Bagi anda pengendara motor, tentu tidak asing lagi dengan yang namanya helm. Helm merupakan alat wajib bagi seluruh pengendara motor karena berguna untuk melindungi kepala dan wajah jika terjadi kecelakaan. Selain itu helm juga berguna untuk menahan sinar matahari dan debu di jalanan.

ads

Karena pentingnya peranan helm dalam melindungi keselamatan anda, maka ada baiknya anda memilih helm dengan kualitas yang baik. Jika anda masih bingung apa standar helm yang baik, berikut ciri-cirinya:

  • Yang pasti harus bersertifikat SNI atau Standar Nasional Indonesia. Cari yang dicetak di helmnya dengan huruf timbul, walau dalam segi harga agak mahal, namun helm SNI ini telah dijamin keamanannya dalam melindungi kepala dan wajah anda.
  • Helm terdiri dari berbagai ukuran. Carilah helm yang betul-betul pas dengan kepala anda agar anda nyaman dalam berkendara.
  • Bagian luar helm yang bagus terbuat dari polycarbonate. Periksalah ketahanan bagian luar ini, karena bagian inilah yang akan langsung berbenturan dengan benda keras ketika pengendara jatuh dari motor.
  • Lapisan berikutnya berada dibawah helm bagian luar biasanya terbuat dari styrofoam atau polysyrene. Periksa ketebalannya karena lapisan ini berguna meredam benturan helm bagian luar dengan benda keras ketika jatuh.
  • Selanjutnya adalah kain lembut berbusa sebagai pelapis styrofoam atau poysyrene. Kain ini akan bersentuhan langsung dengan kepala pengendara oleh karena itu periksalah kelembutannya. Kain pelapis ini jika berkualitas bagus akan membuat pengendara nyaman dalam menggunakan helm.
  • Jangan memilih helm yang terlalu berat atau terlalu ringan, hal ini akan membuat pengendara terganggu selama berkendara.
  • Jika mempunyai dana lebih, pilihlah kaca helm yang mempunyai double visor agar anda nyaman berkendara baik siang maupun malam.

Nah jika anda sudah tahu memilih helm yang bagus, ada baiknya helm tersebu dijaga kebersihannya. Jika sebelumnya dibahas cara mencuci busa helm yang busanya bisa dilepas, maka sekarang akan dibahas cara mencuci helm yang busanya tidak bisa dilepas. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Basahi busa dalam helm dengan air dan oleskan sabun lembut atau shampo secara merata.
  2. Sikat dengan menggunakan sikat gigi basah dengan lembut hingga kotoran menghilang.
  3. Bilas dengan menggunakan air bersih hingga sisa-sisa sabun menghilang.
  4. Sekarang giliran bagian luar, olesi seluruh helm bagian luar dengan sabun dan gunakan spon untuk menghilangkan kotoran-kotoran yang menempel.
  5. Bilas dengan air bersih hingga sisa sabun hilang.
  6. Tiriskan kira-kira 10-15 menit agar air turun.
  7. Siapkan alat vacuum wet and dry dan vacuum bagian dalam helm semaksimal mungkin.
  8. Agar yakin tidak ada sisa air, gunakan spon kering untuk menyerap sisa-sisa air.
  9. Untuk bagian luar helm, gunakan kanebo hingga tidak ada sisa air yang akan berpotensi karat.
  10. Jika ingin wangi, semprotkan softener kedalam helm secukupnya.
  11. Keringkan sekali lagi dengan menggunakan hair dryer.
  12. Untuk lebih yakin lagi, jemur helm dibawah sinar matahari dengan bagian dalam menghadap keatas.

Nah sekarang helm kesayangan anda kembali kinclong dan wangi. Untuk menghindari kotor yang berlebih dibagian dalam helm, ada baiknya anda menggunakan pelapis seperti bandana agar rambut anda tidak berhubungan langsung dengan pelapis dalam helm. Karena rambut yang kotor dan keringat yang muncul berpotensi membuat  kotoran akan menempel dan menimbulkan bau. Dan jika anda tidak segera membersihkannya maka bisa dipastikan helm akan apek dan kotoranpun akan lebih sulit dibersihkan. Happy washing!

Sponsors Link

Posted by · Tags: cara mencuci helm, mencuci helm