Cara mencuci bantal kapuk bukanlah perkara mudah oleh karena itu kebanyakan orang lebih memilih untuk menjemur bantal kapuk dan bukannya mencucinya. Hal ini dikarenakan bantal kapuk akan mudah mengerut ketika terkena air jika proses pencuciannya tidak tepat dan akhirnya bantal menjadi keras dan akhirnya tidak empuk lagi dan lama kelamaan bantal kapuk tidak lagi bisa digunakan. Selain itu bantal kapuk jika terkena air bisa dengan mudah mengundang bakteri dan jamur karena kapuk terbuat dari kapas yang merupakan serat alami. Lalu bagaimana cara mencuci bantal kapuk jika tidak boleh terkena air? Terdapat dua cara mencuci bantal kapuk agar kondisi bantal tetap seperti semula.

ads

Artikel Terkait:

Mencuci Bantal Kapuk Dengan Mengeluarkan Isinya

Proses mencuci bantal kapuk dengan mengeluarkan isinya adalah cara yang paling direkomendasikan untuk mencuci bantal kapuk karena proses ini memastikan bantal benar-benar bersih tanpa merusak tekstur kapuk yang merupakan isi bantal walaupun memang proses ini sama sekali tidak praktis.

  • Langkah pertama adalah membuka jahitan bantal kapuk yang Anda miliki. Bukalah secara hati-hati agar tidak merusak kain sarung bantal karena nanti setelah dicuci akan digunakan kembali.
  • Keluarkan isi bantal kemudian letakkan di tempat yang aman dan kering.
  • Pastikan bantal benar-benar bersih dari kapuk, untuk memastikannya balik sarung bantal dan dikebas-kebaskan.
  • Karena biasanya bantal dicuci tidak terlalu sering maka proses pencuciannya harus benar-benar bersih dimulai dengan proses perendaman. Rendam sarung bantal selama kurang lebih 10 – 15 menit dengan air yang bersuhu hangat dengan detergen berformula lembut.
  • Cuci sarung bantal seperti cara mencuci pakaian pada umumnya.
  • Keringkan dan jemur sampai benar-benar kering.
  • Kapuk juga boleh dijemur tapi jangan terlalu lama dan pastikan tidak bertebangan ditiup angin dan tidak terkena air.
  • Setelah sarung bantal kering, masukkan kembali kapuk dan jahit rapi.

Artikel terkait:

Mencuci Bantal Kapuk Tanpa Mengeluarkan Isinya

Mencuci bantal kapuk tanpa mengeluarkan isinya tidak sama dengan cara mencuci bantal dacron juga bisa dilakukan tapi dengan syarat tertentu yaitu hanya boleh dilakukan pada bantal yang hanya sedikit bernoda dengan tujuan menghilangkan noda yang sedikit itu saja. Namun ada aturan tertentu yang harus diikuti ketika Anda akan mencuci bantal kapuk tanpa mengeluarkan isinya.

  • Pertama siapkan spons lembut, 2 lembar kanebo (satu untuk basah dan satu untuk kering), kain kering ,air hangat yang sudah dicampur detergen sampai berbusa.
  • Celupkan spons lembut ke dalam air yang sudah bercampur detergen kemudian peras karena yang paling dibutuhkan hanyalah sabunnya saja untuk membantu menghilangkan noda pada sarung bantal.
  • Gosok-gosokkan spons tadi sampai noda hilang.
  • Proses pembilasan memerlukan kain kanebo dan air bersih. Gosokkan pada bagian yang tadi digosok-gosok dengan spons bersabun untuk menghilangkan sabunnya.
  • Gunakan kanebo kering untuk menyerap sisa-sisa air yang mungkin masih menempel pada sarung bantal.
  • Jemur bantal untuk memastikan bahwa tidak ada air yang tersisa di bantal karena bantal kapuk sangat rentan dihinggapi jamur dan bakteri jika lembab.

Artikel Terkait:

Perlu Anda ingat bahwa bantal juga harus dicuci secara teratur atau setidaknya harus dibersihkan dan dijemur secara teratur, setidaknya jika jarang dicuci bantal harus sering dijemur. Proses pencucian bantal tidak selalu sama dengan cara  mencuci boneka ini akan membantu membunuh kuman-kuman dan jamur yang mungkin menempel karena tanpa Anda sadari, keringat, liur ataupun hal-hal lain bisa menyebabkan bantal menjadi kotor. Noda-noda pada bantal juga harus dihilangkan karena selain baik untuk kesehatan juga membuat Anda tidak malu ketika ada teman atau kerabat berkunjung karena Anda memiliki stok bantal yang bersih.

Sponsors Link

Posted by · Tags: bantal, bantal kapuk, cara mencuci