Sablon adalah salah satu dari sekian banyak teknik menggambar di baju yang sampai saat ini masih sering digunakan. Sebenarnya dua cara di dalam menyablon, yakni dengan cara manual maupun juga digital.

ads

Terlebih lagi, sablonnya sendiri memiliki beragam jenis, mulai dari sablon yang hanya menggunakan tekstil sampai dengan sablon yang menggunakan karet atau yang lebih kita kenal dengan sebutan sablon rubber.

Khusus untuk sablon rubber, anda harus memhamai bagaimana cara mencuci baju sablon rubbet sebelum anda ingin membeli baju tersebut, termasuk juga anda harus mengetahui bagaimana cara menyetrika baju sablon agar supaya anda tidak sampai membuat kualitas sablon pada baju anda menjadi menurun.

Merawat baju sablon rubber maupun yang menggunakan tekstil sebenarnya tidak terlalu ribet, asalkan anda paham dan bisa membiasakan diri untuk menerapkan cara-cara tersebut.

Maka dari itu, di bawah ini kami akan memberikan penjelasan kepada anda mengenai bagimaan cara untuk mencuci baju sablon rubber atau karet yang sekaligus anda juga harus paham tentang cara praktis menyetrika baju sablon bagi anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk menyertrikanya.

1. Jangan mencuci dengan mesin cuci

Cara pertama yang harus anda terapkan ketika ingin mencuci baju sablon karet atau rubber adalah anda jangan sampai mencucinya menggunakan mesin cuci. Hal ini dikarenakan kebiasaan mencuci sablon menggunakan mesin cuci bisa menyebabkan kainnya menjadi melar yang tentu saja akan membua sablon pada baju nantinya juga melar.

Kami menyarankan agar anda lebih baik mencuci baju sablon rubber anda tersebut dengan manual yakni dengan menggunakan tangan karena nanti anda mengontrol dan melihat apakah sablon pada baju anda masih terjaga kualitasnya atau tidak. Meskipun begitu, anda pun juga harus mencucinya secara berhati-hati.

Namun, bagi anda yang tetap ingin mencuci baju sablon tersebut dengan menggunakan mesin cuci, maka kami menyarankan agar supaya anda hanya menaruh baju sablon ke dalam mesin cuci tanpa tercampur dengan baju yang lainnya meskipun memiliki warna yang sama.

Selain itu, kami juga menyarankan agar kemudian anda menaikkan jumlah atau level air dari yang seharusnya disarankan oleh mesin cuci. Hal ini membantu untuk mencegah agar baju sablon anda tidak sampai tertarik antara yang satu dengan yang lainnya.

2. Jangan merendam lebih dari 30 menit

Merupakan sebuah kebiasaan beberapa orang ketika mencuci baju, ia kemudian merendamnya dan dilanjut dengan melakukan aktivitas yang lainnya. Untuk beberapa model atau jenis baju, hal seperti ini mungkin tidak akan memberikan dampak yang signifikan. Namun bagi anda yang memiliki baju sablon rubber, kami sarankan agar anda tidak membiasakan untuk merendam baju anda lebih dari 30 menit.

Jika anda melakukannya, maka tentu saja warna atau motif pada sablon anda tersebut akan semakin lama semakin menurun. Hal ini yang kemudian bisa membuat sablon rubber tersebut menjadi kurang menarik. Bahkan, untuk kasus yang parah malah bisa membuat sablon rubber tersebut menjadi rusak.

Maka dari itu, jika anda memang ingin merendamnya, jangan sampai melebihi 30 menit atau lebih baik anda rendam selama 15 menit, kamudian anda kucek secara perlahan dan lalu bilas.

Merendam baju yang tidak terlalu lama juga bisa menjadi salah satu tips agar baju tidak bau apek saat musim hujan yang mungkin bisa anda terapkan juga untuk baju sablon anda tersebut.

Sponsors Link

3. Menggunakan sabun cuci yang lembut

Sama halnya ketika anda ingin mempelajari cara mencuci baju glitter maupun juga cara mencuci kebaya payet, anda juga harus menggunakan sabun yang lembut ketika ingin mencuci baju sablon rubber anda.

Salah satu alasan mengapa kami menyarankan agar anda lebih baik menggunakan sabun cuci yang lembut adalah agar nantinya tidak sampai merusak kualitas dari sablon tersebut karena dikhawatirka bahan-bahan yang ada di dalam sabun cuci anda malah bisa membuat sablonnya menjadi rontok atau luntur.

Bukan hanya itu saja, ketika anda mengucek atau mencuci dengan menggunakan tangan, anda juga tidak boleh menguceknya dengan keras karena hal ini juga bisa menjadi pemicu rusaknya sabon rubber anda tersebut.

4. Balikkan ketika di jemur

Cara mencuci baju sablon rubber yang terakhir adalah anda harus membalikkan baju tersebut ketika anda hendak menjemurnya. Hal lain yang juga harus anda perhatikan adalah jangan sampai anda terlalu lama menjemur baju anda tersebut yang nantinya bisa merusak kualitas dari sablon maupun juga warnanya.

Ketika anda merasa bahwa sudah benar-benar kering, maka segera angkat jemuran anda tersebut dan segera disetrika. Jangan pernah mengangkat atau bahkan menyetrika baju sablon ketika kondisi masih belum kering karena ketika disetrika, dikhawatirkan panas yang berasal dari setrika bisa merusak kain dan merontokkan sablon.

Sponsors Link

Posted by · Tags: baju sablon rubber, cara mencuci baju, mencuci baju sablon