Cara mencuci boneka tidaklah sulit tapi kebanyakan orang masih belum tau bagaimana cara yang benar mencuci boneka. Masalah yang sering terjadi ketika mencuci boneka berbulu adalah ketika kering, kondisi bulu boneka sudah tidak lembut seperti semula lagi dan seringkali juga beberapa bagian bulunya justru menggumpal dan mengeras. Karena hal tersebut, biasanya untuk menjaga kebersihan boneka kesayangan kebanyakan orang akan mempercayakannya kepada jasa laundry. Tapi tentunya Anda sudah tahu bahwa mencuci boneka tarifnya bisa jauh lebih mahal, jadi jika Anda memiliki boneka yang banyak sebaiknya belajar cara mencuci yang benar bisa sangat menghemat.

ads

Artikel Terkait:

Cara Mencuci Boneka Berbulu yang Benar

Sebaiknya lihat terlebih dahulu kondisi boneka apakah perlu benar-benar dicuci atau hanya cukup dibersihkan saja dengan mesin vakum. Namun jika boneka memang benar-benar kotor dan harus dicuci berikut adalah cara mencuci boneka berbulu yang benar:

  1. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengecek label pada boneka apakah boneka aman dicuci dengan menggunakan mesin cuci atau harus dengan tangan.
  2. Cek juga kondisi boneka dengan menyeluruh bahwa tidak boleh ada bagian yang robek karena jika ada maka ditakutkan ketika proses pencucian justru membuat isi boneka keluar semua sehingga boneka menjadi rusak. (baca juga: Cara Menyetrika Jaket Kulit Sintetis)
  3. Sebaiknya ketika mencuci boneka jangan mencampurnya dengan mencuci pakaian karena ditakutkan akan kelunturan atau bulu boneka yang lepas justru dapat menempel pada pakaian kesayangan Anda.
  4. Siapkan kantong kain putih seperti sarung bantal, fungsinya boneka dimasukkan ke dalam sarung bantal tersebut selama proses pencucian tujuannya adalah untuk melindungi bulu boneka agar tidak mudah rontok.
  5. Saat ini kebanyakan mesin cuci sudah memiliki fitur delicate dimana fungsinya hampir sama dengan ketika kita mencuci dengan tangan. Jadi tidak masalah jika boneka berbulu Anda dicuci menggunakan mesin cuci yang penting Anda tahu suhu air yang tepat untuk setiap jenis boneka.

Artikel Terkait:

  1. Boneka yang sudah dimasukkan ke dalam sarung bantal bisa Anda masukkan ke dalam mesin cuci yang sudah diberi deterjen. Sebaiknya gunakan deterjen cair yang lembut dan hindari menggunakan deterjen bubuk karena ditakutkan bubuk deterjen justru akan menyangkut di helai-helai bulu boneka.
  2. Setelah proses pencucian selesai, sebelum di jemur boneka harus dikeringkan terlebih dahulu dengan cara ditekan-tekan untuk mengeluarkan air dari dalam tubuh boneka. Beberapa jenis boneka cukup aman jika dikeringkan menggunakan mesin pengering.
  3. Ketika proses penjemuran jangan menjemurnya di bawah sinar matahari langsung karena justru itu yang membuat bulu boneka menjadi rusak, keriting dan menggumpal karena kebanyakan bulu boneka terbuat dari campuran bahan polyester yang akan mengerut jika terkena suhu terlalu tinggi. (baca juga: Cara Menyetrika Bahan Polyester)
  4. Pastikan boneka benar-benar kering sebelum disimpan kembali.
  5. Untuk hasil yang maksimal Anda bisa menggunakan hair dryer untuk memastikan boneka benar-benar kering dan tidak ada lagi yang menempel di sela-sela bulu boneka. Hair dryer juga dapat membantu memisahkan helai-helai bulu yang biasanya agak kusut selama proses pencucian.

Artikel Terkait:

Menjaga kondisi boneka kesayangan Anda agar tetap bersih adalah hal yang wajib apalagi jika boneka berbulu karena debu dan bakteri bisa sangat mudah bersembunyi di bulu-bulu boneka sehingga justru dapat mendatangkan penyakit apalagi jika boneka-boneka tersebut nantinya dimainkan oleh anak-anak Anda. Jadi penting sekali bagi Anda untuk tahu bagaimana cara merawat dan mencuci boneka agar tetap bersih selain itu proses mencucinya pun harus dilakukan secara rutin tapi tidak boleh terlalu sering. (baca juga: Cara Menyetrika Baju Sekolah)

Sponsors Link

Posted by · Tags: boneka, boneka berbulu, cara mencuci, mencuci boneka, tips mencuci