Jaket kulit memang sudah menjadi favorit hampir semua kalangan masyarakat sejak jaman dahulu kala. Mulai dari model yang sederhana dan berwarna hitam, hingga saat ini berkembang dengan model-model yang semakin beragam dan warna yang semakin bervariasi.

ads

Baca juga:

Ada satu hal yang harus anda ketahui jika anda penggemar jaket kulit, yaitu cara perawatan yang baik dan benar. Jika anda salah dalam merawatnya maka jaket kulit anda akan rusak. Sangat sayang bukan, padahal kita tahu bahwa harga sebuah jaket kulit itu mahal.

Baca juga:

Namun anda tidak usah khawatir, kami akan memberikan tips cara merawat jaket kulit terutama bagaimana cara mencuci jaket kulit yang benar. Mencuci jaket kulit memang perlu ketekunan, diperlukan waktu yang agak lama karena diperlukan kehati-hatian dalam mengerjakannya.

Baca juga:

Berikut adalah langkah cara mencuci dan merawat jaket kulit:

  1. Siapkan air suam-suam kuku, sabun yang lembut seperti sabun mandi atau sampo bayi, kain bersih, handuk kering
  2. Masukan sabun yang lembut atau sampo bayi ke dalam air suam-suam kuku secukupnya. Asal kelihatan keruh saja.
  3. Sebelum mulai pencucian, tes terlebih dahulu jaket kulit anda dengan menggunakan kain berwarna putih. Carilah bagian yang tersembunyi, seperti bagian bawah kerah. Usapkan air sabun, jika jaket kulit anda luntur maka ada baiknya proses pencucian tidak usah menggunakan sabun. Cukup dengan air suam-suam kuku dan lap yang digunakan jangan telalu basah. Jika jaket kulit anda tidak luntur, lanjutkan proses pencucian
  4. Gantung jaket anda, mulailah proses pencucian dengan cara mengelap jaket kulit dengan air sabun secara perlahan. Ingat bahwa kain yang digunakan tidak boleh basah, cukup lembap saja. Usap-usap jaket kulit satu arah
  5. Bilas dengan cara yang sama, tapi dengan menggunakan air bersih
  6. Ingat tidak boleh ada sisa sabun yang tersisa, karena akan membuat jaket kulit anda kering dan akhirnya mengelupas.
  7. Keringkan dengan handuk kering. Tekan-tekan dengan lembut.
  8. Angin-anginkan jaket kulit, ingat jangan sekali-sekali dijemur dibawah terik matahari karena akan membuat kering kulit dan ujung-ujungnya rusak.
  9. Pastikan jaket kulit anda benar-benar kering, karena jika disimpan dalam keadaan lembap maka akan berpotensi tumbuh jamur.
    Sponsors Link

  10. Jika sudah kering betul, olesi jaket kulit anda dengan lotion khusus untuk barang-barang terbuat dari kulit. Lebih baik jika yang mengandung anti jamur. Namun walau lotion ini khusus untuk kulit, anda tetap harus mengetesnya terlebih dahulu. Olesi terlebih dahulu area di bawah kerah, dan tunggu sesaat reaksinya. Jika baik-baik saja, maka anda bisa melanjutan mengoleskan lotion ke bagian yang lain.
  11. Mencuci dengan menggunakan mesin cuci sangat tidak dianjurkan, namun jika anda terpaksa harus mencuci dengan mesin cuci maka gunakanlah sabun yang lembut dan jaket kulit anda harus dibungkus oleh tas laundry. Hal ini untuk mencegah kerusakan jaket karena putaran mesin cuci, untuk meminimalkan resiko kerusakan seting mesin cuci anda ke mode soft.
  12. Jika anda mencuci dengan mesin cuci, jaket kulit tidak boleh dijemur dengan digantung karena bentuk jaket anda akan mengikuti bentuk gantungan. Letakkan saja jaket diatas meja, tekan-tekan dengan menggunakan handuk kering agar proses penjemuran lebih cepat.
  13. Agar jaket kulit anda tidak bernoda, ada baiknya ketika terkena noda anda langsung membersihkannya sehingga tidak meninggalkan bekas.
  14. Baca juga Cara Menyetrika Celana Kain

Itulah tips mencuci jaket kulit agar senantiasa bersih dan wangi. Yang penting anda sabar dan hati-hati ketika mengerjakannya. Selamat mencuci!

Baca juga:

Sponsors Link

Posted by · Tags: cara mencuci, jaket, jaket kulit