Baju putih seperti halnya outware lainnya yang berwarna putih selalu menjadi favorit karena sangat mudah dipadu-padankan dengan warna apapun. Dan warna putih selalu terlihat exclusive walau bukan keluaran merk terkenal. Dan satu lagi, warna putih adalah warna yang melambangkan kesucian sehingga sering digunakan di acara-acara sakral seperti pernikahan.

ads

Namun kadangkala baju warna putih menjadi kusam akibat salah dalam merawatnya. Warna putih yang semula cemerlang berubah menjadi kekuning-kuningan. Tentu saja jika sudah begini, anda tidak akan percaya diri menggunakannya. Bukannya keren, malah sebaliknya penampilan anda akan terlihat kucel. Kalau begitu sudah saatnya anda untuk membeli baju putih yang baru. Namun masalahnya adalah baju putih itu modelnya sangat anda sukai dan pas dibadan anda, untuk mencari yang sama atau mirip-mirip tentu sangat sulit.

Anda tidak perlu khawatir, ada kok solusinya. Anda hanya tinggal mencucinya dengan menggunakan baking soda. Baking soda untuk membuat kue? ya betul sekali! Caranya pun mudah, berikut uraiannya:

  1. Langkah pertama lakukan perendaman selama minilam 30 menit dengan menggunakan kira-kira 4 liter air yang dicampur dengan 1/2 cangkir baking soda (anda bisa menggunakan cangkir untuk menyajikan teh atau kopi sebagai ukuran).
  2. Jika baju putih anda bau, maka gunakan air hangat plus baking soda untuk merendamnya. Air hangat akan membunuh bakteri-bakteri penyebab bau.
  3. Jika ada titik noda membandel, anda bisa membuat pasta dari baking soda. Campurkan satu sendok makan baking soda dengan air hingga menjadi pasta. Oleskan pada noda yang membandel dan diamkan selama 15 menit. Kucek perlahan dengan lembut noda tersebut hingga hilang. Cara ini tidak berlaku untuk kain-kain halus seperti sutra dan satin serta kain halus lainnya.
  4. Selanjutnya anda bisa mencuci baju putih tersebut dengan menggunakan mesin cuci. Masukan semua pakaian putih kedalam mesin cuci, tembahkan deterjen, biarkan air masuk. Ketika mesin cuci hampir terisi penuh, masukkan 1/2 cangkir baking soda. Jika cuciannya banyak, anda bisa menambah baking sodanya menjadi 1 cangkir.
  5. Jika sudah selesai, jemurlah baju putih anda dibawah sinar matahari hingga kering.

Ada satu hal yang perlu anda ketahui, ketika anda mencuci baju putih anda dengan menggunakan baking soda, beberapa hal menguntungkan akan terjadi dan tidak anda sadari. Apakah itu?

  • Baking soda membuat PH air menjadi seimbang, hal ini akan membuat cucian dan mesin cuci anda bersih.
  • Baking soda dapat mengurangi busa deterjen dengan cepat.
  • Baking soda  baik bagi bumi kita tercinta karena ramah lingkungan.
  • Baking soda dapat membuat cucian anda menjadi lembut.
  • Baking soda selain membersihkan noda pada cucian, juga membersihkan noda-noda pada mesin cuci.

Ternyata banyak sekali manfaat baking soda selain untuk membuat kue. Anda masih penasaran dengan cara lain? Banyak kok cara mudah mencuci baju putih, asal anda telaten maka hasilnyapun tidak akan mengecewakan. Baju putih yang cemerlang memang dambaan setiap orang, oleh karena itu anda harus rajin merawatnya dari semenjak pertama anda memakainya.

Sponsors Link

Posted by · Tags: baju putih, baking soda, cara mencuci