Cara mencuci jaket parasut adalah merupakan salah satu cara untuk merawat jaket parasut favorit Anda. Jaket berbahan parasut memiliki banyak keuntungan karena jaket berbahan parasut biasanya didesain agar kedap air sehingga cocok untuk dipakai di Indonesia dengan curah hujan tinggi. Sementara itu pada musim panaspun, jaket parasut masih cocok dikenakan walupun mungkin pilihlah jaket parasut yang bahan lapisan tidak terlalu tebal sehingga tidak panas ketika dipakai.

ads

Artikel Terkait:

Cara Mencuci Jaket Parasut

Jika Anda memiliki beberapa koleksi jaket parasut tentunya sangat penting bagi Anda untuk tahu bagaimana cara mencucinya. Sebenarnya mencuci jaket parasut tidak terlalu sulit tapi sebaiknya cucilah jaket parasut dengan menggunakan tangan dan bukannya menggunakan mesin cuci karena jika menggunakan mesin cuci bahan parasut pada jaket akan bisa menjadi sangat kusut sehingga jaket perlu disetrika sementara bahan parasut adalah jenis bahan pakaian yang tidak tahan panas sehingga Anda harus tahu cara menyetrika yang benar. Jadi untuk menghindari proses menyetrika sebaiknya cuci jaket parasut dengan tangan dan berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Siapkan sebuah ember yang sudah diisi dengan air bersih.
  • Kemudian masukkan deterjen. Untuk pilihan jenis deterjen Anda bisa menggunakan jenis deterjen apa saja baik deterjen bubuk atau deterjen cair. Kocok-kocok air sampai berbusa. Sebaiknya jangan mencampur deterjen ketika jaket sudah direndam di air terutama deterjen bubuk karena bubuk deterjen dapat terselip dalam lipatan jaket.
  • Setelah itu rendam jaket parasut tersebut selama kurang lebih 15 menit.
  • Jika sudah lewat 15 menit, jaket parasut boleh dikucek menggunakan tangan dan jika terdapat noda yang tidak bisa hilang hanya dengan dikucek boleh disikat menggunakan sikat lembut khusus pakaian agar tidak merusak bahan parasut.
  • Setelah jaket parasut bersih bilas jaket selama beberapa kali sampai bersih atau tidak ada busa sabun lagi yang tertinggal.
  • Jemur jaket parasut Anda tapi jangan terkena sinar matahari langsung karena sinar matahari dapat merusak warna jaket parasut sehingga cepat pudar selain itu panas matahari juga dapat merusak bahan parasut yang sebenarnya tidak tahan panas, akibatnya jaket parasut dapat mengkerut atau bahan menjadi rapuh.
Sponsors Link

Artikel Terkait:

Perlukah Jaket Berbahan Parasut Disetrika?

Sebenarnya, jaket berbahan parasut tidak perlu disetrika karena pada dasarnya bahan parasut tidak mudah kusut dan tidak tahan panas jadi sebaiknya tidak disetrika. Hanya saja, cara mencuci yang salah dan cara penyimpanan yang kurang tepat dapat membuat lipatan-lipatan pada bahan parasut sehingga terkesan atau terlihat kusut, jadi jika benar-benar dibutuhkan tentunya jaket harus disetrika dan berikut cara menyetrika jaket parasut.

  • Pertama-tama atur suhu setrika listrik otomatis Anda pada suhu rendah karena bahan parasut tidak tahan panas.
  • Biasanya jaket parasut memiliki lapisan dalam yang cukup tebal jadi sebaiknya menyetrika jaket parasut dari bagian dalam.
  • Namun jika memang harus menyetrika beberapa bagian yang terdapat lipatan dan terlihat kusut maka Anda harus menyiapkan kain agar panas setrikaan tidak langsung mengenai bahan parasut. 
    Sponsors Link

  • Jika sudah selesai disetrika sebaiknya jaket berbahan parasut digantung tapi tidak masalah juga untuk dilipat karena pada dasarnya bahan parasut tidak mudah kusut. Hanya saja ditakutkan jika dilipat dan tidak digunakan dalam waktu yang lama akan terdapat lipatan-lipatan yang dapat merusak penampilan Anda.

Artikel Terkait:

Satu hal yang perlu Anda catat ketika menyetrika jaket berbahan parasut adalah jika bahan jaket ini terkena panas setrikaan maka bahan jaket akan mengerut secara permanen sehingga jaket parasut kesayangan Anda akan rusak dan tidak bisa dikenakan lagi jadi harus ekstra hati-hati.

Sponsors Link

Posted by · Tags: jaket, mencuci, parasut