encuci baju merupakan kegiatan yang wajib dilakukan ketika baju yang dikenakan sudah terlihat kotor, apalagi jika bajunya tersebut berwarna putih. Perlu anda tahu bahwa mencuci baju putih memang sekilas mudah.

ads

Padahal, cara mencucinya tidak sama dengan mencuci baju pada umumnya. Bahkan, cara anda meletakkan baju putih anda sehabis dicuci tidak bisa sembarangan karena dikhawatirkan malah bisa kelunturan warna dari baju lain yang juga pada waktu itu sedang anda cuci. Salah satu cara ketika anda mencuci baju adalah dengan menggunakan sitrun.

Sitrun memang merupakan bahan yang bermanfaat untuk memutihkan baju. Tidak heran jika setelah diberikan sitrun, maka baju anda akan terlihat lebih cemerlang dan bahkan lebih putih dibandingkan sebelumnya. Lalu bagaimana caranya? Silahkan simak penjelasan di bawah ini.

1. Pisahkan cucian anda

Sebelum anda mulai mencuci, pastikan anda sudah memisahkan baju putih anda dengan pakaian lain yang akan anda cuci juga. Seperti yang sudah kami jelaskan bahwa anda tidak bisa meletakkan baju putih yang baru anda cuci menjadi satu dengan baju anda yang lainnya karena bisa menyebabkan baju putih anda terkena lunturan warna.

Meskipun baju anda tidak luntur, namun tetap saja warna putihnya akan terkesan kurang begitu mengkilap. Selain itu, anda juga harus ingat bahwa yang anda cuci dengan menggunakan sitrun adalah baju putih dan bukan pakaian anda yang memiliki warna selain putih.

2. Rendam baju anda

Setelah anda selesai memilih baju, maka anda rendam baju putih anda di dalam air yang sudah anda siapkan sebelumnya. Anda tidak perlu menggunakan air hangat untuk proses perendaman ini. Sebelum merendam, anda bisa menaburkan bubuk sitrun secukupnya.

Namun anda juga bisa memberikan sitrun setelah anda selesai memasukkan baju anda untuk direndam. Waktu perendaman tergantung seberapa kotor atau kusam baju anda. Untuk waktu normalnya mungkin 15 sampai dengan 20 menit atau bisa juga lebih dari itu.

3. Kucek baju anda

Pakaian harus dikucek dan masih tetap di dalam air rendaman yang sudah anda gunakan untuk merendam baju tersebut. Anda kucek semua bagian, khususnya bagian yang terdapat noda, bekas keringat, maupun juga area yang terlihat masih kusam.

Kucek sampai anda merasa bahwa semuanya sudah bersih dan kemudian anda rendam kembali di air tersebut. Biasanya, proses ini membutuhkan pengulangan sampai 3 kali atau mungkin lebih.

4. Bilas dengan air bersih

Anda harus mengangkatnya dari air rendaman untuk anda bilas. Bilas dengan air bersih sampai anda memastikan bahwa semua noda sudah hilang dan mengalir bersamaan air yang anda bilas.

Jika ternyata anda masih melihat noda, maka anda bisa merendam dan menguceknya kembali. Anda juga bisa menggunakan sikat namun harus anda lakukan dengan berhati-hati.

5. Jemur pakaian

Cara mencuci baju putih dengan sitrun yang terakhir adalah anda tinggal menjemur pakaian anda tersebut. Jemur di bawah sinar matahari dan jangan sampai terlalu lama agar kainnya tidak terkesan terlalu kaku.

Sponsors Link

Posted by · Tags: cara mencuci baju, mencuci baju putih, mencuci dengan sitrun