terkait:

Penyebab Setrika Lengket

Sebelum mencari tahu bagaimana cara memperbaiki setrika yang lengket ada baiknya mencari tahu terlebih dahulu penyebab bagaimana setrika bisa lengket. Saat ini rata-rata produk setrika sudah dilengkapi dengan lapisan anti lengket dibagian dasar setrika, lalu bagaimana setrika bisa lengket. Adapun beberapa penyebab utamanya adalah:

  • Lapisan anti lengket yang bisa terkikis karena pemakian yang sangat sering atau umur setrikaan yang semakin tua. (Baca juga:  teknik menyetrika yang benar)
  • Penggunannya kurang hati-hati dimana setrika juga digunakan untuk menyetrika kancing atau besi-besi kecil yang umumnya merupakan bagian aksesoris celana jeans. Lama kelamaan lapisan anti lengket juga akan terkikis.
  • Jika lapisan anti lengket sudah mulai terkikis maka akan sangat mudah untuk kotoran-kotoran menempel apalagi ketika kebanyakan pengguna setrika tidak tahu bagaimana cara menyetrika baju bersablon, hal ini akan memperburuk kondisi setrika. (baca juga: Menyetrika dengan Benar)

Setrika adalah salah satu alat rumah tangga yang biasanya digunakan setiap hari. Bahkan di keluarga yang biasa menyetrika pakaian mereka masing-masing satu unit setrika digunakan oleh banyak orang bahkan bisa lebih dari satu kali dalam sehari. Pemakaian setrika yang terus menerus juga akan mempercepat pengelupasan pada lapisan anti lengket. (baca juga: Cara Menyetrika Baju agar Tidak Cepat Pudar, Pengatur Suhu Setrika Rusak)

Cara Memperbaiki Setrika yang Lengket

Memang lebih baik mencegah dari pada memperbaiki tapi apabila setrika sudah lengket maka tidak ada pilihan lain selain harus diperbaiki. Caranya adalah :

  1. Menggunakan Daun Pisang

Percaya atau tidak ternyata menggunakan daun pisang untuk membersihkan kerak yang dapat menyebabkan setrika lengket ternyata sangat efektif. Hal ini karena daun pisang mengandung minyak alami yang dapat membantu membersihkan setrikaan. Caranya cukup mudah yaitu dengan memanaskan setrikaan terlebih dahulu baru kemudian gosokkan setrikaan yang sudah panas ke permukaan daun pisang. Lakukan berkali-kali sampai daun pisang layu dan kerak berkurang. Terakhir tinggal dilap dan dibersihkan dengan lap basah.

Sponsors Link

Baca Juga:

  1. Menggunakan Cuka yang Dicampur Air

Campurkan cuka dengan air, tidak perlu banyak cukup sedikit saja. Setelah itu panasakan setrikaan, tapi jangan sampai panas, cukup pada level hangat kemudian cabut dari stop kontak. Gunakan spon yang agak kasar, celupkan spon ke air cuka kemudian tempelkan ke bagian setrika yang berkerak. Jangan langsung digosok, biarkan dulu beberapa saat kurang lebih 15 menit baru kemudian digosok perlahan. Kerak yang tadinya lengket akan lebih mudah untuk dibersihkan. Kemudian dibersihkan lagi dengan menggunakan lap basah untuk menghilangkan sisa-sisa cuka.

Baca Juga:

Sponsors Link

  1. Menggunakan Parasetamol

Cara ini memang agak unik tapi juga sudah terbukti efektif. Parasetamol adalah salah satu jenis obat yang biasanya tersedia di dalam kotak obat di hampir setiap rumah ternyata memiliki fungsi lain yaitu membantu membersihkan kerak setrika. Caranya pun relatif mudah, setelah setrika dipanaskan (jangan terlalu panas), gunakan tablet parasetamol untuk menggosok-gosok bagian yang berkerak atau bisa juga dibuat bubuk terlebih dahulu. Fungsinya hampir sama seperti detergen.

Baca Juga:

Memahami cara memperbaiki setrika yang lengket sangatlah penting walaupun tidak semua orang tahu. Kalau diperhatikan cara untuk memperbaikinya tidaklah terlalu sulit bahkan hanya menggunakan barang-barang yang bisa dengan mudah ditemukan disekitar rumah mulai dari daun pisang, cuka dan parasetamol.

Sponsors Link

Posted by · Tags: memperbaiki setrika lengket, setrika lengket, setrika rusak, tips memperbaiki setrika, tips setrika