Sebenarnya mencuci batik tidak bisa dikatakan susah, namun juga tidak bisa dikatakan terlalu mudah. Anda harus paham bahan batik yang akan dicuci sehingga tidak sampai membuat batik tersebut luntur.

ads

Jika batik yang dimiliki terkenal memiliki bahan yang butuh perawatan ekstra, maka sudah tentu ketika mencucinya tidak bisa sembarangan. Bahkan ada kemungkinan cara mencucinya berbeda dengan mencuci batik pada umumnya.

Ada banyak jenis batik yang ada sekarang ini, salah satunya adalah batik tulis. Batik tulis juga sudah mulai populer dan sudah banyak orang yang menggunakannya. Harganya pun bermacam-macam, namun yang paling penting adalah pemahaman tentang bagaimana cara mencucinya, khususnya jika batik tersebut baru dibeli.

Berikut ini kami sudah memiliki langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mencuci batik tulis yang baru pertama kali dibeli.

1. Cari tahu bahannya

Langkah awal yang harus dilakukan adalah dengan mencari tahu terlebih dahulu bahan dari batik tulis tersebut. Tidak menutup kemungkinan bahwa batik tulis dibuat dengan bahan yang berbeda-beda. Jadi, dalam mencuci batik tidak bisa dilakukan dengan sembarangan.

Oleh karena itu, seseorang harus paham tentang bahan apa yang digunakan untuk batik tulisnya. Setelah mengetahui bahannya, barulah bisa dilakukan tindakan pencucian dan perawatan yang sesuai.

2. Rendam batik

Cara kedua adalah dengan merendam batik dalam air dingin. Waktu perendamannya tidak perlu terlalu lama, yakni sekitar 10 sampai dengan 15 menit. Ingat, ketika merendam batik dalam waktu yang lama, maka bisa mengakibatkan kain batik menjadi luntur dan malah membuat batik tersebut tak bisa dipakai lagi.

3. Masukkan ke mesin cuci

Cara mencuci baju batik tulis yang ketiga adalah dengan memasukannya ke dalam mesin cuci. Namun ingat, sebelum memasukkan batik tulis sebaiknya diatur terlebih dahulu mesin cuci tersebut dalam mode soft. Mode ini memang akan membuat proses mencuci menjadi lebih lambat. Namun demi hasil yang memuaskan maka wajib dipatuhi.

Sementara itu, bagi mereka yang tidak menggunakan mesin cuci. Batik tulis juga bisa dicuci dengan tangan. Akan tetapi, jangan sampai mencuci atau mengucek terlalu kuat karena hal ini hanya akan membuat batik tulis menjadi mengkerut dan kemungkinan berpotensi mempengaruhi warnanya.

Sekedar informasi bahwa tidak dianjutkan mencuci batik dengan deterjen, khususnya deterjen yang memiliki bahan keras, seperti amonia. Alasannya karena amonia menyebabkan warna batik menjadi luntur serta mempengaruhi kualitas kainnya.

4. Cuci 15 menit

Proses pencucian juga tidak boleh terlalu lama. Waktunya cukup 15 menit saja agar supaya serat kain dan warnanya tidak luntur. Setelah selesai, maka tinggal proses membilasnya. Bilas kain batik dengan air bersih sampai benar-benar tidak ada busa yang masih menempel.

5. Jemur batik

Cara mencuci batik tulis untuk pertama kali yang terakhir adalah masuk ke bagian menjemur batik. Usahakan tidak menjemur batik langsung di bawah terik matahari. Apalagi akhir-akhir ini Indonesia mengalami cuaca panas yang ekstrem.

Dikhawatirkan jika terlalu lama berada dalam sinar matahari menyebabkan kainnya menjadi kusam. Disarankan untuk menjemurnya di tempat yang penting kering dan bersih. Kalaupun harus dipanaskan di bawah sinar matahari, jangan sampai terlalu lama.

Sponsors Link

Posted by · Tags: batik tulis, cara mencuci