Cara mencuci celana dalam ternyata tidak sesimpel yang kebanyakan orang fikirkan karena fungsi celana dalam tak hanya tentang kenyamanan tapi juga sangat erat kaitannya dengan kesehatan. Tidak banyak orang yang menyadari bahwa celana dalam akan menempel langsung pada salah satu bagian vital di tubuh manusia, oleh karena itu kebersihan celana dalam hendaknya selalu menjadi perhatian utama.

ads

Artikel terkait:

Cara Mencuci Celana Dalam Yang Benar

Tidak banyak orang tahu bagaimana cara mencuci celana dalam yang benar. Oleh karena itu penting bagi Anda untuk mengetahui caranya. Mengapa? Karena celana dalam juga merupakan bagian dari pakaian keseharian yang tentunya sering digunakan. Mencucinya sesering mungkin sangatlah penting jangan pernah mendiamkan celana dalam yang kotor. Jika sudah digunakan harus segera dicuci karena celana dalam yang lembab hanya akan mengundang jamur dan bakteri, akibatnya bahannya menjadi mudah berbintik-bintik dan akhirnya sulit untuk dihilangkan.

  • Sebelum proses pencucian dimulai sebaiknya celana dalam dipisahkan dari pakaian yang lain karena memang sebaiknya mencuci celana dalam dilakukan tersendiri.
  • Jika Anda menggunakan mesin cuci, atur suhu air pada kondisi hangat karena air dengan suhu hangat dapat membantu membunuh kuman dan bakteri yang mungkin menempel pada serat bahan celana dalam.
  • Rendam celana dalam selama kurang lebih 10 – 15 menit menggunakan detergen berformula lembut lalu cuci menggunakan mesin cuci selama kurang lebih 10 menit.
  • Sebelum dibilas, kucek terlebih dahulu menggunakan tangan satu persatu untuk memastikan bahwa celana dalam benar-benar bersih sempurna.
  • Bilas sampai benar-benar bersih tidak ada bersisa sedikitpun sabun dari detergen.
  • Kemudian keringkan dengan menggunakan mesin pengering.
  • Jemur tapi tidak boleh terkena matahari langsung karena bahan celana dalam biasanya sangat lembut dan tidak tahan terhadap sinar matahari langsung.
  • Sebelum diangkat pastikan sudah benar-benar kering karena celana dalam yang lembab hanya akan mengundang jamur ataupun bakteri yang akhirnya justru mendatangkan penyakit.

Artikel Terkait:

Perawatan Celana Dalam

Selain mencucinya secara teratur, perawatan celana dalam juga sangat penting. Sayangnya kebanyakan orang menyepelakan hal ini. Beberapa tips berikut ini perlu untuk Anda ingat.

  • Celana dalam dan pakaian dalam pada umumnya memiliki batas waktu expired. Paling maksimal adalah 6 bulan. Jadi sebaiknya ganti semua pakaian dalam Anda dengan yang baru jika sudah mencapai waktu 6 bulan.
  • Setelah kering, proses menyetrika celana dalam juga penting. Suhu panas pada jenis setrika listrik ataupun setrika uap akan memastikan bahwa celana dan pakaian dalam Anda bebas kuman sehingga menjamin kesehatan penggunannya. Walaun tetap saja Anda harus mengetahui cara menyetrika pakaian dalam dengan benar dan harus disesuaikan dengan jenisnya karena kebanyakan pakaian dalam terbuat dari bahan yang lembut dan tidak tahan panas jadi suhu setrika listrik otomatis Anda harus diatur dengan tepat.
  • Menyimpan celana dalam juga tidak boleh sembarangan. Simpanlah di laci khusus pakaian dalam dan tidak boleh disimpan di tempat yang terbuka sehingga aman dari hinggapan debu.

Artikel Terkait:

Kebanyakan orang menyepelakan cara yang tepat untuk mencuci serta cara menyetrika celana dalam dengan benar. Untuk bahan celana dalam sebaiknya pilihlah jenis yang mudah menyerap keringat dan jangan mudah terpengaruh dengan model yang sexy tapi tidak nyaman ketika dikenakan. Pakaian dalam yang nyaman jauh lebih penting oleh karena itu pemilihan bahan yang lembut, dingin dan cocok di kulit sangat direkomendasikan.

Sponsors Link

Posted by · Tags: cara mencuci, pakaian dalam