Cara mencuci jaket bahan polyester tidaklah sulit tapi bukan berarti Anda bisa melakukannya sesuka hati Anda mengingat bahan polyester ternyata sangat sensitif terhadap panas jadi harus hati-hati ketika mencuci dan menjemurnya.

ads

Artikel Terkait:

Apa itu Bahan Polyester?

Tentunya Anda memiliki setidaknya satu jaket yang terbuat dari bahan polyester karena memang bahan ini cukup efektif membantu Anda menangkal dingin dan hujan pada cuaca di Indonesia yang memang sering kali turun hujan. Selain itu bahan ini tidaklah mudah rusak jika terkena air hujan sehingga cocok digunakan di iklim Indonesia seperti ini. Namun mungkin beberapa dari Anda masih belum tahu apa itu bahan polyester walaupun Anda seringkali mendengarnya. Bahan polyester adalah serat sintetis yang bahan utamanya bersumber dari petrolum atau minyak bumi. Proses yang dibutuhkan untuk membuat kain berbahan polyester juga panjang dan rumit.

Artikel Terkait:

Cara Mencuci Jaket Bahan Polyester

Banyak yang mengatakan bahwa bahan polyester sebaiknya jangan dicuci karena dapat menyusut. Anggapan seperti itu ternyata salah total karena bahan polyester tidak akan menyusut jika dicuci kecuali jika Anda mencucinya dengan air panas dan menjemurnya di bawah matahari langsung karena walaupun serta polyester sangat tahan terhadap air tapi sangat rentan terhadap panas yang berlebihan.

  • Untuk mencuci jaket bahan polyester sebaiknya gunakan air dinging biasa.
  • Masukkan deterjen ke dalam ember berisi air tadi dan diaduk sambil mengeluarkan busa.
  • Masukkan jaket bahan polyester ke dalam air yang sudah dicampur deterjen dan biarkan selama kurang lebih 15 menit agar kotoran-kotoran lepas.
  • Setelah itu bilas jaket bahan polyester kesayangan Anda sampai benar-benar bersih. Ulangi berkali-kali jika perlu untuk memastikan jaket Anda tidak lagi mengandung sabun berlebihan.
  • Setelah itu sebaiknya jangan diperas karena pada kondisi basah, jaket polyester jika diperas berlebihan akan lebih mudah kusut. Jadi sebaiknya cukup dikebas-kebaskan saja untuk menghilangkan sisa-sisa air.
  • Gantung atau jemur di tempat yang teduh karena sebenarnya jaket bahan polyester tidak memerlukan panas agar kering karena cukup diangin-anginkan saja jaket polyester bisa cepat kering.

Setelah benar-benar kering barulah Anda boleh mengangkatnya. Ingat ketika menjemurnya jangan sampai terkena sinar matahari langsung berlebihan karena selain dapat membuat serat polyester mengerut ternyata sinar matahari yang berlebihan juga dapat merusak serat kain sehingga menjadi mudah rapuh.

Sponsors Link

Artikel Terkait:

Tips Menggunakan Jaket Polyester

Karena jaket polyester tidak terlalu cocok dengan sinar matahari maka sebaiknya simpan jaket polyester Anda ketika cuaca terik karena itu hanya membuat jaket polyester Anda cepat rusak. Lagipula menggunakan jaket polyester ketika cuaca panas hanya akan membuat Anda lebih mudah berkeringat dan kepanasan, sementara jaket polyester tidak dapat  menyerap keringat dengan baik sehingga akibatnya justru dapat menimbulkan bau-bau yang kurang sedap.

Menggunakan jaket polyester sebaiknya ketika cuaca tak lagi terik atau ketika mendung atau mau hujan, karena jaket polyester relatif aman terkena air hujan dan cukup menghangatkan ketika cuaca berubah dingin. Untuk menyimpannya pun sebaiknya ketika digunakan jangan langsung dimasukkan ke dalam lemari tapi harus diangin-anginkan terlebih dahulu dan kalau tidak terlalu kotor, sebaiknya jangan terlalu sering mencuci jaket polyester.

Ketika menyetrikapun sebaiknya hindari kontak langsung antara lempeng setrikaan dengan permukaan jaket polyester karena panas pada setrikaan dapat merusak bahan polyester secara permanen, sebaiknya menyetrikanya dari bagian lapisan dalam jaket atau menggunakan lapisan kain diatasnya sehingga panas setrikaan tidak langsung mengenai permukaan jaket polyester kesayangan Anda.

Sponsors Link

Posted by · Tags: cara mencuci, jaket, polyester