Bagaimana cara mencuci jaket bahan suede? Sebenarnya cara yang akan kami bagikan ini tidak jauh berbeda dengan bagaimana ketika anda melakukan cara mencuci jaket kulit meskipun memang bahan yang ada pada jaket suede lebih lembut jika dibandingkan dengan yang ada pada jaket kulit.

ads

Perlu anda ketahui bahwa selain memiliki bahan yang lebih lembut dari jaket kulit, ternyata jaket suede merupakan jenis jaket yang bahannya lebih rapu sehingga ketika anda mencucinya harus berhati-hati agar tidak sampai merusak bahannya yang hanya akan merugikan diri anda sendiri.

Bahkan, ketika jaket suede terkena noda yang berasal dari keringat maupun noda yang berminyak, maka teknik pembersihannya pun cenderung berbeda.

Bagi anda yang penasaran tentang bagaimana cara yang harus anda lakukan, maka silahkan anda simak baik-baik penjelasan yang akan kami berikan di bawah ini. Dengan begitu anda tidak akan begitu bingung mengenai bagaimana cara yang harus anda lakukan ketika ingin mencuci jaket suede.

1. Menyiapkan air dan bahan-bahan yang lain

Cara pertama yang harus anda lakukan ketika ingin memulai mencuci jaket suede adalah dengan menyiapkan air dan juga bahan-bahan lainnya seperti sabun maupun juga sikat.

Perlu anda pahami bahwasanya sikat yang akan anda gunakan untuk mencuci jaket suede bukan sembarang sikat karena anda harus memilih sikat yang tidak terlalu kasar sehingga tidak sampai merusak kulitnya. Namun menggunakan sikat hanya perlu anda lakukan jika noda yang menempel benar-benar tidak bisa hilang.

Kemudian, ketika noda tersebut berupa keringat atau karena terkena minyak yang membandel dan tidak bisa hilang meskipun anda kucek, maka bahan yang harus anda siapkan adalah tepung maizena. Adapun cara yang harus anda lakukan adalah seperti di bawah ini:

  • Siapkan tepung maizena secukupnya dan kemudian anda oleskan pada bagian jaket yang terkena noda
  • Kemudain anda harus menunggu selama beberapa jam atau bahkan anda biarkan seharian agar supaya tepung maizena tersebut akan menyerap noda yang menempel pada jaket suede
  • Setelah itu, gunakan sikat khusus yang memang diperuntukkan untuk membersihkan jaket suede. Sikat dengan perlahan-lahan dan kemudian anda bilas sampai bersih.

2. Masukkan sabun ke dalam air

Langkah kedua yang harus anda lakukan adalah dengan memasukkan sabun yang anda siapkan ke dalam air. Perlu diingat bahwasanya anda tidak boleh sembarang menentukan atau menggunakan sabun untuk mencuci jaket suede karena seperti yang telah kami jelaskan di awal bahwa bahan jaket suede cenderung lebih rapuh dan rumit perawatannya.

Jika anda tidak bisa menemukan sabun yang cocok, maka anda bisa menggunakan shampoo bayi secukupnya saja asalkan air tersebut kelihatan keruh.

3. Masukkan jaket suede ke dalam air

Setelah anda memasukkan sabun ke dalam air, maka anda harus mengaduknya secara perlahan-lahan sampai air tersebut tercampur dengan sabun yang anda masukkan.

Langkah selanjutnya yakni mulailah memasukkan jaket suede ke dalam air tersebut dan kemudian anda kucek secara perlahan-lahan. Yang harus anda ingat adalah jangan sampai anda mengucek terlalu keras karena bahan yang ada pada jaket suede cenderung lebih mudah rusak dan luntur jika anda tidak berhati-hati menguceknya.

Pastikan bahwasanya anda telah mengucek seluruh bagian jaket suede tertutama pada bagian leher dan juga pergelangan tangan agar supaya tidak ada noda kotor yang menempel yang biasanya disebabkan oleh keringat.

Sponsors Link

4. Membilas

Setelah anda selesai mengucek jaket suede anda, maka kemudian anda mulailah untuk membilasnya secara perlahan-lahan dengan menggunakan air bersih secukupnya.

Pastikan bahwa seluruh bagian jeket suede sudah anda bilas agar tidak ada busa yang menempel yang bisa menimbulkan bekas pada jaket ketika selesai dijemur.

5. Menjemur

Langkah terakhir yang harus anda lakukan adalah dengan menjemurnya. Anda harus tahu bahwa anda tidak boleh menjemur jaket suede langsung dibawa sinar matahari karena jika anda lakukan, maka warna pada jaket suede bisa memudar dan bahannya pun akan rusak.

Namun, anda harus menjemurnya di tempat yang teduh, namun tidak terlalu lembap.

Tips menyetrika jaket suede

  • Pertama, anda harus menentukan merk setrika listrik terbaik agar anda bisa menyesuaikan suhu yang tepat agar sesuai dengan jaket suede anda
  • Anda harus menyetrika secara perlahan-lahan dan setrika seluruh bagian jaket suede agar lebih halus
  • Setelah anda setrika, maka kami sarankan agar anda menyimpannya dengan cara digantung dan bukan anda lipat. Hal ini bertujuan agar kualitas kain jaket suede anda tetap terjaga dant tidak sampai kusam atau lungset

Semoga informasi ini bermanfaat. Terimakasih.

Sponsors Link

Posted by ·