Cara mencuci gaun pesta sebenarnya bisa dilakukan sendiri di rumah walaupun kebanyakan orang lebih memilih jasa dry-cleaning ataupun jasa laundry untuk menjaga kualitas gaun pesta mereka. Mengapa gaun pesta perlu dilakukan secara special? Well, jawabannya sederhana karena biasanya orang ingin selalu tampil dengan tampilan terbaik mereka ketika menghadiri pesta jadi tidak heran jika mereka akan mengeluarkan banyak uang untuk gaun pesta yang terbuat dari bahan mewah dan berkelas bahkan tidak sedikit orang menginvestasikan uang mereka untuk membeli gaun pesta keluaran designer ternama. Jadi tidak heran jika banyak orang mempercayakan gaun pesta mereka kepada jasa professional.

ads

Artikel Terkait:

Jenis Gaun Pesta dan Cara Mencucinya

Indonesia merupakan negara yang kaya akan budaya jadi tidak heran jika gaun pesta memiliki banyak ragamnya. Berikut adalah beberapa jenis gaun pesta yang sering dikenakan oleh wanita Indonesia untuk menghadiri pesta dan bagaimana cara mencucinya yang benar.

  1. Kebaya Brokat

Kebaya brokat merupakan salah satu jenis gaun pesta yang paling sering dikenakan saat acara-acara resmi. Oleh karena itu tidak jarang orang memilih bahan kebaya brokat dengan kualitas bagus yang tentunya cara mencucinya tidak boleh sembarangan, berikut adalah langkah mudah untuk mencuci kebaya berokat:

  • Cara mencuci kebaya brokat sebenarnya tidak terlalu berbeda jauh dengan cara mencuci kebaya payet yaitu harus dilakukan dengan tangan.
  • Cukup rendam atau celup-celup kebaya brokat dalam sebaskom atau seember air bersih yang sudah diberi detergen dengan formula lembut.
  • Untuk bagian yang terkena kotoran bisa menggunakan sikat gigi dengan bulu sikat yang lembut untuk membersihkannya.
  • Tidak boleh dikeringkan menggunakan mesin cuci tapi cukup dikibas-kibaskan saja.
  • Dijemur juga tidak boleh terkena matahari langsung.
  1. Gaun Batik

Terdapat dua jenis kain batik yaitu batik tulis dan batik cetak namun cara mencuci baju batik dari kedua jenis batik tidak terlalu berbeda. Batik tulis memerlukan perawatan yang lebih yaitu dengan menggunakan lerak. Cara mencuci batik dengan lerak adalah sebagai berikut:

  • Campurkan bubuk atau cairan lerak dengan seember atau sebaskom air bersih bersuhu dingin.
  • Setelah itu rendam gaunb atik kesayangan Anda selama kurang lebih 30 menit dan boleh lebih jika memang dirasa gaun batik Anda terlalu kotor dan boleh juga kurang jika gaun batik memang tidak kotor sama sekali.
  • Bilas kain batik sampai benar-benar bersih yaitu ditandai dengan tidak adanya sisa-sisa dari busa lerak.
  • Setelah itu jemur kain batik secara terbalik sampai benar-benar kering tapi tidak boleh terkena sinar matahari langsung.

Artikel terkait:

  1. Kain Tenun

Terdapat banyak sekali jenis kain tenun di Indonesia, yang paling terkenal adalah kain tenun songket dari budaya melayu dan ulos dari budaya batak. Cara mencuci kain tenun sama saja dengan cara mencuci kain songket sebagai berikut:

  • Siapkan baskom berisi air dingin yang sudah diberi sabun khusus untuk mencuci bahan sutra atau jika tidak ada boleh menggunakan detergen cair atau shampoo bayi.
  • Tidak boleh direndam tapi cukup dicelup-celupkan saja karena kalau terlalu lama direndam bisa membuat warna cepat pudar.
  • Jemur kain tenun dengan cara dibalik sampai benar-benar kering tanpa terkena sinar matahari langsung.
  1. Gamis Sutra

Dengan jumlah mayoritas Muslim kebanyakan wanita Muslim memilih menggunakan gamis untuk pergi ke pesta dan bahan yang dipilih kebanyakan adalah sutra. Cara mencuci kain sutra yang tepat adalah sebagai berikut:

  • Siapkan baskom berisi air bersih yang sudah diberi detergen khusus untuk mencuci bahan sutra. Boleh menggunakan air dengan suhu hangat untuk memastikan kotoran lepas sempurna.
  • Rendam gamis sutra selama kurang lebih 10 menit saja tidak boleh terlalu lama.
  • Lalu bilas sampai benar-benar bersih.
  • Jemur dengan cara dibalik tanpa terkena sinar matahari langsung.

Artikel Terkait:

Keempat jenis gaun pesta di atas adalah yang paling sering dikenakan oleh para wanita Indonesia saat menghadiri pesta. Beberapa diantara bahkan karya designer ternama dan kalaupun tidak biasanya terbuat dari bahan yang berkualitas tinggi sehingga memang cara mencucinya harus sangat diperhatikan.

Sponsors Link

Posted by · Tags: batik, brokat, cara mencuci, gaun, gaun pesta, kebaya, songket, sutra, tenun