Cara mencuci baju batik bisa dibilang susah-susah gampang karena tergantung dengan jenis bahan dan jenis batiknya. Semakin lembut dan mahal bahan baju batik maka memerlukan perhatian yang lebih ekstra juga sementara cara merawat batik tulis juga akan berbeda dengan merawat baju batik cetakan. Namun Anda tidak perlu khawatir karena walaupun mungkin agak sulit dan berbeda dengan ketika Anda mencuci baju lainnya namun mencuci baju batik bisa Anda lakukan dari rumah sendiri tanpa harus menggunakan jasa laundry professional.

ads

Artikel Terkait:

Cara Mencuci Baju Batik Agar Awet

Mengenakan baju batik yang merupakan batik tulis akan memberikan prestige tersendiri karena memang biasanya baju batik tulis memiliki harga yang relatif lebih mahal dan dilukis di kain yang berkualitas seperti sutra ataupun katun kualitas bagus. Oleh karena itu perawatannya juga harus ekstra karena selain Anda harus tetap menjaga kualitas bahannya juga harus menjaga kualitas warna batiknya dan berikut adalah cara mencuci baju batik tulis agar awet dan tahan lama.

  1. Sebelum dicuci sebaiknya rendam batik tulis Anda terlebih dahulu dengan air dingin selama kurang lebih 10 – 15 menit. Jangan juga terlalu lama karena dapat merusak serat kain dan warnanya. (baca juga: Cara Menyetrika Yang Benar, Cara Menyetrika Agar Cepat Selesai)
  2. Kemudian posisikan mesin cuci Anda pada mode soft atau handwash sambil mengganti air rendaman batik tulis Anda.
  3. Setelah itu masukkan detergen cair dengan formula atau bahan yang lembut dan tidak akan merusak warna alami baju batik Anda. Oleh karena itu penting bagi Anda untuk tidak menggunakan detergen bubuk ataupun detergen yang mengandung bahan keras seperti amonia yang tak hanya dapat merusak warna baju batik Anda tapi juga serat kain.
  4. Cuci selama kurang lebih 15 menit saja, jangan terlalu lama memutar mesin cuci Anda karena tidak baik untuk serat kain batik Anda.
  5. Proses membilasnya juga tidak boleh lama-lama dan cukup dilakukan sebanyak satu kali saja untuk menjaga warna agar tidak pudar. (baca juga: Cara Merawat Setrika Agar Awet, Cara Membersihkan Setrika Yang Lengket)
  6. Sebaiknya jangan menggunakan mesin pengering pada mesin cuci Anda tapi kalau terpaksa juga jangan lama-lama asal kering saja.
  7. Kebas-kebaskan baju untuk menghilangkan kelebihan air di serat kain dan jemur di tempat yang terbuka tapi tidak terkena sinar matahari langsung yang dapat membuat pakaian batik Anda cepat pudar.

Artikel Terkait:

Sponsors Link

Cara Menyetrika Baju Batik

Setelah dicuci dan dijemur, pastikan baju batik tulis Anda sudah benar-benar kering ketika diangkat karena batik tulis biasanya dilukis di bahan yang terbuat dari serat alami untuk menjaga kualitas dan salah satu kelemahan pakaian yang terbuat dari bahan serat alami adalah sangat gampang dihinggapi ngengat apalagi ketika pakaian disimpan dalam keadaan lembab.

  1. Siapkan meja setrika dan mulai panaskan setrika pada suhu medium dan jangan terlalu panas.
  2. Siapkan selembar kain bersih karena sebaiknya panas setrika tidak langsung bersentuhan dengan batik tulis Anda karena dapat membuatnya cepat pudar.
  3. Setrikalah baju batik Anda dari bagian dalam dan bukan dari bagian luar.
  4. Setelah selesai sebaiknya baju batik Anda digantung dan dilapisi dengan plastik agar tidak mudah dihinggapi debu.
  5. Letakkan kapur barus di dalam lemari Anda hal ini tak hanya membantu menjauhkan pakaian Anda dari ngengat dan jamur tapi juga membuat pakaian Anda tetap awet.
Sponsors Link

Artikel Terkait:

Proses menyetrikanya bisa menggunakan jenis setrika listrik otomatis biasa ataupun menggunakan jenis setrika uap dan dua-duanya sama baiknya asalkan ketika Anda menggunakan setrika uap, pastikan ketika selesai menyetrika jangan langsung menyimpan pakaian di lemari tapi harus diangin-anginkan terlebih dahulu agar tidak lembab.

Sponsors Link

Posted by · Tags: batik, cara mencuci, mencuci baju, tips mencuci