Memiliki bayi memang merupakan keinginan setiap orang. Tidak heran jika bayi tersebut mau lahir dan sudah diketahui jenis kelaminnya, maka orang tua akan sangat semangat untuk membelikan baju bayi dengan berbagai motif dan harga, mulai dari yang murah sampai dengan yang mahal.

ads

Akan tetapi, terkadang orang tua kurang memperhatikan bahwa pada dasarnya baju bayi yang baru dibeli tidak disarankan untuk langsung dipakaian kepada bayi tersebut karena dikhawatirkan akan ada zat-zat berbahaya yang masih menempel.

Kali ini kami akan memberikan informasi mengenai bagaimana cara mencuci baju bayi baru beli yang harus anda perhatikan. Mencuci baju bayi memang bisa anda lakukan dengan cara manual maupun juga menggunakan mesin cuci.

Cara tersebut tentu bisa anda sesuaikan dengan kondisi anda, apakah anda pada waktu itu memiliki banyak waktu atau tidak. Khusus untuk baju bayi yang baru anda beli, anda tidak boleh sembarangan mencuci baju bayi karena kain baju untuk bayi cenderung lebih lembut dan mudah pudar jika dibandingkan dengan baju orang dewasa.

Maka dari itu, penting bagi anda untuk mempelajari tentang seperti apa cara mencuci baju bayi yang baru anda beli sekaligus dengan bagaimana cara anda ketika ingin menyetrikanya.

Namun sebelum itu, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan ketika anda ingin mencuci baju bayi yang akan kami jelaskan di bawah ini:

  • Karena kulit bayi sangat sensitif, maka kami sarankan agar anda benar-benar berhati-hati ketika mencuci baju bayi anda tersebut, salah satunya tidak menggunakan sabun cuci yang terlalu banyak.
  • Anda tidak disarankan untuk mencampurkan pakaian atau baju bayi anda dengan baju orang dewasa pada saat anda ingin mencucinya. Alasannya adalah karena anda tidak tahu apa saja yang kiranya menempel pada baju orang dewasa tersebut.
  • Selain itu, anda harus mencuci baju bayi dengan lembut karena seperti anda tahu bahwa tidak sedikit baju bayi yang dibuat dengan menggunakan bahan katun. Dan ketika anda menyetrikanya pun anda harus benar-benar melakukan cara menyetrika yang benar agar tidak merusak kainnya.
  • Jangan lupa, setelah anda mencuci baju bayi, maka anda harus segera mencucinya karena hal ini merupakan hal yang wajib anda lakukan. Alasannya karena panas yang ada pada setrika tersebut membantu di dalam mensterilkan pakain atau baju bayi anda tersebut. Anda bisa menggunakan setrika listrik otomatis dalam hal ini untuk menyetrika bajunya.

Cara Mencuci Baju Bayi Baru Beli

Sebenarnya, mencuci baju bayi baru beli maupun yang sudah lama digunakan tidak jauh berbeda karena memang pada dasarnya yang terpenting anda harus memastikan bahwa tidak ada kuman, bakteri, maupun zat-zat lainnya yang menempel pada baju bayi yang kemudian bisa menyebabkan ia mengalami iritasi kulit.

Adapun langkah-langkah yang harus anda lakukan adalah seperti penjelasan kami di bawah ini:

  • Pertama, anda harus memisahkan terlebih dahulu antara baju bayi anda dengan baju anda. Pemisahan tersebut harus anda lakukan, baik berdasarkan warna dan jenis, agar supaya tidak ada baju yang memiliki warna berbeda terus kemudian anda cuci.
  • Kedua, bagi anda yang mencucinya dengan cara manual, maka anda bisa merendam baju bayi tersebut ke dalam baskom selama kurang lebih 15 menit. Disarankan untuk mencucinya dengan menggunakan air hangat agar supaya kuman dan bakterinya bisa mati.
Sponsors Link

  • Ketikga, anda masukkan baju bayi tersebut kedalam baskom lain yang juga sudah anda siapkan dengan menggunakan air hangat dan telah anda campur dengan detergen cair. Kami sarankan agar anda tidak menggunakan deterjen bubuk karena dikhawatirkan nantinya malah terselip ke dalam baju bayi anda yang nantinya malah bisa menimbulkan terjadinya iritasi.
  • Keempat, anda harus merendamnya kembali selama kurang lebih 15 menit sambil nanti anda menguceknya secara perlahan-lahan secara satu persatu. Yang harus anda ingat adalah anda tidak perlu menguceknya secara berlebihan karena dikhawatirkan bisa merusak kain baju tersebut.
  • Kelima, untuk menjaga serta  bajunya, kami sarankan agar anda tidak sampai memerasnya, namun hanya cukup anda kibaskan saja dan kemudian anda tinggal langsung menjemurnya.
  • Terakhir, setelah kering, maka anda hanya tinggal mengangkatnya, kemudian anda angin-anginkan sebentar dan langsung anda setrika.

Itulah penjelasan dari kami mengenai bagaimana cara mencuci baju bayi baru beli. Semoga bermanfaat dan dapat membuat anda lebih waspada bahwa ketika anda membeli baju bayi, anda tidak disarankan untuk menggunakannya terlebih dahulu, melainkan anda harus mencucinya dan kemudian menyetrikanya.

Sponsors Link

Posted by · Tags: cara mencuci baju, mencuci baju bayi