Cara mencuci baju agar tidak luntur sebenarnya tidak sulit dan sangat mudah asalkan Anda tahu bagaimana melakukannya dengan benar. Memang tidak mudah memprediksi apakah koleksi pakaian Anda ada yang luntur atau tidak oleh karena itu penting bagi Anda untuk mencuci secara terpisah pakaian yang baru saja Anda beli.

ads

Hal ini memberikan beberapa keuntungan dan diantaranya adalah Anda dapat mengetahui apakah pakaian tersebut luntur atau tidak dan selain itu Anda juga tidak akan pernah tahu dari mana saja pakaian itu berasal dan tidak tahu kuman atau bakteri apa saja yang menempel di sana. Dengan mencucinya secara terpisah Anda dapat menghindari koleksi pakaian Anda yang lain untuk ikut terkontaminasi. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut tentang bagaimana cara mencuci baju gar tidak luntur.

Artikel Terkait:

  1. Penting untuk membaca label setiap baju yang akan Anda cuci. Kalaupun tidak ada labelnya setidaknya Anda harus memahami jenis bahan pakaian dan kenali mana-mana saja pakaian yang mudah luntur jika dicuci.
  2. Pisahkan pakaian berwarna putih, pakaian berwarna dan pakaian yang mudah luntur sebelum Anda mencucinya jadi satu. Kebanyakan orang terlalu malas melakukan hal ini jadi sebaiknya siapkan keranjang baju kotor yang berbeda untuk masing-masing jenis pakaian sehingga ketika akan mencuci Anda tak perlu lagi memilah-milah pakaian yang kotor dan biasanya berbau tidak sedap. Cara tersebut jauh lebih praktis namun diperlukan komitmen dari seluruh anggota keluarga untuk memilah pakaian mereka sendiri kalau tidak percuma saja. (baca juga: Cara Membesihkan Setrika yang Lengket, Cara Membersihkan Setrika dengan Odol)
  3. Setelah itu siapkan mesin cuci Anda dan perhatikan suhu air serta jenis detergen yang akan digunakan. Mulailah mencuci pakaian sesuai dengan warnanya dan jangan digabung. Memang memerlukan waktu yang lebih lama namun proses ini akan membuat pakaian Anda lebih awet dan warna tidak pudar. Tapi jika Anda sudah terbiasa cara seperti ini justru membuat pekerjaan Anda menjadi lebih mudah apalagi jika poin nomer satu dan nomer dua dilakukan dengan benar hasilnya justru Anda dapat menghemat banyak waktu mencuci.
  4. Pakaian yang luntur sebaiknya dicuci paling akhir dan jika lunturnya parah sebaiknya dicuci secara tersendiri karena jika pakaian yang mudah luntur dicuci dengan pakaian yang juga sama-sama luntur maka warnanya akan luntur tambah parah dan akhirnya tidak bisa digunakan. (baca juga: Cara Menyetrika Agar Cepat Selesai, Cara Menyetrika Agar Licin)
    Sponsors Link

  5. Untuk mencegah pakaian tidak mudah luntur padahal memang bahannya gampang luntur, lakukan proses perendaman dan pencuciannya dengan cepat. Atur mesin cuci Anda pada mode cepat sehingga baju tidak berada di dalam air terlalu lama. Hal ini juga dapat menjaga baju yang mudah luntur tidak terlalu luntur sehingga warna alaminya tetap terjaga dan tidak cepat pudar.

Artikel Terkait:

Adapun hal-hal lain yang harus Anda perhatikan ketika mencuci baju dan agar tidak mudah luntur adalah ketika proses penjemuran. Sebaiknya selalu balik pakaian yang akan dijemur agar tidak terkena sinar matahari langsung karena sinar matahari dapat membuat pakaian cepat pudar. Selain itu tidak hanya proses mencucinya yang harus dipisahkan ketika menjemurpun harus dipisahkan karena tetesan warna yang luntur masih tetap dapat mempengaruhi baju yang lain. 

Sponsors Link

Artikel terkait:

Namun untuk menyetrikanya tidak perlu dibedakan yang penting ketika proses menyetrika dilakukan, pakaian Anda sudah benar-benar kering dan tidak lembab. Pakaian yang basah selain dapat mengundang ngengat dan jamur lebih mudah juga tidak sehat untuk kulit Anda karena dapat menyebabkan iritasi dan reaksi alergi terutama  bagi Anda yang memiliki jenis kulit yang agak sensitif.

Sponsors Link

Posted by · Tags: cara mencuci, luntur, mencuci, mencuci baju