Kita tahu bahwa baking soda merupakan salah satu bahan yang berfungsi untuk membuat kue menjadi mengembang. Namun siapa sangka jika bahan ini juga bisa digunakan untuk mencuci pakaian sehingga membuat pakaian tidak kusam dan bersih.

ads

Selain itu, mencuci menggunakan baking soda juga terbilang praktis asalkan anda memahami betul apa saja langkah-langkah yang akan kami jelaskan di bawah ini. Maka dari itu, silahkan simak penjelasan kami mengenai bagaimana cara yang harus anda lakukan ketika ingin mencuci baju menggunakan baking soda.

1. Siapkan bahan yang diperlukan

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah menyiapkan bahan-bahan yang anda perlukan untuk proses pencucian ini. Tentunya bahan-bahan tersebut seperti baju yang akan dicuci, air secukupnya, ember, dan tentunya anda harus menyiapkan baking soda.

Anda bisa membeli baking soda di toko atau kios yang menjual bahan-bahan pokok yang ada di sekitar anda.

2. Pisahkan pakaian

Setelah anda menyiapkan bahan, maka anda harus mulai memisahkan mana baju yang akan anda cuci dengan baking soda dan mana yang tidak. Tidak semua baju bisa and acuci menggunakan baking soda. Baju yang biasanya dicuci dengan baking soda adalah baju putih.

Maka dari itu, anda pisahkan baju putih dari tumpukan baju lainnya. Pastikan takaran baking soda dan baju yang anda cuci sudah pas agar supaya tidak sampai terlalu banyak.

3. Rendam baju

Cara ketiga yang harus anda lakukan adalah dengan mulai proses perendaman. Anda bisa melakukan dua cara di sini. Yang pertama, anda bisa memasukkan baju-baju anda ke dalam air dan kemudian anda tuangkan baking soda. Yang kedua, anda bisa memasukkan baking soda ke dalam air rendaman dan anda aduk. Kemudian barulah anda masukkan baju yang akan anda cuci.

Tunggu proses perendaman tersebut selama kurang lebih 10 sampai dengan 15 menit. Dengan begitu, maka noda atau hal-hal yang membuat baju anda kusam akan terangkat. Jangan lupa untuk sesekali mengaduk baju anda agar baking soda bisa meresap sempurna untuk mengangkat noda-noda di pakaian anda. Sesekali bisa anda selingi dengan menguceknya.

4. Proses pembilasan

Sebelum anda mulai ke proses penjemuran, anda harus mengangkat baju anda tersebut dan bisa langsung membilasnya. Namun, anda bisa melakukan cara yang lainnya yakni dengan memasukkannya ke air rendaman lagi yang berisi pewangi pakaian. Tujuannya untuk membuat pakaian anda wangi.

5. Proses penjemuran

Cara mencuci baju dengan baking soda yang terakhir adalah proses penjemuran. Setelah anda bilas baju dengan bersih dan pastikan tidak ada noda, maka anda tinggal langsung menjemurnya.

Jemur pakaian anda di bawah terik matahari. Namun, jika kainnya tipis maka anda bisa langsung mengangkat jemuran anda ketika sudah kering agar supaya tidak merusak kainnya. Namun jika kainnya tebal, maka anda bisa membiarkannya agar bisa benar-benar kering.

Sponsors Link

Posted by · Tags: baking soda, cara mencuci baju, mencuci baju