Blazer merupakan pakaian yang sering dikenakan  sebagai baju penutup yang biasanya sebelumnya orang tersebut memakai kaos maupun juga kemeja. Blazer akan membuat tampilan anda lebih menarik dan elegan.

ads

Terdapat dua jenis blazer, yakni blazer untuk laki-laki dan juga untuk perempuan. Cara mencuci keduanya pun juga tidak jauh berbeda. Yang terpenting anda harus memperhatikan bagaimana cara-cara yang akan kami jelaskan di bawah ini.

1. Baca petunjuk 

Langkah awal yang harus anda perhatikan sebelum anda mulai mencuci blazer adalah dengan melihat petunjuk yang sudah tercantum di blazer anda. Anda bisa cermati di balik blazer yang sudah anda kenakan tersebut mengenai bagaimana cara perawatan dan pencucian yang benar.

Dengan membaca petunjuk tersebut, maka anda bisa mengetahui apakah nanti blazer anda termasuk jenis jas yang bisa dicuci secara wet cleaning atau malah blazer anda termasuk pakaian yang harus dicuci dengan metode dry cleaning.

2. Siapkan sabun cair dan air secukupnya

Langkah kedua yang harus anda lakukan adalah dengan menyiapkan sabun dan juga air secukupnya. Perlu anda pahami bahwa disarankan agar anda tidak menggunakan sabun bubuk. Hal ini bertujuan agar tidak ada bekas sabun yang masih menempel di blazer anda.

Sebaliknya, disarankan anda menggunakan sabun cair. Jika ternyata blazer anda terkena noda, maka anda harus mengoleskan sabun cair pada noda terrsebut. Kemudian mulailah anda menggosok bagian yang terkena noda tersebut secara perlahan dengan menggunakan sikat kecil yang berbahan halus.

Pastikan bahwa noda atau kotoran yang menempel bisa hilang dan tidak merambat ke bagian yang lainnya. Ingat, jangan menggosoknya terlalu keras karena dikhawatirkan malah merusak kualitas blazer anda.

3. Merendam blazer

Untuk tips yang ketiga ini bisa dikatakan hanya boleh digunakan bagi anda yang memiliki blazer yang bisa dicuci dengan menggunakan metode wet cleaning. Cara yang harus anda lakukan adalah dengan merendam blazer anda di dalam bak  yang sebelumnya telah anda isi air dan juga detergen cair.

Kemudian anda harus memastikan bahwa blazer anda terendam secara keseluruhan. Hal ini bertujuan untuk mengangkat noda dan kotoran yang menempel. Tunggu sampai kurang lebih 15 atau 20 menit dan mulailah anda mengangkat lalu menguceknya secara perlahan-lahan.

4. Bilas dan jemur

Setelah anda mengucek dan memastikan bahwa noda sudah terangkat, maka yang harus anda lakukan adalah membilasnya sampai bersih. Bilas menggunakan air yang mengalir dan disarankan untuk tidak terus merendamnya.

Sponsors Link

Setelah itu, anda harus menjemur blazer anda. Perlu diingat, bahwa anda dilarang menjemur blazer langsung berada di bawah terik matahari. Hal ini untuk menghindarkan blazer anda dari kepanasan yang bisa menyebabkan warnanya luntur.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan berkaitan dengan cara mencuci blazer kesayangan anda. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link

Posted by · Tags: baju, cara mencuci, kerja