Cara mencuci batik dengan lerak adalah cara yang paling tepat untuk menjaga kualitas batik terutama kualitas warna batik. Sayangnya kebanyakan orang menganggap cara mencuci batik dengan lerak ini terlalu kuno padahal ini adalah satu-satunya cara yang paling direkomendasikan.

ads

Artikel Terkait:

Cara Mencuci Celana Jeans

Cara Mencuci Boneka

Cara Menyetrika Seperti Laundry

Setrika Listrik Terbaik

Apa Itu Kain Batik?

Batik merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang bahkan sudah ditetapkan oleh UNESCO. Oleh karena itu sebagai bangsa Indonesia sudah menjadi kewajiban kita untuk selalu melestarikan batik, walaupun tidak dengan cara membuatnya tapi setidaknya dengan mengenakannya sudah menjadi suatu usaha untuk senantiasa melestarikan batik sebagai bagian kehidupan masyarakat Indonesia. Terdapat beberapa jenis batik di antaranya adalah:

  • Batik Tulis
  • Batik Cap
  • Batik Lukis

Secara umum terdapat tiga jenis batik seperti yang disebutkan di atas sementara untuk corak terdapat banyak sekali corak batik yang biasanya kekhasan corak batik disesuaikan dengan daerah asalnya. Jadi tidak heran jika corak khas batik pekalongan berbeda dengan corak khas batik Solo.

Manfaat Menggunakan Lerak untuk Mencuci Batik

Jika Anda belum tahu lerak merupakan detergen alami yang terbuat dari buah lerak yang biasanya memang digunakan untuk mencuci batik. Mungkin sebelum Anda memutuskan untuk mencuci koleksi kain batik kesayangan Anda dengan lerak atau dengan cara modern menggunakan sabun atau detergen ada baiknya untuk mencari tahu terlebih dahulu manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika mencuci batik dengan kain lerak.

  • Buah lerak merupakan detergen alami sehingga tidak mengandung bahan kimia yang dapat merusak kain dan corak kain batik kesayangan Anda.
  • Buah lerak juga mengandung zat yang berfungsi sebagai insektisida sehingga dapat mengusir serangga perusak kain dan menjaga kain batik yang tersimpan di dalam lemari dengan aman.
  • Bau alami dari buah lerak tak hanya memberikan aroma khas pada kain batik tapi juga menghindarikan batik dari bau apek karena biasanya kain batik lebih sering di simpan di dalam lemari dari pada digunakan.

Artikel Terkait:

Cara Mencuci Kain Batik dengan Lerak

Tentunya setelah mengetahui apa saja manfaat yang bisa Anda dapatkan dari mencuci kain batik dengan lerak maka berikut adalah cara mencuci baju batik dengan menggunakan lerak.

  • Siapkan air dalam sebuah baskom.
  • Masukkan bubuk buah lerak ataupun cairan yang dibuat dari buah lerak ke dalam baskom tadi dan campurkan hingga mengeluarkan busa.
  • Masukkan kain batik dan rendam selama kurang lebih 1 jam jika batik benar-benar kotor ataupun cukup selama 30 menit jika batik tidak terlalu kotor.
  • Setelah itu bilas kain batik sampai benar-benar bersih tanpa meninggalkan busa lerak sedikitpun
  • Jemur kain batik tapi tidak boleh terkena sinar matahari langsung namun juga tidak boleh diletakkan di tempat lembab.
  • Ketika kain batik diangkat pastikan kain batik sudah benar-benar kering sebelum disetrika dan disimpan kembali.

Artikel Terkait:

Cara menyetrika baju batik juga penting untuk Anda ketahui karena ini merupakan bagian dari perawatannya karena pada setrika listrik otomatis, suhu yang terlalu panas juga dapat merusak bahan dan corak pada kain batik. Untuk penyimpanannya pastikan kain batik di simpan di bagian lemari khusus tidak tercampur dengan pakaian sehari-hari dan dari pada dilipat sebaiknya kain batik digantung. Kalaupun mau dilipat sebaiknya bungkus kain batik Anda dengan kertas khusus pembukus pakaian dan jangan lupa untuk menambahkan kapur barus ataupun rempah alami seperti sahang dan cengkeh pada lemari untuk menghindari tumbuhnya jamur dan  ngengat yang dapat merusak kain batik.

Sponsors Link

Posted by · Tags: batik, cara mencuci, lerak