Cara mencuci bantal dacron tentunya berbeda dengan cara mencuci batal yang pada umumnya berisi kapas ataupun bulu unggas. Namun ternyata mencuci bantal yang berisi dacron jauh lebih praktis dan mudah dibandingkan dengan bantal yang isinya adalah kapas ataupun bulu unggas. Jadi tidak heran kalau bantal berisi dacron biasanya dijual dengan harga yang jauh lebih mahal karena selain tahan lama, perawatannya seperti cara mencucinya sangatlah tidak sulit. Selain itu dibandingkan dengan bantal berisi kapas ataupun bulu unggas, bantal dacron tidak mudah dihinggapi oleh bakteri ataupun jamur karena tidak seperti kapas dan bulu unggas yang tergolong dalam bahan organik, bahan dacron lebih bersifat sintetis sehingga lebih sehat.

ads

Artikel Terkait:

Cara Mencuci Bantal Dacron dan Perawatannya

Alasan kebanyakan orang mulai memilih untuk menggunakan bantal dacron tak hanya karena bantal ini sehat tapi juga karena mencuci bantal dacron dan perawatannya tergolong sangat mudah. Bantal dacron bisa dicuci menggunakan mesin cuci dengan siklus singkat dan langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Perhatikan label bantal dacron yang Anda miliki untuk memastikan bahwa bantal dacron boleh dicuci basah dengan cara manual atau boleh juga dengan mesin cuci.
  • Sama seperti halnya cara mencuci boneka dengan mesin cuci, sebelum mencuci bantal dacron juga perlu untuk mengecek seluruh bagian bantal dacron dan pastikan tidak terdapat lubang karena ditakutkan ketika proses pencucian bagian isi dacron juga keluar dan akhirnya bantal rusak dan tidak bisa digunakan.
  • Siapkan air dalam mesin cuci.
  • Atur suhu air pada suhu hangat lebih disarankan dan boleh menggunakan mesin cuci buka atas dan masukkan bantal secara vertical dengan catatan seluruh bagian bantal terendam air.
  • Masukkan detergen dengan formula lembut, disarankan menggunakan detergen cair.
  • Putar mesin cuci dengan siklus singkat antara 5 – 10 menit.
  • Bilas bantal dacron sampai benar-benar bersih atau tidak ada lagi busa sabun yang tertinggal.
  • Proses pemerasan bantal dacron juga sama dengan cara mencuci boneka yaitu sebaiknya dilakukan secara manual tanpa mesin pengering dengan cara ditekan-tekan karena ditakutkan proses pengeringan akan memelintir bantal yang nantinya justru dapat merusak dacron.
  • Jemur bantal dacron sambil diguncang-guncang dan ditepuk-tepuk setiap satu jam sekali. Tujuannya adalah untuk mengembalikan bantal dacron kebentuk semula setelah proses pencucian.
  • Perlu untuk diingat yaitu proses penjemuran harus benar-benar kering sebelum diangkat karena kalau tidak bagian dalam yang lembab justru dapat mengundang jamur dan bakteri yang akhirnya justru mengundang berbagai macam penyakit.

Artikel terkait:

Pilihan serupa selain bantal dacron adalah bantal silikon. Pada dasarnya kedua bahan ini sama-sama bahan sintetis sehingga perawatannya relatif lebih mudah dibandingkan dengan merawat bantal kapuk ataupun bantal berisi bulu angsa. Namun sekali lagi setiap jenis bantal biasanya memerlukan perawatan berbeda yang agak spesifik, jadi jangan lupa untuk selalu mengikuti petunjuk label yang biasanya terdapat di setiap bantal.

Artikel Terkait:

Jadi jika saat ini Anda masih menggunakan bantal kapas ataupun bantal bulu unggas ada baiknya untuk menggatinya segera dengan menggunakan bantal dacron. Walaupun mungkin bantal dacron sedikit lebih mahal dari bantal kapas biasa tapi bantal dacron jauh lebih ekonomis dibandingkan dengan jenis bantal yang menggunakan bulu unggas sebagai isian. Selain itu saat ini sudah banyak pilihan merek atau brand dari bantal dacron yang tak hanya menawarkan kenyamanan saat tidur tapi juga menjamin kualitas dalam jangka waktu yang panjang.

Sponsors Link

Posted by · Tags: bantal, bantal dacron, cara mencuci, silikon