Cara mencuci celana jeans memang tidak mudah karena selain bahan jeans yang sangat berat sehingga hampir tidak mungkin untuk dicuci dengan tangan, celana jeans termasuk jenis celana sehari-hari yang sering kali dipakai sehingga kondisinya bisa sudah sangat kotor ketika proses pencucian dilakukan. Celana jeans adalah salah satu jenis celana yang sangat disukai oleh segala umur karena selain modelnya yang tidak pernah ketinggalan jaman, celana jeans kualitas baik biasanya akan tahan lama dipakai dan selain itu semakin tua atau semakin lama dipakai semakin nyaman dan pas di badan. Jadi tidak heran, bisanya orang mengenakan celana jeans sampai celana tersebut benar-benar belel.

ads

Artikel Terkait:

Cara Mencuci Celana Jeans yang Benar

Tahukan Anda bahwa sebaiknya celana jeans tidak boleh dicuci terlalu sering dan kalaupun memang harus dicuci sebaiknya tidak menggunakan mesin cuci? Well, memang rasanya berat ketika harus mencuci celana jeans dengan tangan tapi sebenarnya tidak masalah juga menggunakan mesin cuci asalkan Anda memperhatikan hal-hal seperti berikut ini:

  1. Jangan mencuci celana jeans Anda terlalu sering. Hal ini justru dapat membuat celana jeans lebih mudah berubah bentuk yang biasanya justru menjadi mengecil.
  2. Kalaupun harus dicuci menggunakan mesin cuci sebaiknya pilih mode delicate atau handwash untuk menjaga kualitas jeans Anda.
  3. Tidak boleh menggunakan mesin pengering ketika mengeringkan jeans karena proses ini ternyata dapat membuat bahan jeans yang terbuat dari bahan denim cepat rapuh. Lagi pula proses ini membuat jeans cepat kusut sementara jika bisa dihindrai jeans sebaiknya tidak boleh disetrika karena suhu panas justru dapat membuat serat-serat bahan denim menyusut.
  4. Untuk mencegah jeans tidak terlalu berada di mesin cuci sebaiknya sebelum dimasukkan ke dalam mesin cuci, jeans direndam terlebih dahulu di dalam baskom atau ember. Gunakan deterjen cair yang aman untuk semua jenis bahan pakaian. Rendam selama beberapa saat agar kotoran-kotoran rontok dari celana jeans Anda.
  5. Selalu pisahkan jeans yang berwarna terang dan berwarna gelap ketika mencucinya.

Artikel Terkait:

  1. Setelah itu baru masukkan ke dalam mesin cuci, tambahkan kembali deterjen cair dan cuci dengan mode delicate yang aman untuk jeans.
  2. Setelah proses pencucian dan pembilasan selesai, jangan gunakan mesin pengering untuk mengeringkan jeans, jangan pula diperas karena selain akan membuat tangan Anda pegal karena celana jeans yang terkena air bisa sangat berat jadi sebaiknya cukup kibas-kibaskan saja celana jeans.
  3. Jangan menjemur jeans dengan melipatnya menjadi dua di tali jemuran karena proses ini dapat menghasilkan garis permanen pada jeans Anda. Sebaiknya juga jemur secara terbalik menggunakan hanger atau gantungan baju.
  4. Karena walaupun bahan jeans cukup tebal tapi ternyata sangat sensitif terhadap panas, bahkan panas dari sinar matahari langsung dapat membuat bahan jeans menyusut, jadi sebaiknya jemur celana jeans Anda di tempat yang tidak terkena matahari langsung.
  5. Sekali lagi selalu pastikan bahwa celana jeans Anda sudah benar-benar kering ketika diangkat karena dibandingkan dengan bahan pakaian lain, celana jeans yang tidak kering sempurna tidak hanya dapat mengundang jamur lebih cepat tapi bau yang dikeluarkan juga akan sangat tidak enak.

Artikel Terkait:

Apakah Anda memiliki celana jeans favorit? Tentu saja, semua orang memiliki celana jeans favorit yang bahkan biasanya celana jeans tersebut sudah tidak layak lagi dikenakan untuk bepergian tapi cukup nyaman untuk dikenakan di rumah. Dan kalaupun sudah sangat belel dibagian ujung kaki kebanyakan orang juga memotong celana jeans mereka sehingga tetap bisa terus dikenakan.

Sponsors Link

Posted by · Tags: cara mencuci, celana, celana jeans, denim, jeans, tips mencuci