Apakah anda tahu apa itu carrier? Mungkin bagi anda yang hobi mendaki gunung sudah tidak asing dengan carrier karena ia merupakan salah satu bagian terpenting yang akan menunjang dan mendukung seluruh keperluan anda selama mendaki gunung.

ads

Perlu anda tahu bahwasanya cara mencuci carrier tentu berbeda dengan cara mencuci tas sekolah meskipun memang keduanya sama-sama dipakai di punggung karena carrier cenderung membutuhkan perawatan yang lebih.

Bagi anda yang penasaran tentang bagaimana cara mencucinya, maka silahkan anda pelajari penjelasan yang akan kami sampaikan di bawah ini:

1. Keluarkan seluruh isinya

Sebelum anda mulai mencuci carrier, langkah awal yang harus anda lakukan adalah dengan mengeluarkan seluruh isi carrier anda. Baik ketika anda mencuci carrier maupun tas lain pada umumnya, ketika anda mencuci dalam kondisi ada barang yang masih nyangkut di dalam tas anda tersebut, maka kemungkinan bisa menimbulkan kerusakan pada barang maupun tas anda.

Maka dari itu, anda harus mengeluarkan seluruh isi pada carrier anda agar supaya tidak ada satu pun barang yang masih ada di dalamnya.

2. Jangan menyikatnya secara sembarangan

Ketika anda ingin mencuci carrier, maka anda jangan sampai menggunakan sikat karena hal ini hanya akan merusak bahan pada tas anda tersebut. Lantas bagaimana cara anda mencucinya?

Yang harus anda lakukan adalah dengan menggunakan kain bekas yang sebelumnya sudah anda basahi dengan air. Namun, bagi anda yang tetap ingin menggunakan sikat, maka pilihan terbaik untuk anda yaitu menggunakan sikat gigi.

Meskipun begitu, kami tetap menyarankan agar anda tidak menggunakan sikat gigi jika ternyata noda yang menempel masih bisa dibersihkan dengan kain basah.

3. Cuci dengan menggunakan detergen cair

Cara ketiga yang harus anda lakukan adalah dengan mencuci carrier anda tersebut menggunakan detergen. Akan tetapi, ada hal penting yang harus anda perhatikan. Anda tidak diperbolehkan untuk mencucinya dengan detergen bubuk karena malah akan melunturkan warna pada carrier, terlebih jika anda sampai menyikatnya.

Gunakan detergen cair secukupnya dan kemudian mulailah membersihkan seluruh bagian carrier dengan kain basah maupun sikat gigi jika memang ada noda yang sulit dihilangkan.

4. Bilas sampai bersih

Setelah anda selesai mengucek dan menggosok carrier, maka langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah dengan mulai membilasnya sampai bersih.

Anda harus ingat bahwasanya ketika anda membilas carrier, pastikan bahwa seluruh bagian carrier sudah anda bilas. Jika anda resleting yang ternyata belum anda buka, maka anda harus membukanya agar supaya air bisa masuk secara merata.

Sponsors Link

5. Jemur sampai kering

Setelah anda selesai membilas, maka kemudian anda harus mulai menjemurnya. Jangan menjemur carrier di tempat yang bisa langsung terkena paparan sinar matahari karena malah bisa merusak bahan pada carrier.

Anda harus menjemur di tempat yang teduh karena pada dasarnya untuk mengeringkan carrier, maka anda hanya perlu menganginkannya saja. Namun tetap anda harus memastikan bahwasanya carrier sudah benar-benar dalam kondisi kering.

6. Beri kapur barus setelah kering

Cara mencuci carrier yang terakhir adalah dengan menambahkan kapur barus agar supaya carrier tidak dihinggapi jamur. Jamur yang hinggap di carrier maupun tas lainnya dapat merusak bahan sehingga menurunkan kualitas dari tas anda.

Maka setelah anda memastiikan bahwasanya carrier sudah kering, anda harus memberi kapur barus sehingga tas anda bisa bertahan dalam waktu yang lebih lama.

Sponsors Link

Posted by · Tags: cara mencuci, tas