Kita tahu bahwa boneka merupakan salah satu barang yang digunakan untuk menghias kamar dan bahkan pengganti bantal maupun juga guling. Dibuat dari bahan yang lembut, membuat boneka seolah-olah memang merupakan barang yang multifungsi. Banyak yang menggunakannya sebagai bantal, dan tidak sedikit pula yang menjadikannya sebagai guling jika ukuran boneka tersebut cukup besar.

ads

Menggunakan boneka juga harus diperhatikan cara perawatannya. Boneka yang terlalu lama digunakan akan membuatnya berdebu dan mulai terlihat kusam. Maka dari itu, anda harus segera mencucinya. Jangan khawatir, anda tidak harus menyiapkan air dalam jumlah banyak untuk mencuci boneka anda asalkan boneka anda tidak terlalu kotor.

1. Siapkan peralatan yang dibutuhkan

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah dengan menyiapkan berbagai peralatan yang anda butuhkan. Beberapa perlengkapan tersebut antara lain seperti kain lap, semprotan yang sudah terisi air, dan tentunya anda harus menyiapkan boneka itu sendiri. Ingat, cara yang akan kami jelaskan ini haya berlaku bagi boneka anda yang mungkin hanya berdebu dan tidak memiliki kotoran atau noda yang membandel.

2. Cek kondisi boneka

Langkah kedua sebelum mulai masuk ke proses pencucian boneka adalah dengan mengecek kondisi boneka anda. Anda harus mengecek apakah boneka anda terdapat bagian yang robek atau ada bagian yang mulai terlihat rusak.

Anda juga harus melihat apakah noda atau kotoran tersebut bisa dibersihkan tanpa harus menggunakan air dalam jumlah banyak. Selain itu, silahkan anda lihat bagian mana saja yang harus dibersihkan. Dengan begitu, anda nanti tidak akan bingung lagi menemukan bagian boneka yang harus anda cuci.

3. Proses pencucian

Langkah ketiga adalah mulailah dengan menyemprotkan air pada kain yang sudah anda siapkan. Setelah itu, barulah anda bisa mulai membersihkan bagian mana saja yang terdapat kotoran yang memang harus segera dibersihkan. Tidak perlu menyemprotkan terlalu banyak ke kain agar supaya nanti boneka anda juga tidak terlalu basah.

Jika kain tipis anda sudah terasa kering, maka anda bisa menyemprotkannya lagi secukupnya. Ingat, anda tidak perlu menyemprotkan terlalu banyak agar boneka anda tidak terkesan seperti habis anda rendam.

Jika ternyata boneka anda hanya berdebu sehingga membuatnya terlihat kusam, maka cukuplah anda gunakan kemoceng atau mungkin hanya perlu anda bersihkan dengan tangan anda. Yang perlu anda lakukan adalah dengan mengeluarkan debu tersebut sampai nanti anda merasa bahwa warna boneka anda sudah tidak kusam serta sudah tidak ada debu yang menempel lagi.

4. Proses pengeringan

Cara mencuci boneka tanpa air dalam jumlah banyak yang terakhir adalah anda tinggal mengeringkannya saja. Anda tidak perlu menjemurnya karena boneka anda tidak terlalu basah. Anda bisa menggunakan pengering rambut atau hair dryer maupun juga bisa anda keringkan dengan menggunakan lap kering.

Sponsors Link

Posted by · Tags: cara mencuci boneka, mencuci boneka, mencuci tanpa air