Sebenarnya, cara mencuci baju agar wangi tidak jauh berbeda dengan cara mencuci baju dengan tangan atau mesin cuci pada umumnya. Hanya saja, memang ada beberapa hal yang membedakan dan mungkin bisa dibilang sebagai tambahan dari hanya sekedar mencuci baju.

ads

Mencuci baju memang tujuan utamanya agar supaya baju tersebut bersih dari noda dan kotoran yang menempel. Selain itu, mencuci baju juga bertujuan agar supaya baju tersebut tetap putih dan bersih. Namun sebenarnya, ada tujuan lain mengapa anda harus mencuci baju anda. Tujuan tersebut adalah untuk menjaga agar supaya baunya tetap wangi.

Hal inilah yang sering diabaikan oleh kebanyakan orang dimana mereka mencuci baju hanya sekedar untuk membuatnya bersih. Oleh sebab itu, berikut ini akan kami jelaskan perihal bagaimana langkah-langkah yang harus anda lakukan untuk membuat baju anda wangi setelah dicuci.

1. Pisahkan cucian anda

Langkah awal yang harus anda lakukan sebelum mulai mencuci baju adalah dengan memisahkan baju yang akan anda cuci. Pisahkan mana pakaian yang berwarna putih, maupun selain putih dan juga pisahkan jika ada pakaian dalam juga karena sebaiknya jangan mencuci pakaian dalam menjadi satu wadah dengan pakaian yang anda gunakan biasanya.

Memisahkan pakaian yang hendak akan anda cuci juga bertujuan untuk menghindarkan pakaian anda dari luntur karena tidak jarang pakaian putih akan membuat pakaian lain menjadi luncur ketika dijadikan satu.

2. Lakukan perendaman

Setelah anda memisahkan baju anda, maka langkah kedua yang harus anda lakukan adalah mulailah untuk melakukan perendaman. Lakukan perendaman selama kurang lebih 10 sampai 15 menit. Anda jangan sampai merendam pakaian anda terlalu lama.

Setelah 10 menit, maka mulailah anda menaburkan detergen pada pakain yang sedang anda rendam tersebut. Kami sarankan agar anda gunakan detergen yang memiliki tekstur lembut atau sebaiknya anda gunakan detergen cair. Alasan menggunakan detergen cair adalah untuk menghindari detergen menempel pada pakaian ketika anda menggunakan detergen bubuk.

3. Masukkan ke mesin pengering

Sebenarnya untuk cara ini bukan termasuk hal yang wajib anda lakukan. Namun jika anda ingin mendapatkan hasil yang lebih maksimal, maka tentu saja anda harus memasukkan baju anda tersebut ke dalam mesin pengering sebelum nanti anda bilas.

Tujuan dari memasukkannya ke mesin pengering adalah untuk membuang sisa detergen yang kemungkinan masih menempel pada cucian anda tersebut.

Sponsors Link

4. Bilas pakaian anda

Untuk pembilasan di sini biasanya tidak hanya dilakukan satu kali. Yang harus anda lakukan adalah dengan memperhatikan kondisi cucian anda. Jika ketika bilasan pertama dirasa airnya masih cenderung keruh dan anda melihat masih ada beberapa detergen yang keluar, maka lakukan bilasan kedua dan seterusnya sampai benar-benar bersih.

5. Tambahkan pewangi pakaian

Salah satu hal yang membedakan cara mencuci baju hingga wangi dengan cara mencuci baju pada umumnya adalah tidak ditambahkannya pewangi pakaian. Anda bisa menggunakan pewangi pakaian merk apapun, asalkan anda sudah memastikan bahwasanya merk tersebut memang terbukti membuat pakaian anda harum dalam waktu yang lama.

Yang harus anda lakukan adalah pada saat anda membilas pakaian terakhir kali, maka anda harus menambahkan pewangi pakaian. Cara lain yang juga bisa anda lakukan adalah dengan merendam pakaian anda kembali dan kemudian anda tambahkan pewangi pakaian. Jangan bilas dan langsung jemur pakaian anda sampai kering, namun tidak langsung berada di bawah sinar matahari.

Demikian cara mencuci baju agar wangi. yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link

Posted by · Tags: baju agar wangi, cara mencuci baju, mencuci baju