Cara mencuci ala laundry sebenarnya tidak berbeda dengan cara Anda mencuci di rumah asalkan Anda memiliki mesin cuci yang berfungsi dengan baik dan Anda paham beberapa peraturan dasar ketika mencuci. Laundry adalah sebuah jasa yang memang sangat menguntungkan terutama bagi Anda yang sibuk dan tidak memiliki cukup waktu untuk merawat pakaian Anda. Tentunya menyenangkan ketika Anda tiba di rumah setelah letih seharian bekerja, pakaian yang tadinya menumpuk kotor, setelah diantar kembali oleh jasa laundry menjadi rapi, bersih dan wangi. Pakaian tersebut siap digunakan kapanpun Anda membutuhkannya. Namun tentunya semakin berkualitas sebuah jasa laundry maka semakin mahal pula biaya yang harus Anda keluarkan. Jadi jika untuk alasan berhemat tidak ada salahnya mempelajari bagaimana cara mencuci ala laundry yang benar.

ads

Artikel Terkait:

Hal-Hal Dasar Yang Harus Anda Ketahui untuk Mencuci Pakaian

Sebelum Anda mempelajari tips-tips lanjutan tentang bagaimana cara mencuci ala laundry, ada beberapa hal-hal dasar yang tidak boleh Anda lupakan ketika mencuci pakaian. Hal-hal dasar tersebut adalah sebagai berikut:

  • Kenali bahan baju yang akan dicuci karena beberapa jenis baju harus dicuci dengan tangan dan beberapa bahan baju cukup aman untuk dicuci dengan mesin cuci.
  • Selalu pisahkan pakaian berwarna dan pakaian warna putih ketika mencuci. Cuci baju yang luntur tersendiri karena kalau tidak hanya akan merusak warna pakaian yang lain.
  • Pilih detergen dengan formula lembut karena beberapa detergen memang ampuh untuk membersihkan noda tapi detergen jenis ini akan membuat warna pakaian semakin cepat pudar dan serat pakaian menjadi rapuh.
  • Sebaiknya hindari menggunakan pemutih ataupun cairan khusus untuk membersihkan noda yang sulit dibersihkan. Hanya gunakan ketika memang benar-benar sudah tidak ada cara lain untuk membersihkan noda. Itupun penggunaannya harus terpisah jangan dicampur dengan pakaian lain yang tidak membutuhkan cairan pemutih.
  • Agar pakaian tidak terlalu kusut sebaiknya jangan menggunakan mesin pengering terlalu lama dan untuk menghindari air yang menetes dari pakaian kebas-kebaskan terlebih dahulu pakaian sebelum dijemur.

Artikel Terkait:

Cara Mencuci Pakaian Ala Laundry

Tentu rasanya ada saja yang kurang ketika Anda mencoba untuk mencuci sendiri, entah itu kurang bersih, kurang rapi ataupun kurang wangi. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan jika ingi hasil cucian Anda bersih dan wangi sempurna.

  • Sebelum mencuci pakaian tentunya pisahkan dulu pakaian berwarna dan pakaian putih.
  • Sebelum proses pencucian di mulai sebaiknya rendam dulu pakaian selama kurang lebih 10 menit. Jangan terlalu lama.
  • Setelah itu atur suhu air sesuai dengan kebutuhan dan mulailah proses mencuci dengan menambahkan detergen. Sebaiknya gunakan detergen yang lembut.
  • Masukkan ke mesin pengering sebelum proses pembilasan untuk membuang sisa-sisa sabun yang masih ada di serat kain.
  • Setelah itu proses pembilasan dilakukan sesuai dengan kebutuhan, yaitu jika ketika proses pembilasan pertama air bilasan masih terlihat keruh maka ulangi langkah nomer empat dan bilas kembali sampai benar-benar bersih.
  • Jika sudah benar-benar bersih lakukan pembilasan terakhir dengan menambahkan cairan pelembut dan pewangi pakaian. Proses ini tidak perlu lama-lama cukup 5 menit saja. Kemudian masukkan kembali ke dalam mesin pengering.
  • Ketika proses penjemuran jangan diletakkan di tempat yang terkena sinar matahari langsung karena pewangi dan pelembut pakaian yang tadi Anda tambahkan akan sia-sia saja karena akan hilang menguap.

Artikel Terkait:

Setelah proses mencuci selesai dan pakaian sudah benar-benar kering, segeralah setrika. Ketika prose menyetrika jangan lupa untuk menambahkan pewangi pakaian agar pakaian tetap wangi dan segar ketika nanti dikenakan.

Sponsors Link

Posted by · Tags: ala laundry, baju, cara mencuci, laundry