Cara mencuci bantal harus disesuaikan dengan isi bantalnya dan hampir sama dengan cara mencuci boneka, saat ini kebanyakan isi bantal terbuat dari bahan dakron dan silikon jadi pastikan Anda mengetahui isi bantal Anda sebelum Anda memutuskan untuk mencucinya. Walaupun sudah jarang ditemukan, tapi ada juga beberapa orang yang masih menggunakan bantal berisi busa dan kapas, nah bantal jenis itu tidak seharusnya dicuci karena kapas tidak boleh terkena air dan kalau sudah terkena air susah kering dan justru mengeras sehingga bantal tak lagi lembut dan malah menjadi keras. Sementara busa juga tidak mudah kering dan kalau sudah terkena air, busa justru bisa mengempes sehingga bantal hampir tidak ada fungsinya lagi karena bantal yang nyaman harusnya berbahan yang lembut dan nyaman untuk kepala.

ads

Artikel Terkait:

Langkah-langkah Yang Harus Anda Lakukan Sebelum Mencuci Bantal

Untuk lebih jelas mengenai langkah yang harus Anda persiapakan sebelum mencuci bantal adalah sebagai berikut:

  • Cek isi bantal Anda karena beberapa isi bantal tidak seharusnya dicuci seperti yang sudah disebutkan di atas.
  • Setelah itu seperti tips penting cara mencuci boneka yang benar Anda juga harus cek kondisi bantal apakah ada lubang atau bagian yang robek karena ditakutkan ketika proses mencuci berlangsung, isi bantal justru keluar dan akhirnya tak hanya merusak bantal tapi juga merusak bantal yang lain yang juga sedang dicuci bersama-sama.
  • Periksa petunjuk pencucian yang biasanya ada pada beberapa merk bantal, jika ada bisa Anda ikuti dan kalau tidakpun tidak perlu khawatir, beberapa langkah di bawah ini akan membantu Anda mencuci bantal dengan benar.

Artikel Terkait:

Cara Mencuci Bantal dengan Benar

Bantal memang harus dicuci secara teratur. Hal ini tak hanya membuat kondisi bantal menjadi lebih tahan lama tapi juga dapat menjamin bahwa bantal akan terbebas dari bakteri, jamur dan tentunya kuman penyakit sehingga Anda dapat memberikan perlindungan tambahan terhadapa kesehatan Anda dan keluarga Anda. Berikut adalah cara tepat mencuci bantal yang harus Anda ketahui:

  • Siapkan air hangat pada baskom yang cukup besar agar bantal terendam seluruhnya.
  • Gunakan detergen yang ringan seperti cara mencuci baju bayi yang baru lahir yaitu sebaiknya gunakan detergen cair karena ditakutkan detergen bubuk justru menempel di serat-serat kain yang justru dapat menyebabkan iritasi pada kulit.
  • Rendam bantal dalam air hangat yang sudah diberi detergen selama kurang lebih 30 menit.
  • Setelah itu masukkan ke dalam mesin cuci pada mode soft atau handwash, putar selama kurang lebih 10 – 15 menit.
  • Keringkan menggunakan mesin pengering dan bilas. Minimal ulang langkah tersebut sebanyak tiga kali untuk memastikan detergen benar-benar bersih dari serat-serat isi pada bantal.
  • Boleh juga memasukkan bola tenis ketika proses mengeringan karena itu dapat membantu menjaga bentuk bantal ketika proses mengeringan.
  • Seperti cara mencuci jaket parasut yang benar, jangan sekali-sekali memeras bantal cara manual karena hal itu justru dapat merusak bentuk bantal yang harusnya lembut.
  • Setelah itu segera keringkan bantal tapi jangan dijemur dibawah sinar matahari langsung karena hal itu dapat membuat isi bantal mengeras dan akhirnya bantal tak lagi nyaman digunakan.

Artikel Terkait:

Satu hal yang harus Anda pastikan ketika proses menjemur bantal sama dengan cara mencuci jaket bahan polyester yaitu bantal harus benar-benar kering sempurna karena kalau tidak hanya akan menjadi sarang jamur dan bakteri. Karena memang tidak mudah memastikan bantal sudah kering sempurna jadi setelah dicuci dan dijemur sebaiknya jangan langsung digunakan tapi lakukan penjemuran selama beberapa kali dalam beberapa hari sebelum bantal digunakan kembali.

Sponsors Link

Posted by · Tags: bantal, cara mencuci