Para pengendara motor tentu sudah tidak asing dengan salah satu perlengkapan keamanan ketika berkendara yaitu helm. Helm merupakan salah satu dari perlengkapan pengendara yang bisa dibilang paling penting yang mana kami yakin anda sudah tahu apa sebenarnya fungsi dari helm tersebut.

ads

Selain melindungi kepala, helm juga berfungsi untuk melindungi mata dan membuat kepala anda tahan dari sengatan matahari maupun juga debu yang berterbangan. Ada banyak merk helm terkenal yang banyak dijadikan sebagai pilihan utama para pengendara motor.

Yang umum dan sering anda temukan adalah helm dengan merk NHK, INK, Kyt, dan lain sebagaimana dengan berbagai bentuk, seperti full face. Helm full face sering digunakan oleh para pengendera motor dengan kopling atau yang sering dinamakan sebagai motor laki-laki.

Meskipun begitu, anda juga harus mengecek kondisi helm anda. Hal ini untuk menjaga agar helm tetap bersih dan warnanya tidak luntur. Dan karena itulah kami ingin menjelaskan mengenai bagaimana cara mencuci helm full face yang bisa anda lakukan sendiri di rumah.

1. Menyiapkan peralatan

Cara pertama yang harus anda lakukan adalah dengan menyiapkan berbagai perlengkapan mencuci helm anda. Beberapa peralatan tersebut antara lain seperti ember, air hangat secukupnya, helm full face, sabun, dan juga lap microfiber.

Jika anda tidak memiliki lap microfiber, maka anda bisa menggunakan lap dengan kain tipis atau juga bisa menggunakan lap kanebo yang memang sering digunakan untuk mencuci motor.

2. Buka comfort line

Beberapa helm biasanya bagian comfort line nya bisa dilepas. Bagian inilah yang akan membuat kepala anda nyaman selama berkendara yang juga disebut sebagai padding. Namun juga terkadang ada beberapa jenis helm yang bagian ini tidak bisa dilepas sehingga anda harus menerapkan cara mencuci helm yang busanya tidak bisa dilepas.

Yang harus anda lakukan yakni dengan melepas busa atau comfort line nya satu persatu. Setelah itu, anda juga harus mulai mencuci busa helm anda tersebut seperti apa yang sudah dibahas sebelumnya. Hati-hati ketika anda ingin mencucinya agar tidak sampai merusak busa tersebut.

3. Masukkan comfort line ke air hangat

Nah untuk cara mencuci busa helm yang akan kami jelaskan kali ini adalah anda harus memasukkan busa tersebut ke dalam air hangat yang sebelumnya sudah anda siapkan. Ketika anda mencucinya, anda bisa menggunakan Shampoo bayi, seperti Johnson’s.

Alasan mengapa kami menyarankan anda mencucinya dengan shampoo bayi adalah karena kandungannya yang aman untuk kulit. Namun, anda juga bisa menggunakan shampoo yang lainnya yang sering anda gunakan setiap hari.

4. Cuci batok helm

Setelah anda selesai mencuci dan membersihkan comfort line, maka kemudian anda harus mulai mencuci batok helm atau yang juga disebut dengan outer shell. Yang harus anda lakukan adalah dengan membahasi kain microfieber dan kemudian anda gosokkan ke batok helm tersebut. 

Sponsors Link

Gosok dengan perlahan dan jangan sampai anda menggosok terlalu keras. Pastikan seluruh noda terangkat. Kemudian anda tinggal mengeringkannya bersamaan dengan comfort line yang sebelumnya telah anda cuci.

Itulah penjelasan kami mengenai bagaimana cara mencuci helm full face. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link

Posted by · Tags: cara mencuci helm, mencuci helm