Apakah anda sudah mengetahui bagaimana cara menyetrika yang benar? Jika sudah, maka kali ini kami akan membagikan informasi mengenai bagaimana cara mencuci baju glitter yang benar agar tidak rusak. Glitter memang merupakan bagian yang akan memperindah tampilan baju anda, namun ternyata aksesoris yang satu ini juga terkenal mudah lepas jika anda tidak memahami bagaimana cara perawatan yang benar.

ads

Biasanya glitter yang terlepas dari baju akan coba ditempelkan kembali dengan menggunakan hairspray. Meskipun begitu, ketika orang tersebut mencuci baju yang ada glitternya tersebut, maka secara tidak sadar glitternya kembali terlepas.

Oleh sebab itu, perlu untuk memahami bagaimana cara yang haru anda lakukan ketika anda ingin mencuci baju yang ada glitternya yang sebenarnya cara-cara seperti ini sama halnya dngan cara mencuci kebaya payet yang beberapa waktu yang lalu sudah kami bahas untuk anda.

1. Cucilah dengan menggunakan tangan

Banyak orang yang lebih memilih mencuci baju dengan menggunakan mesin cuci karena hemat tenaga dan tidak memakan waktu yang lama. Hal ini tentu saja tidak ada masalah, terlebih lagi jika orang tersebut memiliki cucian yang menumpuk.

Akan tetapi, perlu diketahui bahwasanya jika anda memiliki baju gliiter, maka mencuci dengan menggunakan mesin cuci merupakan pilihan yang jelas salah. Ketika anda memasukkan baju glitter anda kedalam mesin cuci, anda tidak bisa mengontrol kekuatan dari mesin cuci tersebut yang mana jika anda tidak memperhatikan, maka glitter di baju anda bisa terlepas.

Oleh sebab itu, kami sarankan agar anda lebih menggunakan tangan ketika ingin mencuci baju glitter karena cara ini tidak akan merusak glitter anda asalkan anda juga harus melakukannya dengan perlahan-lahan. Cara ini juga berlaku bagai anda yang memiliki baju tenun seperti yang ada pada cara mencuci kain tenun yang sudah kami bahas sebelumnya.

2. Cucilah dengan air dingin

Cara yang kedua ketika anda ingin mencuci baju glitter adalah anda harus mencucinya dengan menggunakan air dingin. Mungkin masih ada beberapa dari anda yang belum mengetahui bahwa jenis air yang digunakan dapat memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap baju yang ingin dicuci.

Berbeda dengan cara mencuci baju putih yang bisa meskipun dengan menggunakan air hangat, mencuci baju glitter malah sangat tidak dianjurkan dengan menggunakan air hangat. Mengapa? Karena air hangat hanya akan membuat glitter anda rontok karena suhu panas yang dimilikinya.

Maka dari itu, jika anda ingin mencuci baju glitter anda, baik ketika anda mencuci sendiri maupun anda cucikan kepada orang lain seperti cara mencuci ala laundry, maka anda harus memastikan bahwa air yang digunakan adalah air dingin dan bukan air hangat.

3. Jangan menggunakan sikat

Selain anda harus mencucinya dengan menggunakan tangan, anda tidak boleh mencuci baju glitter dengan menggunakan sikat ketika anda ingin membersihkan kotoran atau noda yang membandel. Alasannya tentu anda sudah tahu bahwa jika anda menggunakan sikat, maka yang ada malah glitter-glitter tersebut akan rontok atau terlepas dari baju anda.

Jika anda menemukan noda yang membandel, maka kami sarankan agar anda berhati-hati ketika ingin menghilangkannya dan kami sarankan agar anda masih tetap menggunakan tangan dibandingkan harus menggunakan alat-alat lain seperti misalnya sikat. 

Sponsors Link

4. Jangan sering dicuci

Baju gliiter bukan merupakan tipe baju yang diperbolehkan untuk sering dicuci. Meskipun anda mencuci baju glitter dengan sangat berhati-hati dan benar-benar menerapkan tips yang telah kami jelaskan sebelumnya, namun semakin sering anda cuci, maka ketahanan glitternya akan semakin lemah sehingga kemudian akan membuat glitter terlepas dari baju anda.

Maka dari itu, baju glitter bukan merupakan tipe baju yang bisa anda gunakan setiap saat dan bukan digunakan untuk menghadiri atau melakukan kegiatan yang menuntut anda mengeluarkan energi lebih karena otomatis harus membuat baju glitter anda sering dicuci.

Sebaliknya, baju glitter hanya digunakan untuk acara-acara tertentu seperti menghadiri pernikahan, fashion show, maupun kegiatan lainnya. Setelah anda gunakan, maka anda hanya perlu meletakkannya di lemari anda dengan cara digantung dan bukan langsung anda lipat atau malah anda gulung.

5. Sebelum dicuci, semprot dengan hairspray

Seperti yang sudah kami jelaskan di awal bahwa menyemprot dengan menggunakan hairspray akan sangat bermanfaat untuk membuat glitter tetap lengket sehingga ketika dicuci tidak sampai terlepas. Dengan menyemprotkan hairspray sesaat sebelum anda mencuci baju glitter anda, maka hairspray tersebut akan memberikan perlindungan sehingga ketika dicuci, resiko glitter lepas pun akan bisa dikurangi.

Itulah penjelasan yang bisa kami berikan kepada anda mengenai bagaimana cara mencuci baju glitter agar tidak lepas. Semoga informasi ini bermanfaat. Terimakasih.

Sponsors Link

Posted by · Tags: baju glitter, cara mencuci baju, mencuci baju glitter