Memiliki baju putih terkadang merupakan sebuah kewajiban, khususnya mereka yang memang harus memakainya di tempat kerja. Ada banyak motif baju putih dari berbagai merk yang bisa diambil.

ads

Namun yang pasti, perawatan terhadap baju putih tersebut harus rutin dilakukan. Jika seseorang jarang merawat baju putihnya atau tidak mencucinya dengan benar, maka tentunya akan mengakibatkan baju tersebut kusam dan warna putihnya seolah-olah luntur.

Maka dari itu, anda harus mempelajari tentang cara memutihkan baju putih dengan benar. Ada banyak cara yang bisa anda lakukan. Salah satunya adalah dengan menggunakan micin. Siapa sangka bumbu dapur dan penyedap makanan satu ini bisa menjadi salah satu cara untuk memutihkan baju.

Lalu bagaimana langkah-langkah yang harus anda lakukan? Berikut ini jawabannya:

1. Pisahkan terlebih dahulu cucian anda

Sebelum anda mulai memutihkan baju putih anda, maka anda harus memisahkan baju anda terlebih dahulu. Anda harus memilah dan menentukan mana baju putih yang akan anda cuci. Jangan sampai ada baju yang warnanya tidak putih namun tetap anda cuci dengan menggunakan micin.

Memisahkan baju ini juga termasuk ke dalam salah satu cara mencuci ala laundry. Mencuci baju putih di laundry pun juga sebelumnya akan memisahkan mana baju putih dan mana tidak.

2. Rendam baju putih

Cara kedua yang harus anda lakukan adalah mulailah untuk melakukan proses perendaman. Sebenarnya, proses perendaman ini tidak perlu menggunakan air hangat. Namun, jika anda tetap ingin menggunakan air hangat maka dipersilahkan asalkan tidak terlalu panas.

Selain itu, anda bisa melakukan dua cara dari proses perendaman ini. Yang pertama, anda bisa memasukkan baju putih anda terlebih dahulu ke dalam bak yang berisi air. Kemudian, anda baru menuangkan micin ke dalam bak tersebut dan anda langsung mencampurkannya dengan baju anda.

Adapun yang kedua, anda bisa memulai dengan menuangkan micin secukupnya ke bak yang sudah anda isi dengan air. Setelah itu, anda aduk secara perlahan sampai tercampur merata. Kemudian, anda baru memasukkan baju putih anda tersebut untuk kemudian anda rendam dan sedikit anda bolak-balik agar tercampur dengan air. Pastikan tidak ada bagian yang tidak terendam.

3. Kucek baju putih anda

Setelah anda rendam, maka mulailah untuk mengucek baju putih anda tersebut. Anda tidak perlu menguceknya terlalu keras atau kencang. Pastikan anda mengucek semua bagian pada baju anda. Jika ternyata ada noda yang membandel, maka anda bisa menggunakan sikat. Meskipun begitu, tetap saja janga menyikat terlalu keras agar tidak sampai membuat kain menjadi rusak.

4. Bilas baju putih anda

Setelah tidak ada noda atau baju anda sudah kembali putih, maka anda tinggal membilasnya. Bilaslah dan pastikan tidak ada bekas kotoran yang masih tersisa. Pastikan juga bahwa baju anda benar-benar sudah tidak tercampur dengan air rendaman micin.

5. Jemur pakaian

Cara memutihkan baju dengan micin yang terakhir yaitu anda tinggal menjemurnya. Anda bisa langsung menjemurnya di bawah sinar matahari. Ketika sudah kering, maka anda harus segera mengangkatnya.

Sponsors Link

Posted by · Tags: baju putih, cara memutihkan baju