Gaun pengantin merupakan benda yang teramat penting di hari pernikahan kita. Meskipun hanya dipakai sekali, tetapi gaun pengantin dirancang sedemikian rupa dan kemudian disimpan dengan rapi. Hanya sebagai kenang-kenangan bersejarah atau sebagai benda warisan yang akan turun temurun ke generasi kita selanjutnya. Oleh karena itu, kita perlu merawat gaun pengantin kita dengan baik dan benar.

ads

Salah satu jenis perawatan yang diperlukan ialah mencuci gaun pengantin. Gaun pengantin tidaklah sama dengan baju pada umumnya sehingga membutuhkan teknik khusus dalam pencunciannya. Jika salah dalam melakukannya, gaun pengantin Anda justru bisa rusak dan hilang keindahannya. Nah, berikut ini beberapa cara mencuci gaun pengantin dengan tepat.

1. Tanyakan Pada Ahlinya

Desainer, penjahit atau orang yang membuat gaun pengantin Anda pasti lebih tahu bagaimana cara mencuci gaun pengantin buatannya. Jika ternyata Anda belum menemukan jawabannya. Cobalah Anda pergi ke binatu atau orang yang ahli di bidang perawatan kain. Sebelum Anda mengambil langkah lebih jauh, bertanyalah terlebih dahulu kepada mereka mengenai bagaimana cara mencuci gaun pengantin tersebut dengan baik dan benar.

Beberapa jenis kain akan kusut jika dicuci dengan deterjen, bahkan bisa memudarkan warnanya. Namun, ada pula kain yang harus dicuci ketika ingin menghilangkan noda yang menempel di permukaannya.

2. Perhatikan Noda yang Ada

Perhatikanlah jenis noda yang menempel pada gaun pengantin Anda. Cari tahu apa itu, apakah water-based ataukah oil-based? Jenis noda yang berbeda menentukan cara pembersihannya. Anda harus memahami cara menghilangkan noda pada baju atau gaun pengantin.

Jangan sampai Anda mencoba membersihkannya tanpa tahu apa jenis nodanya! Kesalahan pencucian dapat menyebabkan noda semakin melebar dan gaun pengantin Anda justru semakin kusam.

3. Mengetahui Jenis Bahannya

Anda harus tahu apakah jenis bahan dari gaun pengantin Anda. Seperti halnya noda, jenis bahan yang berbeda juga memiliki teknik pencucian yang berbeda. Misalnya untuk gaun penganti dari sutra, maka pencuciannya harus menggunakan air hangat karena jika menggunakan air dingin atau air yang terlalu panas, kainnya dapat mengerut.

4. Cucilah dengan Hati-hati

Gaun pengantin identik dengan pernak-pernik atau aksen yang detail dan mewah. Hal ini jelas membutuhkan perlakuan khusus. Jangan samakan dengan baju lainnya! Hati-hatilah dalam memegang, menyeterika, melipat, menyimpan, termasuk dalam mencucinya. Apabila Anda merasa ragu dan kesulitan dalam melakukannya, sebaiknya mintalah orang yang lebih ahli untuk merawat dan menjaganya untuk Anda.

Sudah ada contohnya bahwa ketidakhati-hatian dalam merawatnya dapat membuat gaun Anda sobek, jatuh, lepas manik-maniknya dan lain sebagainya.

Sponsors Link

5. Mengeringkan dengan Teknik Khusus

Setelah mencucinya, Anda harus tahu bagaimana cara mengeringkannya. Ada gaun yang bisa dikeringkan seperti pakaian pada umumnya yakni digantung di bawah sinar matahari. Tapi ada juga yang pengeringannya cukup di udara biasa agar airnya menguap. Ada pula yang tidak boleh digantung, tetapi diletakkan di permukaan yang datar. Intinya bahwa setiap jenis kain perlu teknik pengeringan yang khusus.

Itulah beberapa cara mencuci gaun pengantin yang bisa Anda terapkan nantinya. Pahami terlebih dahulu setiap langkahnya sebelum Anda mempraktekkannya pada gaun pengantin Anda. Cara di atas bukan hanya untuk orang awam, tetapi juga untuk Anda yang bekerja atau memiliki usaha binatu/ laundry ketika menerima pekerjaan untuk mencuci gaun pengantin.

Sponsors Link

Posted by · Tags: cara mencuci, gaun, mencuci, pengantin