Ada banyak jenis dan macam bantal yang dijual. Salah satunya berbentuk boneka. Biasanya, orang menggunakan bantal boneka ini ketika berada di kendaraan. Namun ada juga yang tetap menjadikannya sebagai bantal ketika tidur di rumah.

ads

Meskipun begitu, penggunaan bantal juga harus diperhatikan mengenai perawatannya. Anda tidak mungkin menggunakan bantal boneka kesayangan anda tersebut dalam waktu yang lama tanpa berpikir untuk mencucinya. Di bawah ini kami akan menjelaskan tentang bagaimana cara mencuci bantal boneka ketika anda menggunakan tangan.

1. Cek kondisi bantal anda

Langah awal yang harus anda lakukan adalah dengan mengecek kondisi bantal anda tersebut. Maksudnya, anda harus melihat bagimana mana saja yang nantinya akan anda cuci. Selain itu, anda juga harus melihat apakah bantal anda terdapat lubang atau tidak. Jangan sampai anda langsung mencucinya padahal sebenarnya bantal boneka anda tersebut memiliki lubang.

Anda juga bisa memeriksa aturan pencucian bantal anda jika memang disertakan pada saat anda membeli bantal boneka. Dengan begitu, anda bisa mengetahui apa saja hal-hal yang diperbolehkan dan tidak diperbolehkan ketika anda mencucinya.

2. Siapkan bahan-bahan

Langkah kedua yakni anda harus mulai menyiapkan beberapa bahan yang dibututhkan untuk mencuci bantal. Beberapa bahan tersebut seperti sabun, air secukupnya, ember jika diperlukan, dan tentunya bantal boneka yang akan anda cuci. Namun, jika bantal boneka anda berukuran besar, maka anda tidak bisa menggunakan ember dan disarankan menggunakan bak dari plastik.

Selain itu, pastikan bahwa sabun yang anda gunakan memang sabun yang digunakan untuk mencuci bantal atau pakaian yang berkain halus. Disarankan untuk lebih menggunakan sabun cair dibandingkan dengan menggunakan sabun bubuk. Tujuannya adalah untuk menghindarkan bekas sabun ketika anda selesai mencucinya.

3. Rendam bantal boneka

Langkah ketiga yakni mulailah anda merendam bantal anda. Anda bisa merendamnya di ember jika memang ukurannya tidak terlalu besar. Namun jika ukuran bantal anda besar, anda bisa merendamnya di bak. Jangan lupa untuk memasukkan sabun cair ketika anda merendamnya. Waktu perendamannya kurang lebih selama 30 menit.

4. Cuci bantal anda

Setelah direndam, maka anda harus mulai mencuci bantal anda tersebut. Anda tidak perlu terlalu keras ketika mencucinya. Yang terpenting sabun cuci anda masuk ke dalam bantal dan usahakan tidak ada kotoran atau noda lain yang membekas. Tidak perlu mencucinya dengan menggunakan sikat karena kain bantal tipis sehingga dikhawatirkan malah menyebabkan robek.

5. Jemur bantal boneka

Terakhir, anda tinggal menjemurnya. Anda bisa menjemurnya langsung dibawah sinar matahari. Namun jangan biarkan terlalu lama karena dikhawatirkan malah melunturkan warnanya.

Demikian penjelasan tentang bagaimana cara mencuci bantal boneka dengan tangan. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link

Posted by · Tags: cara mencuci bantal, mencuci bantal boneka, mencuci dengan tangan